Home / Artikel Kesehatan / Mau Sehat, Lepaskan High Heels Mu Sayang!

Mau Sehat, Lepaskan High Heels Mu Sayang!

Hampir semua wanita senang menggunakan sepatu atau sandal high heels atau hak tinggi. Selain membuat postur tubuh terlihat semampai, memakai high heels juga membuat cara berjalan wanita jadi terlihat lebih seksi dan menarik. tentu saja hal ini akan menambah kepercayaan diri kaum hawa yang selalu ingin tampil cantik sempurna. Tapi tampil cantik kadang membuat wanita melupakan dampak buruknya pada kesehatan.

Tidak usah membicarakan dampak buruknya secara ilmiah. Dari penampakannya saja kita bisa lihat, bagaimana melelahkannya menggunakan sepatu atau sandal high heels. Apalagi dengan tinggi hak lebih dari 5 cm bahkan ada hak sepatu yang tingginya kurang lebih 17 cm. Sudah terbayang bagaimana pegalnya otot kaki harus terus menegang karena high heels.

Apa yang terjadi bila Anda terlalu lama dan sering menggunakan high heels? Mari simak yang berikut ini, wahai pecinta high heels!

Varises

Terlalu lama menggunakan high heels bisa membuat kaki Anda ditumbuhi urat-urat biru yang menonjol. Nah, kan jadi nggak indah lagi kakinya? Ini disebabkan saat memakai high heels otot kaki menegang dan pembuluh darah tertekan, sehingga akan muncul varises. varises bukans aja mengganggu penampilan tapi juga dmenimbulkan rasa nyeri saat varises tertekan.

Osteoarhritis

Osteoarhritis adalah gangguan serius pada persendian tulang. Ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada persendian lutut dan tulang panggul. Untuk kasus yang lebih parah, rasa nyeri dapat menjalar hingga ke paha dan tulang belakang. Bila dibiarkan, gejala seperti ini dapat menimbulkan radang yang cukup serius. Penyebab utamanya adalah penggunaan sepatu high heels yang terlalu tinggi dan terlalu sering. Mereka yang beresiko besar terkena Osteoarhitis adalah wanita yang kerap menggunakan sepatu dengan ketinggian tumit melebihi 5 sentimeter.

Memicu Tulang Melengkung

Penggunaan high heels yang terlalu sering akan membuat postur tubuh anda berubah, sehingga terjadi perubahan pada pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar, inilah yang menyebabkan tubuh anda terlihat melengkung selain itu juga akan mempengaruhi cara jalan anda ketika anda melepaskan high heels dikehidupan sehari-hari.

Penyebab Tumor jinak

Pada dasarnya anda harus menyesuaikan bentuk high heels dengan kaki anda, sehingga anda tampil nyaman. Selain kenyamanan, ternyata bentuk juga sangat mempengaruhi kesehatan anda. Usahakan anda memilih high heels yang tidak akan menimbulkan peyempitan dan tidak terlalu tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi yang sering dengan ketinggian yang berlebih akan mengakibatkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada jari sehingga memicu tumor jinak.

Resiko Cidera Kaki atau Keseleo

Untuk anda yang memang sering menggunakan high heels pada setiap aktivitas anda sebaiknya dibatasi baik dari lama waktu penggunaan atau juga ketinggian. Tidak semua high heels memberikan kenyaman untuk kegiatan anda, diantaranya ketidaknyamanan diakibatkan karena tumpuan hanya pada ujung kaki sehingga membuat anda kesulitan untuk bebas bergerak dan jika dipaksakan beraktivitas ekstra akan menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki.

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...