Home / Artikel Kesehatan / Membuat Jus Kacang Hijau Yang Kaya Khasiat

Membuat Jus Kacang Hijau Yang Kaya Khasiat

Kacang hijau sangat mudah ditemukan dijual di supermarket ataupun pasar-pasar tradisional. Kacang yang sangat dikenal masyarakat ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya dan baik untuk kesehatan manusia.  Kacang hijau mengandung gizi, termasuk serat, vitamin, mineral dan karbohidrat. Kacang Hijau juga mengandung protein, kalsium, serat makanan, besi dan beberapa nutrisi penting lainnya. Kacang hijau memiliki jumlah mengesankan antioksidan dan bahkan memberikan manfaat kardiovaskular. Kacang hijau merupakan sumber yang kaya Omega-3 lemak juga. Karotenoid dan kandungan flavonoid dari kacang hijau memberikan manfaat anti-inflamasi.

10 Manfaat Kacang Hijau Yang Luar Biasa

1. Manfaat Vitamin K

Vitamin K memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan menyembuhkan luka. Hal ini juga mempertahankan tulang yang kuat pada orang tua.

2. Manfaat Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang bekerja dengan baik terhadap menebang reaksi radikal bebas. Reaksi-reaksi ini radikal bebas menghasilkan oleh-produk dan proses yang mungkin berubah menjadi karsinogenik. Anti oksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna bagi tubuh.

3. Rendah kalori:

Kacang hijau segar sangat rendah kalori . Oleh karena itu, orang-orang yang sadar kalori tidak perlu khawatir dan bisa makan mereka dalam jumlah yang baik. Hal ini juga mengandung jumlah rendah sodium, lemak jenuh dan kolesterol.

4. Kaya akan serat:

Kacang hijau merupakan sumber yang kaya serat makanan. Serat makanan memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat yang diresepkan untuk orang yang menderita masalah pencernaan. Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit , wasir dan diverticulosis. Kandungan serat yang tinggi dalam kacang hijau membantu menjaga kolesterol dan kadar gula dalam tubuh Anda.

5. folat:

Kacang hijau juga merupakan sumber yang baik folat yang berguna untuk pembelahan sel dan sintesis DNA. Makanan yang kaya folat juga membantu bagi perempuan selama periode pra-konsepsi dan kehamilan.

6. Mencegah infeksi:

Sejumlah vitamin seperti Niacin  dan tiamin yang hadir dalam kacang hijau merupakan sumber yang baik dari nutrisi yang membantu mencegah banyak infeksi dalam tubuh.

7. Menjaga sel dan cairan tubuh:

Kalium konten dalam kacang hijau membantu tubuh untuk mempertahankan produksi sel yang lebih baik dan gerakan cairan tubuh.

8. Kontrol penyakit jantung dan tekanan darah:

Kandungan kalium dalam kacang hijau juga membantu dalam mengontrol tekanan darah dan penyakit jantung terkait lainnya.

9. Efek Vitamin A:

Vitamin A  ditemukan dalam kacang hijau membantu dalam memberikan antioksidan dan juga dalam menghasilkan senyawa yang mencegah proses penuaan.

10. Efek Mangan:

Kadar mangan dalam kacang hijau membantu dalam radikal bebas pembilasan tindakan seperti itu merupakan co-faktor untuk antioksidan. Hal ini cenderung membuat Anda bugar dan sehat.

Membuat Jus Kacang Hijau

Membuat Jus Kacang Hijau Yang Kaya KhasiatAda banyak cara menikmati kacang hijau, diantaranya yang paling mudah adalah dengan membuat Jus Kacang hijau atau sari Kacang hijau. Minuman lezat ini disukai baik dewasa maupun anak-anak. Dapat diminum dalam keadaan dingin maupun hangat, sesuai selera.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman sari kacang hijau :

250 gram Kacang Hijau
200 gram Gula Merah, kemudian anda sisir
350 gram Gula Pasir
1 ruas Jahe, kemudian anda kupas kulitnya
Garam secukupnya
5  liter Air

Langkah membuat sari kacang hijau :

Kacang hijau dicuci bersih lalu rendam dengan air hingga pecah kira-kira selama 1 malam. Lalu rebus dengan 2,5  liter air hingga mendidih, kemudian masukkan rendaman kacang hijau dan tunggu hingga melunak.

Setelah itu masukkan gula merah dan aduk hingga gula larut. Lalu matikan api dan tunggu hingga dingin.

Setelah dingin, kemudian saring kacang hijau dan sisihkan air rebusan kacang hijau dalam panci lain. Lalu blender kacang hijau sambil ditambah air sisa, jahe dan gula pasir.

Setelah selesai di blender lalu saring dalam panci yang berisi rebusan air kacang hijau tadi.

Ampas dari kacang hijau blender lagi, ditambahkan air dan gula.Ulangi hingga air dan gulanya habis.

Setelah itu rebus air sari kacang hijau, masukkan garam secukupnya dan tunggu hingga mendidih.

Setelah mendidih, rebusan sari kacang hijau tuang kedalam gelas yang sudah disiapkan.

Diminum selagi hangat, atau dapat ditambahkan es batu jika suka dingin.

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...