Home / Artikel Kesehatan / MINYAK GORENG YANG BERBAHAYA YANG MANA?

MINYAK GORENG YANG BERBAHAYA YANG MANA?

Ada banyak sekali jenis minyak goreng dipasaran yang dipakai sebagai bahan dasar dalam memasak di dapur,akan tetapi tahukah anda bahwa dipasaran ada jenis-jenis Minyak goreng yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan dan yang tidak sehat atau sangat merugikan? dan minyak goreng yg bagaimana yang sebaiknya harus dihindari? Tahukah anda? Beberapa di antaranya tercantum di bawah ini (tetapi tidak semua) bahkan telah ditemukan minyak goreng tersebut malah menyebabkan serangan jantung segera sesaat setelah dikonsumsi (dari survei rumah sakit pasien serangan jantung) karena menyebabkan peradangan besar dalam tubuh Anda jenis-jenis minyak goreng
Minyak zaitun
“Sayuran minyak” (generik)
Minyak kelapa
Minyak bunga matahari
Margarin
Mentega
Minyak biji rami
Minyak almond
Minyak biji kapas
Minyak jagung

nah yang trebanyak dipakai di Indonesia
Minyak kelapa di indonesia sangatlah jamak dipakai untuk memasak didapur, dimana manfaat minyak kelapa disamping ekonomis juga manfaatnya banyak
Dr Joseph Mercola, seorang dokter Osteopathic dan penulis beberapa buku laris di Amerika, malah berkesimpulan bahwa minyak kelapa virgin amat sehat dikonsumsi karena kandungan saturated fat yang alami, dan hampir 50% lemakminyak kelapa adalah asam laurat yang langka ditemukan. Perlu diketahui asam laurat adalah “senyawa ajaib”; karena dalam tubuh kita asam laurat dapatdirubah menjadi monolaurin (juga terdapat dalam air susu ibu), yang berkhasiat sebagai pencegah berbagai macam infeksi.

Maka menurut Dr Mercola minyak kepala kaya dengan manfaat bagi kesehatan, antara lain: meningkatkan tiroid, metabolisme, sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, bahkan juga dapat membuat tubuh ramping dan membuat kulit awet muda, wah!

Dia memberi contoh berbagai penelitian pada beberapa kelompok masyarakat Polinesia dimana minyak kelapa adalah sumber utama konsumsi kalori, kondisi jantung mereka sangatlah baik. Maka jelas, minyak kelapa tidak menyebabkan sakit jantung.

Sebaliknya di tahun 1940-an ada kelompok petani menggunakan minyak kelapa (karena murah) dalam usaha untuk menggemukkan hewan ternak. Mereka kecewa berat karena minyak kelapa malah membuat hewan menjadi ramping, aktif dan lapar

kualitas minyak kelapa: yang terbaik adalah yang jika dicium aromanya segar aroma kelapa manis dan yang kualitas buruk sedikit lebih basi dan lemak kadarnya tinggi
Minyak kelapa

Perbedaan utama antara VCO (Virgin Coconut Oil) dengan minyak kelapa biasa terdapat pada proses pengolahan yang telah dialaminya.

Kelapa yang digunakan pada minyak kelapa biasa telah mengalami proses pengeringan. Kelapa yang telah dikeringkan ini lazim disebut juga sebagai kopra.

Pengeringan kelapa umumnya dilakukan dengan bantuan sinar matahari. Minyak kelapa biasa dianggap memiliki kualitas lebih rendah dibanding dengan VCO.
VCO

Minyak kelapa yang dibuat tanpa melalui pengeringan dan proses lain disebut sebagai VCO. VCO umumnya diperoleh dengan cara alami sehingga dianggap memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik.

VCO juga dibuat tanpa penyaringan yang umumnya melibatkan berbagai bahan kimia.
Bau dan Rasa

VCO masih memiliki bau dan rasa kelapa sedangkan minyak kelapa biasa telah kehilangan aroma dan rasa yang dimiliki VCO.

Cara mudah untuk membedakan antara VCO dengan minyak kelapa biasa adalah dengan meletakkan beberapa tetes ke telapak tangan.

VCO akan segera meleleh akibat panas badan sedangkan minyak kelapa biasa cenderung tetap berada dalam kekentalan atau keadaan yang sama.

Dr Marcola sendiri hanya menggunakan dua macam minyak dalam persiapan makanan. Yang pertama, extra-virgin olive oil pas untuk salad dressing karena minyak zaitun adalah lemak monounsaturated yang terbaik. Namun, minyak zaitun kurang baik jika digunakan untuk memasak karena rentan terhadap oksidasi ketika dipanaskan.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...