Home / Artikel Kesehatan / Nyeri sendi dan cara mudah mengatasinya

Nyeri sendi dan cara mudah mengatasinya

ISTILAH penyakit nyeri sendi atau rematik telah sedemikian populer di kalangan masyarakat awam, sehingga hampir semua keluhan nyeri sendi dianggap sebagai penyakit rematik. Penyebab lain yang sering dikaitkan dengan keluhan nyeri adalah asam urat. Pada kenyataannya, anggapan tersebut keliru, karena kedua penyakit tersebut, yaitu penyakit rematik dan asam urat, hanya menjadi penyebab sebagian kecil dari keluhan nyeri sendi yang banyak dialami oleh manusia selama hidupnya.
Nyeri sendi dapat disebabkan oleh sejumlah sebab, seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, gout, bursitis, tendinitis atau strain, keseleo atau cedera lain yang mempengaruhi ligamen, bursae atau tendon di sekitar sendi.

Hal ini dapat terjadi pada setiap bagian dari tubuh, tetapi paling sering terjadi pada lutut, bahu dan pinggul. Rasa sakit dapat berkisar dari ringan sampai parah dan bisa disertai dengan pembengkakan dan kekakuan pada satu atau lebih sendi.

Nyeri sendi yang parah, terutama bila disebabkan oleh kondisi degeneratif seperti arthritis, membutuhkan diagnosa yang tepat dan pengobatan. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika nyeri sendi Anda disertai dengan pembengkakan, kemerahan dan nyeri tekan, atau berlangsung selama lebih dari tiga hari. Tapi, Anda dapat menyingkirkan nyeri sendi ringan dengan cara sederhana berikut
1. Pijat

Terapi pijatan membantu meringankan nyeri sendi dimana itu dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan radang reda. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa pijat secara teratur bisa menghilangkan rasa sakit, terlebih pada bagian badan yang jika digerakkan sakit sebelumnya

Untuk memijat daerah yang sakit nyeri, gunakan minyak hangat seperti kelapa, zaitun, mustard, jarak ,atau minyak bawang putih dan memberi tekanan lembut sambil memijat.
2. kompres tubuh dengan air Panas dan Dingin

kombinasi kompres panas dan dingin juga dapat membantu meringankan nyeri sendi. Terapi panas membantu penurunan rasa sakit, meningkatkan aliran darah dan rileks pada sakit otot dan sendi. Terapi dingin mengurangi peradangan dan mematikan rasa daerah sekitar sendi yang terkena.

ambil dan siapkan kedua kompres handuk terpisah sebelum menggunakannya. Dan tidak harus diterapkan secara langsung pada kulit.
Tempatkan kompres panas pada daerah yang terkena selama sekitar tiga menit.
lalu ganti kompres dan segera ganti dengan kompres dingin di tempat tersebut selama sekitar satu menit.
Ulangi proses untuk 15 sampai 20 menit beberapa kali sehari sampai Anda mendapatkan bantuan.

Catatan: Jangan menggunakan terapi panas jika daerah yang terkena berwarna merah, panas dan perih. Jangan menggunakan terapi dingin jika Anda memiliki masalah peredaran darah.

3. Kunyit

Kunyit adalah obat herbal anti inflamsi yang sangat baik untuk nyeri sendi. Kunyit bahan aktif yang terkenal disebut curcumin dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Dalam sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine, peneliti membandingkan efektivitas senyawa ini untuk ibuprofen dan menemukan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis lutut.

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit madu dalam segelas susu hangat. Minum setiap hari, setidaknya untuk beberapa hari.
Pilihan lain adalah untuk mengambil 250 sampai 500 kapsul kunyit mg tiga kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

Catatan: Bicaralah dengan dokter Anda sebelum termasuk salah satu dari obat ini dalam rutinitas Anda. Kunyit dapat mengganggu obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah, dan dapat memperburuk masalah kandung empedu.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...