Home / Artikel Kesehatan / Obat Herbal Alami Tradisional Sakit Tumit

Obat Herbal Alami Tradisional Sakit Tumit

Rasa nyeri pada tumit kaki biasanya dialami oleh orang dengan kelebihan berat badan, atau ibu-ibu hamil, juga pada mereka yang menderita penyakit asam urat. Namun kebanyakan yang terjadi adalah gejala Plantar Fasciitis, yaitu peradangan yang terjadi pada plantar fascia atau jaringan pada sepanjang bagian dibawah kaki penghubung tulang tumit dan ibu jari.

Nyeri pada tumit kaki ini memang mengganggu aktivitas. Apalagi saat bangun pagi ketika pertama kali menjejakkan kaki ke lantai, rasa ngilu di tumit kaki terasa lebih sakit . Demikian juga saat bangun dari posisi duduk, tumit kaki juga terasa nyeri atau sakit. Orang dengan aktivitas berat seperti olahragawan juga kerap kali menderita penyakit ini.

Penyakit ini bisa hilang dengan sendirnya, dengan banyak beristirahat dan menghindari kegiatan yang memberikan tekanan pada tumit kaki, seperti berlari, jalan dengan jarak yang jauh,dsb. Untuk kondisi tertentu bila Plantar Fasciitis sangat parah, bisa dilakukan pembedahan.

Untuk membantu mengurangi rasa sakit pada tumit lakukanlah peregangan pada kaki. Dengan peregangan ringan pada kaki akan membuat otot kaki terutama di daerah tumit akan rileks. Anda juga bisa mengompres bagian tumit yang sakit dengan kompres es batu. Gunakan sepatu atau alas kaki yang ergonomis, Lakukan olahraga berenang agar persendian tidak terlalu terbebani.

Meminum obat yang bersifat analgesik atau anti-nyeri dapat mengurangi rasa sakit pada tumit. Namun obat-obatan kimiawi dapat memberikan efek samping yang cukup serius jika dikonsumsi dalam waktu yang panjang, seperti kerusakan ginjal dan hati. Pengobatan tradisional yang mini efek samping sepertinya menjadi pilihan yang cerdas. Alam telah tersedia untuk manusia dengan sumber daya nabati yang besar untuk pengobatan.

Berikut adalah pengobatan herbal tradisonal yang ampuh untuk  nyeri tumit.

1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat menghilangkan rasa sakit yang kuat. Kunyit adalah obat yang sangat baik untuk plantar fasciitis karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang meringankan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit dengan cepat. Buatlah pasta dengan bubuk kunyit dan beberapa chuna. Tutup kaki dan tumit dengan pasta ini dan ikat dengan perban. Sebelum tidur oleskan ramuan kuyit pada tumit. Jaringan tumit yang nyeri  akan sembuh dalam waktu singkat.

2.  Lidah buaya memiliki sifat menghilangkan rasa sakit yang hebat. Ia sangat ampuh sebagai anti-inflamasi dan antioksidan menenangkan plantar fasia dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Ambil lidah buaya kupas untuk mengambil gel di dalamnya.  Letakkan panci, tambahkan gel dan satu sendok teh bubuk kunyit dan aduk selama satu menit sambil dipanaskan dengan api kecil, kemudian matikan api. Oleskan campuran hangat tadi pada i tumit, pergelangan kaki dan lengkungan telapak kakidan biarkan kering. Kemudian ikat kaki Anda dengan kain bersih dan lembut. Lakukan ini dua kali sehari, untuk penyembuhan yang cepat.

3. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan menghilangkan rasa sakit yang hebat. Minum teh jahe, tiga atau empat kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan.

 

 

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...