Home / Artikel Kesehatan / Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan yang Fantastis

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan yang Fantastis

Bayi pada usia 3 bulan semakin terlihat lucu dan menggemaskan. Bagian-bagian tubuhnya mulai berisi, pipinya semakin cubby, kaki dan tangannya bergerak aktif, bahkan bisa tersenyum. Adalah penghilang kepenatan dan stres ketika memandangi buah hati kita yang tumbuh besar dan makin lucu dan menggemaskan tingkahnya, seakan rasa sakit saat mengandung dan melahirkan terlupakan olehnya.

Kemajuan perkembangan bayi di usia 3 bulan sangat luar biasa cepat. Refleks bawaan lahir seperti refleks kaget yang diperlihatkannya pada beberapa bulan awal biasanya berangsur-angsur hilang sekarang. Pada usia 3 bulan ini bayi sudah mulai bisa mengangkat kepalanya secara tegak dalam keadaan ditengkurapkan. Bayi juga sudah bisa tertawa dan tersenyum lebar. Pada usia 3 bulan anak umumnya sudah bisa membalas senyuman orang yang tersenyum atau mengajaknya berbicara. Pasa usia ini juga mulutnya mengeluarkan suara-suara seperti mengoceh. Bayi juga sudah bisa membuka dan menutup tangannya sambil memandanginya. Hal ini menandakan bayi sedang dbelajar koordinasi penglihatan dan gerak. Kakinya juga bergerak aktif menjulur dan menendang.

Bayi pasa usia 3 bulan siklus tidurnya mulai mengikuti siklus tidur orang dewasa. Dan mulai terlihat pola dan durasi tidurnya, sehingga ibu bisa mengerjakan hal lain saat si bayi tidur.

Berikan stimulasi pada bayi untuk memacu perkembangannya. Gantung mainan warna cerah di atas tempat tidurnya, sering ajak bicara bayi, dan latihlah bayi untuk tengkurap diatas dada ibu atau diatas kasur untuk melatih kekuatan otot-otot badannya.

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...