Home / Apotik Hidup / Pulai Obat Herbal Malaria Yang Ampuh

Pulai Obat Herbal Malaria Yang Ampuh

Pohon hias bernama Pulai ( Alstonia scholaris) termasuk suku kamboja-kambojaan. Terkasang Pulai ditanam di pekarangan sebagai pohon pelindung sekaligus penghias seperti tanaman kamboja. Pohon yang punya tinggi mencapai 20-25 meter ini memiliki percabangan dahan yang unik menyerupai garpu. Jika kulit batang disayat maka akan keluar getah putih yang terasa pahit. Bunganya berwarna hijau muda memiliki bau yang wangi. Memiliki buah yang unik bentuknya seperti pita dengan panjang 20-50 cm.

Pulai atau pule juga dikenal dengan sebutan polay, kayu gabung dan hanjalutung ini bisa diperbanyak dengan cara stek batang atau cabang. Dapat juga ditanam bijinya, tanaman ini dapat dijumpai di pelosok Indonesia.

Kulit kayu Pulai yang pahit dikenal dapat mengobati demam, malaria, limfa yang membesar, batuk berdahak, diare, disentri, kurang nafsu makan, perut kembung, sakit perut, anemia, kencing manis, wasir, gangguan haid, bisul, tekanan darah tinggi dan rematik.

Bagian lain dari tanamn ini yang memiliki manfaat obat adalah daunnya dapat mengobati borok, beri-beri, payudara yang bengkak karena ASI, dan kencing manis. daun tanaman ini  juga dilaporkan memiliki efek antikanker.

Menggunakan Pulai sebagai obat alami

Obat Herbal demam

3 g kulit pulai dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air selama 20 menit. Dinginkan, saring lalu tambahkan madu agar tidak terlalu pahit. Minum sekaligus.

Obat Herbal Alami Sakit Malaria

Kulit batang pulai dikeringkan lalu digiling hingga menjadi bubuk. Bubuk kulit batang pulai sebanyak 2 sendok makan direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas. Saring, lalu diminum.

Obat Alami Borok

Daun pulai digiling hingga halus lalu taburkan pada borok yang telah dibersihkan terlebih dahulu.

 

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...