Home / Apotik Hidup / Putri Malu Tanaman Obat Untuk Batuk Bronkhitis

Putri Malu Tanaman Obat Untuk Batuk Bronkhitis

Putri malu adalah tanaman yang unik. Jika tersentuh maka daun-daunnya akan mengatup sendiri. Tanaman ini banyak kita jumpai di tanah kosong atau di pinggir-pinggir jalan. Awas, walaupun namanya putri malu tanaman ini berduri tajam seperti tanaman mawar.

Mimosa pudica atau putri malu dibarat dikenal dengan sebutan  cemara kecil/ small evergreen. Tanaman ini memiliki sejumlah nama panggilan , touch-me-not, dan sensitive plant.
Dalam pengobatan Ayurvedic  (konsep kesehatan tertua dalam kita veda india) , Putri malu dikenal sebagai lajjalu bukan karena daun yang bergerak menutup bila disentuh , tetapi manfaat terapeutik senyawa dalam tanaman tersebut yang mampu mengobati berbagai penyakit.

Tumbuhan putri malu mengandung tanin, mimosin, asam pipekolinat, dimana zat-zat tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Tanin  sering dimanfaatkan sebagai obat peradangan dan keputihan serta bisa digunakan untuk membantu melangsingkan tubuh.  Mimosin merupakan zat kimia yang mengandung zat aktif diantaranya nitrogen, oktigen, hidrogen , carbon dan sulfur. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh.

Diantara khasiat putri malu antara lain :

Berkhasiat untuk obat batuk berdahak, Tumbuhan putri malu ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak, caraya: Rebuslah 10 sampai 15 gram akar tumbuhan putri malu, kemudian diminum.

Untuk mengatasi gangguan Insomnia (susah tidur), Rebuslah 30 sampai 60 gram daun putri malu, kemudian diminum.

Berkhasiat untuk mengobati Bronchitis Kronik, Bronchitis Kronik atau penyakit gangguan pada paru-paru, caranya, rebuslah 60 gram dengan air sebanyak 600cc, direbus dengan api kecil biarkan hingga airnya tersisa kurang lebih 200cc, dan minumlah airnya dua kali bisa pagi dan sore.

Berkhasiat untuk penyakit Herpes, Caranya : ambil dan cuci daun putri malu secukupnya, rebus dengan air menggunakan panci stainless hingga mendidih, kemudian gunakan rebusan air tersebut untuk mandi dan basuhkan bagian-bagian tubuh yang terserang virus.

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...