Home / Artikel Kesehatan / Sakitnya Disengat Lebah, Cepat Atasi Dengan Cara Ini!

Sakitnya Disengat Lebah, Cepat Atasi Dengan Cara Ini!

ADUH! Reflek saya memegangi lengan kanan  saya, rasanya seperti sebuah jarum suntik menghunjam ke dalam kulit. Reflek saya mengusap bagian yang sakit, saya perhatikan ternyata ada bintik merah belas digigit serangga, terlihat seekor lebah terbang terbang menjauh, wah.. digigit lebah nih!. Saya langsung masuk kerumah sambil menahan sakit dan  segera mencari Minyak Tawon, lalu saya gosokkan pada tempat yang sakit, sambil menggosok saya perhatikan di luka bekas sengatan terdapat sengat lebah, menggunakan pinset sengat itu saya cabut, dan hasilnya rasa sakitnya perlahan mereda, tapi tetap saja bekas sengatan masih terasa sakit, kalo saya bilang seperti habis disuntik DPT.

Ternyata menangani sengatan lebah tidak boleh sembarangan, salah langkah justru membuat luka sengatan semakin sakit, dan racun sengat lebah semakin menyebar.

Bagaimana menangani sengatan lebah?

MENGHINDAR secepatnya!

Ketika lebah merasa terancam, mereka merilis aroma dasarnya memanggil backup dari sarang. Anda tidak ingin berada di sekitar ketika pagar betis lebah menyengat itu tiba, sehingga masuk ke dalam atau dari jejak secepat Anda bisa.

JANGAN buru-buru mencabut sengatnya!

Gunakan ujung kartu atau kuku untuk mengikisnya . Jika Anda mencubit dan menariknya, Anda mungkin tidak sengaja menekan kantung racun, mendorong racun lebih dalam ke kulit Anda. Tetapi jika mengorek tidak berhasil, kukan apa pun yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan sengatnya keluar dengan cepat. Sengat akan berkontraksi dan memompa racun ke dalam kulit Anda dengan sendirinya sampai satu menit setelah sengatan.

JANGAN mencuci daerah yang disengatdengan sabun dan air, dan gunakan es atau kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit atau bengkak.

Jika Anda disengat di salah satu lengan atau kaki, itu juga ide yang baik untuk meninggikan anggota badan. Gatal? Oleskan calamine lotion atau salep hydrocortisone.

JANGAN menunda pengobatan jika Anda memiliki gejala selain pembengkakan dan rasa sakit lokal.

Sekitar 2 juta orang Amerika alergi terhadap serangga berbisa. Bahkan jika Anda pernah disengat dan tanpa masalah, reaksi serius dapat timbul setelahnya. Jika keluhan Anda berkembang menjadi gatal-gatal, lidah atau pembengkakan wajah, gunakan obat antihistamin dan gunakan EpiPen Anda, jika Anda memiliki salah satu; kemudian menelepon 911 atau kepala ke UGD. Gejala Anda mungkin tidak menjadi lebih buruk, tapi jangan ambil resiko itu.

CARA ALAMI obati sengatan lebah

Cara alami mengobati sengatan lebah bisa menggunakan :

Minyak kayu putih yang digosokkan pada luka sengatan

Bawang putih yang diiris lalu digosokkan pada luka

Bunga mawar yang diremas lalu digosokkan pada luka

Lidah buaya yang diiris lalu digosokkan pada luka

 

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...