Home / Apotik Hidup / Sehat Alami Dengan Buah Naga

Sehat Alami Dengan Buah Naga

Dulu buah Naga termasuk buah yang sulit ditemui di pasar lokal Indonesia, ya maklum karena buah ini memang bukan asli Indonesia. Namun, buah Naga kini makin populer. Bahkan pedagang buah keliling pun menjajakannya. Berterimakasih lah pada petani Indonesia yang telah membudidayakannya di negara ini, juga tentunya adalah karunia Tuhan negeri kita dianugerahi tanah yang mudah ditanami berbagai macam tanaman, walaupun itu bukan tanaman lokal sekalipun.

Saya bukan termasuk orang yang menyukai buah ini, karena menurut saya rasanya lebih enak melon, atau salak buah favorit Saya. Namun ternyata buah ini juga banyak penggemarnya, bahkan dimasukkan dalam daftar menu pedagang es jus. Buah Naga rasanya manis, teksturnya mirip apa ya tepatnya, mungkin agar-agar ya. Buah ini setahu saya ada yang berwarna putih dan berwarna merah daging buahnya. Dan seperti buah-buahan ciptaan Tuhan yang lain, buah ini juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan disebut-sebut sebagai antikanker.

Khasiat dan Manfaat Buah Naga

ternyata ada yang kuning juga ya..
ternyata ada yang kuning juga ya..

Di dalam 100 gram buah naga, tersimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari 60 kkal kalori, 0,53 gram protein, 0,71 gram serat, 11,5 gram karbohidrat, 134,5 mg kalsium, 0,65 mg zat besi, 87 mg fosfor, 9,4 mg vitamin C, hingga kadar air mencapai 90% telah tertanam dalam buah kaktus ini.

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Bila anda ingin badan anda tidak mudah sakit, selain berolahraga dan istirahat yang cukup tentu saja anda perlu memilih makanan yang baik dan memiliki kandungan yang cukup. Kandungan vitamin C, protein, dan potassium dalam buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang. Jika anda merupakan orang yang gampang sakit saat pergantian musim, sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin.

2. Menurunkan Resiko Diabetes Melitus

Buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko diabetes dapat diminimalisir. Bagi yang memiliki keturunan diabetes, seringlah mengkonsumsi buah naga agar resiko anda mengalami diabetes semakin kecil. Ingat bahwa saya pernah menuliskan artikel mengenai penyebab diabetes yang salah satunya berasal dari faktor keturunan.

3. Anti Aging

Sebenarnya khasiat buah naga tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk kecantikan. Perawatan agar selalu tampil cantik dan awet muda memang membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu anda bisa mencoba menggunakan buah naga sebagai alternatif. Nutrisi yang dimiliki oleh buah ini dipercaya mampu untuk membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.

4. Kaya Kandungan Vitamin C

Kadar vitamin C dalam buah naga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh, bahkan 10 kali lipat melebihi jumlah yang diharuskan. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak menyimpan buah ini dalam lemari es agar saat makan malam bisa sekalian merasakan kesegaran buah naga dalam bentuk jus.
Menjaga Kesehatan Usus.
Konsumsi makanan yang mengandung serat cukup dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan, hal ini tentu membantu usus terhindar dari penyakit mengerikan semacam kanker usus.

5. Penghambat pertumbuhan Sel kanker

Khasiat ini tepatnya terletak pada daun dan kulit buah naga. Hasil uji in vitro yang dilakukan Li-chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry National Chi-Nan University menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah naga berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25 gram.

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...