Home / Artikel Kesehatan / Sembuhkan Ruam Popok Pada Bayi Dengan Bahan Alami

Sembuhkan Ruam Popok Pada Bayi Dengan Bahan Alami

Ruam popok pada bayi adalah masalah umum pada bayi. Apalagi pada bayi yang baru lahir. Penggunaan diapers kadang justru meicu keadaan ini. Penggunaan popok kain juga dapat membuat bayi menderita ruam popok, jika orangtua lalai atau terlalu lama membiarkan popok basah bayi tidak diganti. Penggunaan detergen yang terlalu keras juga bisa menjadi pemicunya. Sebagai orangtua tentu Anda menginginkan agar bayi Anda tidak terpapar bahan-bahan kimiawi seperti obat saat bayi Anda baru saja lahir. Oleh karena itu adalah pilihan tepat jika menyembuhkan ruam popok bayi dengan bahan-bahan alami berikut.

1. Soda Kue/ Baking Soda

Baking soda memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu mengobati ruam popok. Caranya, larutkan dua sendok makan baking soda dalam sekitar empat cangkir air. Gunakan untuk membasuh pantat bayi Setiap kali Anda mengganti popok bayi Anda,. Gunakan kain lap kering, kemudian tepuk-tepuk ringan kulit yang basah hingga kering sebelum mengenakan popok bersih.
Anda juga dapat menambahkan dua sendok makan baking soda ke bak air hangat untuk mandi bayi Anda selama 10 menit, tiga kali sehari. Sekali lagi, pastikan untuk mengeringkan kulit bayi yang basah, sebelum memakaikan popok dan pakaiannya.

2. Tepung Maizena atau Tepung Jagung

Maizena mampu menyerap kelembaban, sehingga dapat membantu menjaga kulit bayi Anda tetap kering, mengurangi gesekan kulit dengan popok dan mencegah ruam popok. Lepaskan popok kotor dan basuh kulit yang terkena pup dengan air hangat sampai bersih. Lebih baik mengangin-anginkan kulit bayi beberapa saat agar kering alami, taburkan tepung jagung langsung pada kulit sebelum memakaikan popok bersih pada bayi Anda. Lakukan ini setiap kali Anda mengganti popok sampai kulit sepenuhnya sembuh.

3. Havermut/ Oatmeal

Tingginya jumlah protein dalam oatmeal menyejukkan dan menenagkan kulit lembut bayi dan membantu mempertahankan lapisan pelindung alami kulit. Oatmeal juga mengandung saponin senyawa kimia, yang membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang tidak dibutuhkan dari pori-pori kulit.
Tambahkan satu sendok makan oatmeal kering ke dalam air mandi bayi. Biarkan bayi Anda berendam di dalam air selama 10 sampai 15 menit. Memandikan bayi Anda dalam larutan ini akan memiliki efek menenangkan pada kulit bayi. Lakukan ini dua kali sehari untuk menyembuhkan ruam popok.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur dan antimikroba, dan karenanya dapat digunakan untuk mengobati ruam popok. Hal ini juga dapat memiliki efek menenangkan dan penyembuhan pada kulit lembut bayi.
Minyak kelapa bekerja seperti pelembab kulit. Oleskan minyak kelapa di daerah yang terkena ruam popok beberapa kali sehari.
Anda bahkan dapat menambahkan beberapa sendok makan minyak kelapa untuk air mandi untuk menambahkan pelembab. Ini akan membantu membunuh ragi seperti Candida yang menyebabkan ruam popok, juga.

5. Cuka

Ompol bayi secara alami bersiufat basa dan dapat membakar atau mengiritasi kulit lembut bayi. Untuk mengimbangi atau menetralkan sifat basa ini, cuka adalah salah satu bahan terbaik.

Jika Anda menggunakan popok kain ,saat mencuci popok tambahkan satu setengah cangkir cuka ke setengah ember air bilasan terakhir. Hal ini akan membantu menyingkirkan penumpukan sabun di popok serta menghilangkan bau ompol.
Atau Anda juga bisa membuat larutan cuka encer dengan menambahkan satu sendok teh cuka putih ke satu cangkir air. Gunakan larutan ini untuk menyeka kulit bayi yang terkena pipis saat mengganti popok. Langkah sederhana ini akan membantu untuk membuat bagian kulit bawah bayi Anda tahan terhadap jamur.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...