Home / Apotik Hidup / Sukun Untuk Pengobatan Alami

Sukun Untuk Pengobatan Alami

Sukun biasanya di daerah saya tinggal sering diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih. Kami sekeluarga sangat menyukai keripik dari bahan baku buah sukun ini. Sukun juga enak digoreng saja dengan tepung untuk snack di sore hari. Apalagi buah sukun yang sudah matang baunya sangat sedap dan manis rasanya.

Sukun punya nama latin Artocarpus comunis tidak hanya enak dijadikan keripik maupun gorengan, ternyata sukun juga memiliki banyak manfaat sebagai obat. Kulit sukun tanpa biji digunakan untuk wanita nifas sebagai bahan minuman pencair darah. Daun sukun untuk mengobati penyakit kulit,sakit pembesaran limfa, dan sakit kuning. Selain tiu daun sukun dilaporkan memiliki efek antiinflamasi, sedangkan bunganya untuk mengobati sakit gigi.

Abu daun sukun yang dibakar dicampur dengan minyak kelapa dan kunyit dicampur menyerupai bubur, digunakan sebagai obat penyakit kulit dengan cara menempelkan ramuan tadi pada bagian tubuh yang sakit kulit.

DAun tua sukun dipanggang di atas api kemudian diremas dengan air untuk mengobati sakit pembesaran limfa.

Bunga sukun dibakar sampai jadi arang lalu dioleskan pada gigi yang sakit.

Lima lembar daun sukun yang sudah tuadan segar dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan berwarna merah tua. Setelah dingin air rebusan diminum satu gelas sebanyak dua kali sehari untuk pengobatan Penyakit kuning.

Buah yang masih muda dimasak sebagai sayur atau irisannya dapat digoreng atau diapnggang di atas api.

Biji sukun juga dapat dimakan setelah dibenamkan dalam abu panas atau dapat pula direbus.

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...