Home / Artikel Kesehatan / Tidur Sehat Dalam Gelap

Tidur Sehat Dalam Gelap

Beberapa orang enggan tidur dalam keadan ruangan yang gelap karena banyak alasan. yang paling banyak karena mereka takut gelap, mereka merasa lebih aman jika lampu tetap menyala saat tidur. Sebenarnya ini hanya masalah kebiasaan saja, karena tidur dalam ruangan yang gelap sebenarnya memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan gelap adalah salah satu syarat agar proses-proses metabolisme tubuh yang berlangsung di amlam hari berlangsung optimal.

Semakin malam semakin gelap tubuh kita akan merasa lelah dan mengantuk. Ini jelas wajar, sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal meningkat seiring dengan semakinnya malam. Hormon inilah yang menyebabkan kita menjadi mengantuk di malam hari. Fungsi dari rasa kantuk adalah sebagai isyarat positif tubuh agar segera mengistirahatkannya. Hormon yang mempengaruhi irama sirkadian ini kemudian akan menyesuaikan sehingga terjadi penyegerakan antara kitaran tidur dengan kitaran pergantian siang dan malam di alam sekitar. Hormon melatonin ini juga lah yang akan merangsang produksi lemak beige yang dapat membantu membakar kalori sehinga dapat mencegah obesitas.

Selanjutnya, tidur dalam keadaan lampu menyala dapat memicu diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan bulan April 2014 dikatakan bahwa pengidap diabetes lebih banyak terpapar cahaya minimal empat jam sebelum tidur. Padahal melatonin yang terganggu karena hal ini akan menghambat produksi hormon yang mengatur selera makan dan glukosa dalam tubuh. Nah, untuk mengurangi risikonya kita dianjurkan untuk menggunakan bola lampu yang watt-nya rendah dan minimalisir penggunaan TV, ponsel dan komputer di malam hari.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal Chronobiology International, Juli 2014, mengatakan bahwa orang yang banyak terpapar cahaya di malam hari memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada yang tidur di kamar yang gelap.

Jadi, matikan saja lampunya agar mendapatkan manfaat tidur yang lebih sehat, lagipula ini juga akan menghemat biaya tagihan listrik Anda kan…

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...