Home / Artikel Kesehatan / Transplantasi Ginjal Solusi Kerusakan Ginjal

Transplantasi Ginjal Solusi Kerusakan Ginjal

Tranplantasi ginjal atau kerap disebut cangkok ginjal telah dilakukan di Indonesia sejak tahun 1977 oleh Prof. Dr. Sidabutar dan kawan-kawan di jakarta. Sampai saat ini sudah ratusan psien yang menjalani operasi tranplantasi ginjal di seluruh rumah sakit-rumah sakit besar di Indonesia.

Transplantasi ginjal memang terdengar menjanjikan kesembuhan bagi penderita kerusakan ginjal, hamya saja operasi ini terkendala dengan biaya yang mahal dan kurangnya donor ginjal. Selama ini cangkok ginjal yang dilakukan di negeri ini menggunakan donor hidup. Sebenarnya banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah donor hidup termasuk persetujuan dari tokoh agama untuk memulai operasi ini dengan menggunakan ginjal donor kadaver (orang yang dinyatakan mati batang otak).

Pilih mana, cangkok ginjal atau cuci darah ?

Biaya cangkok ginjal memang sangat mahal karena untuk melaksanakan cangkok ginjal diperlukan persiapan yang baik untuk penderita maupun donornya agar ginjal yang dicngkokkan dapat diterima oleh tubuh penderita . Setelah operasi juga diperlukan observasi untuk menjaga agar ginjal yang dicangkokkan dapat berfungsi dengan baik. Walaupun memerlukan biaya tinggi, dalam jangka panjang biayanya relative lebih murah dari pada cuci darah yang berkepanjangan. Disamping itu sebenarnya cuci darah hanya menggantikan salah satu fungsi ginjal yaitu fungsi ekskresi (fungsi pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh).

Penderita yang mengalami gagal ginjal kronik biasanya juga mengalami anemia karena ginjal juga berfungsi membantu pembentukan eritrosit. Oleh karena itu cangkok ginjal lebih baik dalam menggantikan funsi ginjal ketimbang cuci darah.

Mencegah lebih baik daripada mengobati 

Bagaimanapun entah cangkok ginjal ataupun cuci darah bukanlah hal yang mudah untuk dijalani oleh mereka yang menderita kerusakan ginjal, maka menjaga fungsi ginjal adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan kita, mengingat organ yang satu ini adalah termasuk organ vital.

Baca juga : 6 Langkah Agar Fungsi Ginjal Prima Kesehatan Pun Terjaga

10 Tanaman Untuk Menyehatkan Ginjal

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...