Home / Artikel Kesehatan / Wanita Hamil Berpanggul Kecil Haruskah Operasi Caesar?

Wanita Hamil Berpanggul Kecil Haruskah Operasi Caesar?

Beberapa ibu merisaukan dirinya saat tengah hamil, mereka khawatir dan bertanya-tanya proses kelahiran seperti apa yang akan lalui, apakah dengan jalan alami atau harus melalui operasi caesar. Apalagi jika ibu tersebut memiliki postur tubuh yang kecil dan panggul yang kecil. Mereka takut jika bayi tidak bisa dilahirkan dengan cara normal karena kepala bayi tidak bisa lolos dari panggul mereka yang kecil.

Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya benar. Karena ukuran panggul bukan satu-satunya faktor yang diperhitungkan dalam hal apakah seorang ibu tersebut harus melahirkan dengan cara normal atau terpaksa dioperasi caesar.

Salah satu penyulit proses kelahiran meang jika kepala bayi lebih besar dari panggul Ibu, sehingga kepala bayi tidak akan dapat melewati ruang panggul ibu. Karena tidak dapat menerobos ruang panggul ibu maka tindakan operasi caesar dibutuhkan untuk mengeluarkan bayi. Namun, mengetahui bahwa panggul wanita hamil terlalu sempit atau kecil untuk dilalui kepala bayi tidak bisa hanya melihat postur tubuh dari si ibu. Diperlukan juga untuk mengetahui perkiraan ukuran kepala bayi yang akan dilahirkan normal, apakah cukup besar sehingga tidak dapat menerobos panggul ibu, atau cukup kecil sehingga dengan mudah dapat dilahirkan dengan proses normal. Ukuran kepala bayi digunakan sebagai parameter untuk mengetahui apakah bayi dapat lolos dari ruang panggul ibu karena diameter terbesar dari keseluruhan organ tubuh bayi adalah kepala. Jadi jika kepala bayi diperkirakan dapat melewati panggul ibbu, maka demikian juga dengan bagian tubuh lainnya yang lebih kecil.Dengan pemeriksaan fisik ibu, juga pemeriksaan kandungan dengan USG maka dokter akan menyimpulkan apakah bayi bisa dilahirkan normal atau aharus dioperasi caesar. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan menjelang kelahiran bayi.

Jadi ukuran panggul yang kecil saja tidak bisa membuat kesimpulan bahwa seorang ibu harus operasi caesar. Meskipun ukuran panggul ibu kecil namun jika kepala bayi juga dkecil maka ibu bisa melahirkan normal, sedangkan walaupun panggul ibu besar tapi ukuran kepala bayi jauh lebih besar maka operasi caesar menjadi solusi untuk melahirkan.

sumber : Buku “Panduan Hidup Sehat” Oleh dr. Samsuridjal Djauzi

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...