Home / Video / Zumba Dance Maksimal Bakar Kalori Turunkan Berat Badan

Zumba Dance Maksimal Bakar Kalori Turunkan Berat Badan

Banyak sekali pilihan jenis aerobik di berbagai sasana olah raga yang dapat dilakukan sebagai kegiatan untuk membakar kalori dan latihan kardio. Saat ini yang paling poplar adalah Zumba Dance atau tarian Zumba.

Jun Ko Agus, instruktur zumba Indonesia pertama yang mendapat sertifikat internasional dari Zumba Fitnees International Company menjelaskan,Zumba mengambil istilah dari kata zum-zum, yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez, yang kini menjabat sebagai Creative Director Zumba Fitness. Zumba yang berkembang sejak tahun 2001 ini sekarang bukan sekadar alternatif olahraga, tapi juga sudah menjadi tren. Di tanah air sendiri, sudah ada 46 instruktur zumba resmi. Tempat-tempat latihan zumba pun mulai menjamur. Tidak hanya di Jakarta, namun juga di kota-kota lain, seperti Bandung dan Medan.

Sementara itu, program zumba sudah dapat ditemukan di 125 negara. Lebih dari 12 juta orang dengan berbagai bentuk tubuh dan usia telah merasakan manfaat zumba. Termasuk penyanyi lulusan American Idol, Jordin Sparks, yang hanya dalam tiga bulan berhasil menurunkan berat badannya hingga 13 kg. Dari ukuran baju 14, kini ia makin percaya diri dengan ukuran baju 8.

Gerakan Zumba memang terkesan santai, namun tetap tidak dilakukan secara asal. Porsi gerakan yang diadopsi oleh olahraga ini; 70% dansa dan 30% fitness. Saat melakukan Zumba, kita tidak akan diajarkan gerakannya terlebih dulu, melainkan langsung mengikuti gerakan instruktur. Hal tersebut tak perlu dijadikan masalah karena dalam Zumba yang terpenting adalah enjoy the music.

Karena berbentuk tarian, terlebih lagi dilakukan minimal selama satu jam, gerakan paling banyak dalam Zumba dance adalah kardio. Seperti meloncat, berputar, bergerak cepat dan lain sebagainya. Selain kardio, Zumba dance juga dikombinasikan dengan gerakan pengencangan otot-otot tubuh, seperti otot perut, punggung, paha, betis, dan pectoralis. Gerakan-gerakan Zumba terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Pada akhirnya postur dan lekukan tubuh yang baik akan membuat kita menjadi lebih percaya diri.

Semua gerakan dalam tarian Zumba dilakukan dengan cepat, bertenaga, dan bertekanan tinggi sehingga menimbulkan kontraksi serta tarikan otot. Tidak hanya membakar lemak dan menyehatkan jantung, gerakan zumba dance juga bisa meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.

Anda ingin bugar dan langsing? Coba saja latihan Zumba, selain bugar Anda akan menyadari bahwa mood Anda pun menjadi lebih baik, karena Zumba dance membuat anda bahagia. Latihanya mengharuskan anda untuk selalu tersenyum. Hormone dalam tubuh jika anda tersenyum akan menguncur deras dari kelenjar pituitary. Hormone tersebut juga mampu menangkal depressi dan stress. Sangat dianjurkan untuk anda yang memiliki tekanan dalam tubuh. Anda bisa melakukannya di rumah, karena video latihan Zumba dance kini dapat kita temukan di internet. Seperti video di bawah ini.

 

Check Also

Cara Mudah Mengupas Buah Mangga Ala Expert

Menonton video unik ini yang diunggah dari laman Youtube , simak dan pelajari cara sederhana ...

...