Home / Apotik Hidup / 10 Khasiat Luar Biasa Pinang

10 Khasiat Luar Biasa Pinang

Buah Piang sudah tidak di ragukan lagi akan manfaatnya yang menjadi salah buah yang Fenomenal karena khasiatnya yang sangat beragam. Buah pinang memiliki Nama Latin Areca catechu dan dalam bahasa Inggris buah ini di kenal dengan nama buah Betel palm atau Betel nut tree, hal ini karena Pinang merupakan jenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur.

Baru-baru ini buah pinang banyak diolah menjadi jus yang segar untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan tubuh khususnya bagi stamina pria supaya tidak mudah lelah dan loyo setelah melakukan berbagai aktivitas yang berat. Pada zaman dahulu, buah pinang banyak dimanfaatkan sebagai makanan untuk para tentara yang sedang berperang. Para tentara zaman dahulu meskipun jarang mendapatkan jatah makanan tapi tubuhnya tetap bugar dan semangat karena mengonsumsi buah pinang.

Pohon pinang (Arecha Catechu) menghasilkan buah pinang dalam bahasa jawa dinamakan dengan jambe. Yang dimanfaatkan dari buah pinang adalah biji buahnya. Dibarat, biji buah pinang disebut dengan betel nut. Kandungan aktif dalam biji pinang digunakan sebagai pembasmi penyakit cacingan terutama cacing pita. Zat lain yang dikandung buah ini antara lain arecaide, arecolidine, guracine (guacine), guvacoline dan beberapa unsur lainnya.

Manfaat Pinang antara lain :

1. Mencegah pegeluaran darah berlebih

Buah pinang muda dapat anda gunakan sebagai obat dalam mengatasi masalah keluar darah berlebih pada luka seperti mimisan, koreng, bisul, kudis, mencret dan juga diare. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara teratur.

2. Mengobati sakit pinggangManfaat Buah pinang muda

Daun buah pinang juga sangat bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang, caranya yaitu :
Siapkan beberapa lembar daun pinang, lalu tumbuk kasar lalu hangatkan. Setelah itu, daun pinang yang telah di tumbuk dikompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

3. Mengobati kudis

Caranya yaitu :

Ambil satu biji buah pinang muda, lalu buah pinang tersebut di parut. Setelah itu campurkan parutan buah pinang dengan ¼ sendok teh dan 2 gelas air, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

4. Mengobati difteri

Caranya yaitu :

Ambil 2 biji buah pinang muda lalu memarkan, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Sebelum di minum, tambahkan 1 sendok makan madu lalu aduk rata. Minum secara rutin 1 kali sehari.

5. Dapat mengecilkan rahim

Sejak dulu biji buah pinang muda sering dijadikan sebagai obat yang sangat berkhasiat untuk membantu mengecilkan rahim setelah melahirkan.

Caranya yaitu :

Lakukan cara seperti cara untuk mengobati difteri diatas secara rutin setiap hari sampai badan kembali pulih.

6. Mengatasi mulut kering

Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering hal ini di sebabkan oleh kinerja buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.

7. Menguatkan gigi dan gusi

Iris beberapa buah pinang kemudian kunyah irisan pinang tersebut hal tersebut dapat menguatkan gigi dan gusi.

8. Obat cacing

Siapkan seperempat buang pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari,. Semua bahan ini di rebut hingga matan dan kemudian saring airnya dan minum. Kandungan air minuman ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Hal ini di gunakan pula oleh peternakan ayam agar ayam-ayam peternak tidak cacingan dan dapat mempertahankan produksi telur karena bebas dengan cacing.

9. Mengobati kulit yang luka

Cari daging buah oinnang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan continue luka tersebut akan cepat sembuh.

10. Rabun mata

Kunyah daging pohon pinang da telan airnya hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...