Home / Artikel Kesehatan / 5 Cara Sederhana Sembuhkan Telinga Tersumbat

5 Cara Sederhana Sembuhkan Telinga Tersumbat

Telinga tersumbat dapat sangat menyiksa. Rasa sakit karena pembengkakan membuat kepala terasa mau pecah. Bila dibiarkan begitu saja tanpa perawatan hal ini akan berakibat serius, infeksi telinga misalnya. Telinga yang tersumbat dapat disebabkan oleh menumpuknya cairan lilin telinga di dalam saluran telinga.Penyumbatan juga bisa terjadi di saluran telinga tengah, tepatnya di saluran eustachius (saluran yang menyambungkan telinga dan hidung) . Biasanya ini disebabkan oleh lendir dari hidung penderita sinusitis ataupun flu berat masuk ke dalam saluran ini. Berikut adalah cara mengatasi keluhan telinga yang tersumbat.

1. Kompres Hangat

5 Cara Sederhana Sembuhkan Telinga TersumbatInfeksi sinus atau juga pilek dapat berdampak pada terhambatnya saluran eustachius. Meletakkan kompres hangat pada telinga yang tersumbat dapat membantu membuka saluran eustachius yang tersumbat. sekaligus mengurangi pembengkakan yang diakibatkannya.  Caranya dengan merendam handuk kecil yang tebal dalam air hangat, lalu peras kelebihan air. Lipat handuk sampai menyerupai gumpalan tebal, lalu tempelkan di belakang telinga, lakukan beberapa kali sampai keluhan telinga tersumbat serta rasa sakit karena bengkak menghilang.

2. Uap Air/ Inhalasi

5 Cara Sederhana Sembuhkan Telinga TersumbatBila Anda sedang mengalami flu berat yang menyebabkan radang pada selaput lendir hidung, maka lendir tersebut dapat terkumpul di saluran eustachius (saluran yang menghubungkan saluran hidung dengan telinga tengah),lendir yang terjebak ini menyebabkan tekanan di dalam saluran telinga,  maka jadinya hidung dan telinga tersumbat. Uap air/ inhalasi dapat membantu mengencerkan lendir dan memudahkan terbukanya saluran eustachius. Caranya, siapkanlah kira-kira setengah liter air panas di dalam baskom, tambahkan 2-3 tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Letakkan baskom di atas meja lalu hadapkan wajah ke baskom tersebut untuk menangkap uap hangatnya. Tutup kepala Anda dengan handuk lebar agar uap tidak terbuang ke udara. Ambil nafas dalam-dalam sat menghirup uap ini agar hidung dan telinga  tidak tersumbat. Lakukan dari 5 sampai 7 menit.

3. Menggunakan Minyak zaitun

5 Cara Sederhana Sembuhkan Telinga TersumbatTelinga juga dapat tersumbat oleh cairan seperti lilin yang menumpuk di dalam saluran telinga. Sekali lagi minyak zaitun nampaknya tidak henti-hentinya memberikan pertolongan pada masalah kesehatan kita. Teteskan minyak zaitun yang telah dihangatkan terlebih dahulu ke dalam telinga, biarkan beberapa saat agar kotoran melunak, lalu bersihkan dengan kapas atau cotton bud.

 

 

 

4. Menggunakan Air Hangat

5 Cara Sederhana Sembuhkan Telinga TersumbatKotoran telinga yang tersangkut jauh di dalam telinga dapat menyebabkan sakit yang luar biasa juga pembengkakan. Membilas telinga dengan air hangat dapat membantu melembutkan kotoran telinga. Caranya, Didihkan air dalam panci, lalu tuangkan dalam mangkuk bersih biarkan sampai suam-suam kuku. Sedot air tersebut dengan spuit injeksi/ syringe yang kecil (lepas dahulu jarumnya) kira-kira 3 -4 ml. Miringkan kepala Anda ke satu sisi, dan masukkan ujung spuit tadi ke dalam lubang telinga. Lalu alirkan air hangat tersebut ke dalam telinga, biarkan beberapa saat, lalu miringkan kepala ke sisi sebaliknya agar air dan kotoran dapat keluar dengan lembut dari dalam telinga.

5. Permen dan Menguap

Menghisap permen membuat kita banyak melakukan gerakan menelan, sehingga dapat membuat saluran eustachius terbuka. Demikian juga dengan gerakan menguap akan mempermudah udara keluar dari dalam telinga, sehingga tekanan dalam telinga menjadi normal, dan saluran tuba terbuka.

Check Also

Khasiat Buncis Untuk Mengobati Diabetes dan Anti Stroke

Buncis merupakan sayuran hijau menyerupai kacang panjang. Buncis memiliki tekstur renyah dan rasanya tawar agak ...

...