Home / Artikel Kesehatan / 9 Cara Meramu Delima Sebagai Obat

9 Cara Meramu Delima Sebagai Obat

Tanaman Delima dahulu sering di tanam di pekarangan rumah oleh masyarakat. Ketika saya masih kanak-kanak mudah sekali mengenali tanaman delima di lingkungan rumah, karena beberapa tetangga menanamnya di pinggir jalan di depan rumah. Tapi, saat ini tanaman delima sepertinya makin sulit ditemukan, apalagi di kota karena lahan untuk menanam tanaman buah makin sempit. Kita baru bisa menjumpai buah delima di pasar, itupun kalau sedang musim. Atau bisa dibeli di supermarket, tentu harganya juga mahal karena delima sudah termasuk buah langka. Apalagi kalau Delima impor, wuih harganya bisa selangit!

Punica granatum atau Punica nana lebih terkenal dengan nama Pome atau Pomegranate (Inggris). Tanaman ini bisa tumbuh 5 m sampai 10 m, pantas orang dahulu suka menanamnya di pinggir jalan, karena tanaman delima termasuk tanaman yang rindang karena memiliki percabangan yang banyak dan daun yang lebat.

Walaupun dikenal kaya akan mafaat kesehatan namun tak banyak yang tahu bagaimana memanfaatkan tanaman Delima sebagai obat. Berikut kami berikan resepnya.

1. Obat Caicingan

  • Cuci 7 gr akar delima yang telah dikeringkan,lalu dipotong-potong, untuk kemudian direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit, dinginkan, saring dan diminumkan pada penderita cacingan.
  • Rebus kulit delima keringnya beserta serbuk biji pinang masing-masing 15 g dengan 3 gelas air. Didihkan dengan api kecil selama 1 jam. Dinginkan lalu saring kemudian diminum sekaligus sebelum makan pagi.
  • Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk-aduk lalu diminum sekaligus.
  • Masukkan satu sendok makan bubuk biji delima kering dalam satu gelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk rata, minum saat perut kosong.

2. Mengobati Radang Gusi

Cuci 7 kuntum bunga delima dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Dinginkan, saring dan digunakan untuk obat kumur.

3. Obat Pendarahan

Rebus bunga delima sebanyak 20 gr dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

4. Obat Luka

Canpur serbuk kulit buah delima atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk rata, lalu oleskan pada luka.

5. Mengobati Sariawan

2 buah delima segar yang sudah masak, keruk isinya berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus, kemudian tambahkan satu gelas air aduk sampai rata, lalu saring, gunakan airnya untuk obat kumur, lau ditelan. Lakukan 2-3 kali sehari,sampai sembuh.

6. Sering Kencing/ Beser

Ambil isi satu buah delima yang segar dan matang, dan segenggam kucai lalu potong-potong seperlunya.  Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai sisa separuhnya, dinginkan.  Minum air rebusan 2 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

7. Mengobati Keputihan

Rebuslah kulit 30 g delima kering dan 15 g herba sambiloto kering dengan 1 liter air, rebus sampai tersisa separuh airnya. Lalu dinginkan, disaring, jadikan 3 bagian untuk diminum pagi, siang dan malam. Air rebusan ini juga dapat digunakan untuk cuci vagina.

8. Mengobati Batuk Kronis

Ambil isi buah delima yang setengah masak, setiap malam sebelum tidur kunyahlah isi buah tersebut tersebut, buang bijinya.

9. Mengobati suara serak atau tenggorokkan kering

Ambil buah delima segar, belah dan ambil isinya. Kunyah lalu buang bijinya. Lakukan 2-3 kali sehari.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber : Buku ” Sehat Alami dengan Herbal, 250 Tanaman Berkhasiat Obat” Penerbit Gramedia

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...