Home / Apotik Hidup / Daun Sembukan yang Bau Tapi Kaya Manfaat

Daun Sembukan yang Bau Tapi Kaya Manfaat

Pernahkah Anda mengenal tanaman sembukan? Mungkin banyak yang belum mengenal tanaman satu ini. Sembukan merupakan tanaman merambat, dapat ditemukan di pagar – pagar atau diantara semak belukar. Sembukan terkenal dengan baunya yang khas seperti jengkol dan petai saat kita memakannya. Karena hal tersebut di beberapa daerah, tanaman ini dikenal juga dengan sebutan daun kentut, mungkin karena baunya yang busuk.

Tanaman Obat Sembukan mudah didapat. Ia biasa tumbuh liar di lapangan terbuka, semak belukar, atau di tebing sungai mulai ketinggian 1 – 2.100 m dpl. Herba merambat ini kerap ditanam di pagar rumah. Karena daunnya berbau busuk bila dirtemas, orang sumatra menyebutnya daun kentut, dinamakan kahitutan oleh orang sunda, atau kasembukan oleh orang jawa. Nama daerah lainnya adalah bintaos (madura), gumi siki (ternate,  ji shi teng (china),  dan di perdagangkan dengan nama chinese fevervine  herb.

Tanaman yang memiliki nama latin Paederia scandens sudah lama dikenal sebagai tanaman untuk mengobati sakit perut, seperti kembung dan susah buang gas. Cara mengobatinya dengan melilitkan batang sembukan pada bagian perut seperti sabuk.

Namun, tidak untuk mengatasi sakit perut saja, ternyata daun sembukan memiliki manfaat sebagai penawar racun. Kandungan kimia herba ini, asperuloside,deasetilasperuloside, paederoside, scanderoside, asam paederosidik, danarbutin. Ia juga mengandung gamma sitosterol, asam oleanolik dan minyak asiri.

Rasa Daun sembukan manis, asam, dan mempunyai afinitas kemeridian limpa, lambung, paru, dan hati. Manfaat Sembukan lainnya memperkuat lambung dan memperbaiki fungsi pencernaan. Ia juga mempunyai efek analgetik (menghilangkanrasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh urin), mukolitik(peluruh dahak), stomatik (penambah nafsu makan), ekspektoran (menghentikanbatuk), antipiretik (menghilangkan panas), antibiotik, anti radang, antiracun,serta melancarkan aliran darah dan aliran energi vital.

Sedangkan menurut Ir.W.P.Winarto pada bukunya “Tanaman Obat Indonesia Untuk Pengobat Herbal”,Sembukan mempunyai efek farmakologi sebagai analgesik (penghilang rasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh kencing), penambah nafsu makan, antibiotik, anti radang, obat batuk, obat cacing, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan peluruh dahak (mucolitik).

Pasien terapi penyinaran akibat kanker sebaiknya minum rebusan tanaman obat tradisional ini. Tujuannya, agar jumlah sel darah putih (leukosit) tidak menurun.

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...