Home / Artikel Kesehatan / Gigi Putih Bebas Plak? Gunakan Minyak Kelapa!

Gigi Putih Bebas Plak? Gunakan Minyak Kelapa!

Mengoleskan Minyak Kelapa di sekitar mulut Anda ternyata dapat menjadi bagian dari kesehatan mulut Anda. Dan tampaknya hal ini sudah menjadi tren, bagi mereka yang menyukai praktek ini mengklaim bahwa mengoleskan minyak kelapa di sekitar mulut tidak hanya membantu membersihkan mulut namun juga dapat memutihkan gigi. Setidaknya demikian yang ditulis oleh Vanessa Chalmers untuk Healthista.com. Penggunaan minyak ini telah menjadi obat tradisional selama 3.000 tahun dalam pengobatan Ayurveda,  sistem penyembuhan India kuno.

Namun apakah mengoleskan minyak kelapa di sekitar mulut benar-benar memberikan perbedaan? Sampai saat ini sejumlah bukti ilmiah membuktikan manfaat minyak kelapa ini. Saat ini sebuah studi yang baru diterbitkan pada bulan april lalu menemukan praktek india kuno yang menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan mulut bisa menjadi prosedur efektif dalam mengurangi pembentukan plak dan penyakit gusi yang juga disebabkan oleh plak.

Penelitian yang diterbitkan dalam  Nigerian Journal of Medicine‘s pada edisi Maret / April 2015 , mengamati 60 orang antara usia 16 dan 18 tahun yang menambahkan rutinitas mengoleskan minyak untuk membersihan mulut mereka selama 30 hari.

Tingkat penyakit plak dan gusi mereka dinilai pada hari 1, 7, 15, dan 30.

Setelah hanya dalam tempo tujuh hari , tingkat plak dan penyakit gusi secara signifikan berkurang, dan terus menurun selama sebulan.

Para peneliti, dari Kennur Dental College di India, mengatakan: “Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang mudah tersedia.

‘Hal ini unik karena mengandung didominasi rantai asam lemak menengah, yang 45-50 persen adalah asam laurat. Asam laurat terbukti efek anti inflamasi dan antimikroba.’

Deepa Apte, dokter ayurveda dan direktur Ayurveda Pura Spa di London, mengatakan ‘Gandusha adalah India nama / Sansekerta untuk minyak menarik dan secara harfiah berarti menarik keluar racun dari lambung dan meludahkan mereka keluar. ”

US dokter gigi Dr Jessica T Emery, pendiri Sugar Fix Gigi Loft di Chicago – dan pemuja menarik minyak – menulis di blognya: ‘Kebanyakan mikroorganisme dalam mulut terdiri dari satu sel.

‘Sel ditutupi dengan membran lemak yang kulit sel. Ketika sel-sel ini datang ke dalam kontak dengan minyak – lemak – mereka alami menempel satu sama lain ‘.

Inggris terkemuka dokter gigi Dr James Goolnik, pendiri Bow Lane Gigi di pusat kota London dan sebelumnya sebagai orang yang paling berpengaruh di Inggris kedokteran gigi, kata ‘minyak menarik adalah kemungkinan untuk mengurangi beban bakteri di mulut’.

Namun ia menambahkan manfaat kesehatan jangka panjang mulut belum ditampilkan. “Saya tidak akan merekomendasikan sebagai pengganti untuk perawatan mulut Anda dan kebersihan.

Saat ini banyak sekali orang yang melakukan hal tersebut dan meng-update hasilnya di sosial media, mungkin Anda bisa menjadi salah satunya yang merasakan manfaat dari mengoleskan minyak kelapa ini sebagai bagian rutinitas perawatan gigi dan mulut Anda sehari-hari. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Minyak menarik harus dilakukan pada waktu perut kosong; setidaknya empat jam setelah makan, dan satu jam setelah minum air.

Dr Apte memiliki petunjuk berikut:

* Sikatlah gigi Anda seperti biasa, jika perlu gunakan benang gigi.

* Ambil satu sendok teh minyak kelapa ( bisa diganti dengan minyak wijen), lalu minum.

* Tahan minyak di mulut selama  5-20 menit, ratakan dengan lidah di dalam mulut.

* Ludahkan  keluar minyak tersebut (ke toilet atau di tempat sampah).

* Bilas mulut dengan berkumur air hangat.

* Lakukan hal ini di pagi hari.

 

Sumber: dailymail.co.uk

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...