Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Tak Terduga Berkumur Air Garam

Manfaat Tak Terduga Berkumur Air Garam

Garam yang sangat mudah ditemukan di dapur ternyata memiliki khasiat obat yang sempurna bagi mereka yang menderita gangguan pada tenggorokkan. Tidak terbayangkan kan, bagaimana hal yang demikian sepele seperti menambahkan sejumput garam pada air minum hangat Anda akan memberikan perubahan baik pada sakit tenggorokkan Anda. Memang kadang hal-hal sederhana justru adalah solusi terbaik bagi beberapa masalah.

Saat sedang sakit tenggorokkan akibat flu atau infeksi amandel, tentu sangat mengganggu. Tenggorokkan terasa sakit saat menelan makanan, bahkan saat berbicara. Sunggguh sangat mengganggu! Jika Anda ingin segera mengusir rasa sakit yang mengganggu itu, daripada mengambil obat di kotak P3K, lebih baik Anda pergi ke dapur. Tambahkan dalam segelas air hangat sesendok teh garam, aduk, lalu berkumurlah dengan air itu, dongakkan sedikit kepala Anda ke atas agar larutan garam menjangkau lebih jauh. Hmm, rasa nyaman akan segera menghampiri tenggorokkan yang terasa nyeri tadi.

Berikut manfaat dari berkumur dengan air garam yang dapat membantu Anda :

1. Mengusir sakit tenggorokkan

Sudah dari jaman dahulu berkumur air garam memang dapat membantu mengatasi rasa nyeri pada tenggorokan, juga mengusir rasa gatal pada tenggorokkan akibat flu maupun infeksi tengorokkan. Air garam dapat menarik cairan berlebih akibat jaringan yang meradang di tenggorokkan.

2. Legakan Hidung tersumbat

Flu dan batuk menimbulkan gejala hidung tersumbat. Hal ini lazim terjadi pada orang-orang saat perubahan musim. Daripada meminum obat antidekongestan yang biasanya memiliki efek samping mengantuk dan mulut kering, maka tak ada yang lebih baik dari pada berkumur dengan air garam untuk melegakan hidung yang tersumbat.

3. Sebagai obat kumur / mouth wash

Dalam sehari berapa jenis makanan yang sudah masuk ke dalam mulut kita. Kadang sisa-sisa makanan akan menetap di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Sungguh mengejutkan berkumur air garam yang murah meriah ini dapat megatasi hal tersebut. Berkumur dengan air garam juga dapat mengatasi masalah gusi.

4. Mengatasi penyakit gusi

Mereka yang menderita berbagai masalah gusi seperti gusi bengkak dan gingvitis akan mendapat solusi yang mudah bagi penyakit mereka. Berobat ke dokter dengan obat-obatn yang mahal kadang tidak efektif menyembuhkan gangguan pada gusi. Tapi sekali lagi bersyukurlah pada Tuhan Yang Menciptakan garam yang berlimpah! Lakukan berkumur dengan air garam dua kali sehari dan coba lihat perubahannya!

5. Atasi Sakit Gigi

Sakit gigi dapat terjadi pada siapa pun. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh bekteri pada gigi. Juga karena akar gigi yang lemah atau ujung saraf yang terbuka merupakan penyebab rasa nyut-nyutan di gigi. Berkumur dengan air garam secara teratur dapat memberikan bantuan mengatasi sakit gigi.

Jika Anda mulai tertarik pada pengobatan alami akan menemukan bahwa pengobatan ini begitu mudah, murah dan tanpa efek samping. Jadi tak perlu ragu untuk mencobanya.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...