Home / Apotik Hidup / Memanfaatkan Pohon Mahoni Sebagai Obat Herbal

Memanfaatkan Pohon Mahoni Sebagai Obat Herbal

Pohon Mahoni ( Swietenia mahagoni L)biasanya tumbuh liar di hutan-hutan jati atau di dekat pantai. Tak jarang pohon Mahoni juga ditanam sebagai pohon peneduh di pinggir-pinggir jalan.  Tanaman yang berasal dari India Barat ini dapat mengurangi polusi udara sekitar 47-69 persen, daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan yang terkandung di lingkungan ia tumbuh. Kualitas kayu Mahoni yang baik membuat pohon Mahoni digemari sebagai bahan baku pembuat meubel, furnitur, dan bahan-bahan ukiran atau kerajinan. Di Jepara kayu pohon Mahoni digunakan sebagai bahan baku alternatif pengganti jati untuk kerajinan ukiran. Kulitnya juga dapat digunakan sebagai pewarna pakaian. Kulit kayu Mahoni jika direbus bersama kain dapat memberikan warna kuning yang tak mudah luntur pada kain tersebut. Sedangkan getah pohon mahoni yang disebut juga blendok biasa digunakan bahan baku lem. Sedangkan daun Mahoni digunakan sebagai pakan ternak.

Tak banyak yang tahu, bahwa ternyata pohon mahoni dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Khasiat pohon mahoni sebagai obat herbal antara lain, buahnya dapat melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, menghilangkan penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, bertindak sebagai antioksidan mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pembekuan darah dan menguatkan fungsi hati, serta memperlambat proses pembekuan darah.

Biji mahoni dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, mengobati kencing manis, menambah nafsu makan, mengobati rematik, demam, masuk angin, eksim, meningkatkan energi dan stamina. Dapat digunakan juga sebagai anti aging, memperkuat jangtung dan sistem pembuluh darah, memperkuat jantung, lambung, paru-paru dan hati. Selain itu Mahoni memiliki potensi efek farmakologi sebagai antidiabetik, antioksidan, antibakteri, anti jamur, dan anti hiperlipidemik.

Bagaimana menggunakan Mahoni untuk pengobatan? Berikut contih-contoh cara memanfaatkan Mahoni sebagai obat :

– Obat herbal hipertensi

8 gr biji mahoni segar seduh dengan 2 gelas air panas, dinginkan, saring. Jadikan 2 bagian untuk diminum pagi dan sore hari.

Atau juga dapat menggunakan serbuk biji mahoni kering seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sdm madu. Minum 2-3 kali sehari, diminum saat hangat.

– Obat herbal kencing manis

Ambil 1/2 sdt serbuk biji mahoni kering, seduh dengan 1/3 cangkir air panas. Minum 2-3 kali sehari , diminum 1/2 jam sebelum makan, dan minumlah selagi hangat.

– Obat herbal penambah nafsu makan

!/2 sdt serbuk biji mahoni, , seduh dengan 1/3 cangkir air panas, beri 1 sdm madu minum selagi hangat 2-3 kali sehari.

– Obat herbal demam dan masuk angin

1/2 sdt serbuk biji mahoni, seduh dengan 1/4 cangkir air panas, tambah 1 sdm madu, minum selagi hangat 2-3 kali sehari.

 

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...