Home / Artikel Kesehatan / Pisang yang Bersahaja Namun Kaya Manfaat

Pisang yang Bersahaja Namun Kaya Manfaat

Bersyukurlah kepada Tuhan yang telah mengaruniakan negeri kita ini dengan kekayaan fauna termasuk buah-buahan yang beragam jenisnya. Pisang salah satunya adalah buah yang dihasilkan berlimpah oleh petani kita. Di pasar-pasar tradisional pisang sungguh mendominasi dari pada buah lainnya. Kita bisa lihat Pisang “ngelumbruk” di pasar-pasar buah. Bahkan produksi Pisang Indonesia telah menembus pasar Internasional.

Seperti dilansir di sebuah media massa elektronik, Produk buah lokal Indonesia berhasil menembus pasar Jepang dimana untuk pertama kalinya sejak penandatanganan kerja sama Indonesia-Jepang dalam Economic Partnership Agreement (IJEPA) tahun 2008 lalu, produk pisang dalam negeri mulai memasuki pasar Negeri Sakura tersebut. “Baru tahun ini Indonesia dapat memanfaatkan kuota pisang sebanyak seribu ton per tahun dengan tarif nol persen. Keberhasilan ini merupakan pencapaian penting mengingat pasar produk pertanian Jepang sangat ketat,” kata Yusron Duta Besar RI untuk Jepang dalam siaran pers yang diterima Antara.

Apa sih kelebihan buah pisang ini? Mari kita simak yang berikut ini :

1. Kaya Kalium

Pisang adalah salah satu sumber makanan yang kaya kalium. Mineral ini sangat penting untuk menjaga fungsi jantung yang tepat dan mengatur tekanan darah normal.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan efektivitas makanan kaya kalium seperti pisang dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Begitu banyak sehingga US Food and Drug Administration (FDA) memungkinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi (seperti pada obat farmasi) atas kemampuan pisang untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Penelitian lebih lanjut oleh New England Journal of Medicine menyarankan makan pisang secara teratur dalam diet Anda dapat mengurangi risiko Anda mengalami stroke hingga 40%.

Kalium dalam pisang juga bermanfaat bagi ginjal dan tulang. Asupan kalium yang baik menekan ekskresi kalsium dalam urin yang dapat menyebabkan batu ginjal yang menyakitkan.

2. Membantu Pencernaan

Pisang adalah sumber serat makanan yang sebagian besar dari kita tidak mendapatkan hampir cukup. Serat membantu makanan yang Anda makan bergerak dengan lancar melalui saluran pencernaan dan meningkatkan eliminasi.

Beberapa buah pisang dapat menjadi pilihan yang lebih sehat daripada obat pencahar untuk mengobati sembelit.

Beralih ke elemen penting lain dari pencernaan, pisang kaya fructo-oligosakarida (FOS untuk untungnya singkat). FOS dikenal sebagai prebiotik karena itu feed bakteri ramah penting dalam saluran pencernaan yang membantu kita menyerap nutrisi lebih efisien.

Pisang juga dikenal untuk membantu meringankan gejala sakit maag. Jadi sekali lagi, coba gunakan obat alami dengan pisang daripada minum antasida (meskipun jika halaman ini akan dibagi sekitar terlalu banyak pembuat Metamucil dan Mylanta dan tidak akan senang!).

3. Bantu obati Bisul

Makan pisang secara teratur dapat membantu melindungi terhadap tukak lambung. Senyawa dalam pisang tampaknya membuat pelindung tebal di perut terhadap asam klorida.

Pisang juga mengandung inhibitor protease yang bekerja untuk menghilangkan bakteri tertentu di perut terlibat sebagai penyebab utama tukak lambung.

4. Tinggi Vitamin B6

Pisang sangat tinggi vitamin B6. Vitamin ini penting untuk menciptakan hemoglobin darah yang sehat.

B6 juga terlibat dalam menjaga kadar gula darah yang tepat, mensintesis dan mogok asam amino dan memproduksi antibodi untuk respon kekebalan yang lebih kuat dalam tubuh Anda.

Hanya sebuah pisang memiliki seperlima dari asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan. Dan rasanya jauh lebih baik daripada meminum pil vitamin  juga!

5. Melawan Kanker

Penelitian hewan Jepang baru-baru ini terkait pisang yang sudah masak (dengan bintik-bintik gelap) untuk produksi senyawa yang disebut tumor necrosis factor (TNF-a). Senyawa ini merupakan sitokin yang diyakini memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga meningkatkan kekebalan dan memerangi perubahan sel kanker.

6. Meningkatkan mood dan Mengurangi Stres

Pisang merupakan sumber yang baik dari asam amino triptofan yang diubah tubuh menjadi serotonin.

Di antara banyak hal lainnya, tingkat serotonin yang tepat membantu meningkatkan mood Anda, mengurangi stres dan meningkatkan prospek dan kebahagiaan tingkat umum Anda. Hal ini juga membantu mengatur pola tidur yang baik.

Tryptophan dianggap asam amino esensial karena satu-satunya cara tubuh Anda mendapatkannya adalah melalui diet Anda. Pisang, sementara tentu bukan sumber tertinggi di luar sana, adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih tryptophan sedikit. Alasan lain mengapa pisang membuat seperti camilan besar bagi mereka stres di tempat kerja.

Check Also

5 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Wanita Hamil

Menjaga tubuh terhidrasi selama kehamilan sangat penting. Ibu hamil sangat disarankan untuk membiasakan minum satu ...

...