Home / Artikel Kesehatan / Resep Membuat Jamu Beras Kencur yang Berkhasiat

Resep Membuat Jamu Beras Kencur yang Berkhasiat

Minum ramuan Jamu Beras Kencur selain berkhasiat memang sangat segar, apalagi diminum dalam keadaan dingin di hari yang panas, Hmm… rasanya mantab! Minuman Beras Kencur kini tidak hanya dijual oleh penjual jamu keliling, minuman ini sudah naik kelas menjadi minuman yang disuguhkan di restoran-restoran mahal.

Bila diminum rutin ramuan Beras kencur berkhasiat  dapat menambah nafsu makan, hal ini karena Kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat karminatif yang artinya bisa menambah nafsu makan seseorang.

Racikan Beras Kencur juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab Kencur termasuk rempah-rempah yang bisa berperan meningkatkan aliran empedu. Sementara itu, sekret empedu tersebut berperan baik untuk membantu melancarkan penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mengonsumsi jamu tradisional beras kencur juga dapat memelihara kesehatan tubuh. Mengapa demikian? Karena tanaman kencur mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, dengan adanya antioksidan maka tubuh dapat melawan berbagai macam penyakit dan memelihara kesehatan tubuh Anda.

Untuk memperoleh kesegaran dan manfaat dari minuman beras kencur ini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan beras kencur sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Berikut cara membuat racikan Jamu Beras Kencur yang segar dan berkhasiat.

Sebelumnya, rendam 150 gram beras mengunakan air bersih selama kurang lebih 2 jam. Lalu, buat rebusan dari bahan berikut, 1,5 liter air bersih dididihkan dalam panci kalau bisa panci stainles steel, dengan api sedang. Kemudian masukkan jahe 1 rimpang, asam jawa 25 gr, daun pandan 3 lembar, kencur 5 rimpang, kunyit 1 rimpang dan gula jawa 300 gr. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.

Aduk lagi dan tunggu sampai air mendidih lalu matikan api.  Biarkan beberapa saat hingga uap menghilang, saring agar ampas bahan-bahan tadi terpisah dari airnya.

Gunakan ampas campuran tadi. Tumbuk halus campuran tadi bersama beras yang tadi sudah direndam dan ditiriskan. Letakkan tumbukan bahan bahan beras kencur diatas saringan. Siram dengan air rebusan  dari panci tadi agar rasa dan aroma beras kencurnya terkunci. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Bubuhkan garam secukupnya. Simpan dalam botol tertutup rapat. Bisa diminum langsung atau didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas. Karena tanpa bahan pengawet minuman beras kencur ini mungkin hanya tahan tidak lebih dari 24 jam.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...