Home / Apotik Hidup / Sesuai Namanya Daun Encok Ampuh Obati Sakit Encok

Sesuai Namanya Daun Encok Ampuh Obati Sakit Encok

Daun Encok merupakan tanaman perdu tahunan yang menaik, berbatang panjang dan tinggi sekitar 600 cm sampai dengan 2 m. Batang berkayu bulat licin, bercabang. DAun tunggal letak berseling bertangkai yang panjangnya 1,5 m sampai dengan 2,5 m. Pangkal tangkai daun melebar memeluk batang. Daun bulat telur seperti jorong, panjang 5-11 cm, lebar 2-5 cm ujung runcing pangkal tumpul tepi beringgit, pertulangan menyirip, warna hijau. Bunga majemuk dalam tandan yang keluar di ujung tangkai, kecil-kecil berambut berwarna putih. Buah kecil, bulat panjang, masih muda hijau, setelah tua hitam. Biji kecil coklat.

Dalam beberapa wilayah, tanaman daun encok (Plumbago zeylanica L) ini mempunyai nama berbeda dan dipanggil dengan sebutan berbeda juga. Seperti salah satunya pada daerh madura, tanaman ini mempunyai nama Kareka dan daerah jawa godong encok, Bama Bali, Ki Encok Sunda, Dan Oporio Didaerah Timor. Namun jika masih tetap sama dengan satu bahasa yaitu Daun encok.

Daun encok ini bersifat pahit, tonik, dan juga beracun. Sebab sifat racunnya ini daun encok tidak boleh digunakan terlampau lama. Maksimal 30 menit agar kulit tidak melepuh. Kandungan kimia dari daun encok terdiri dari plumbagin, 3-3-biplumbagin, 3-chloroplum- bagin, chitranone (3-6-biplumbagin), dan juga droserone (2-hydroxy plum- bagin).

Khasiat utama dari tanaman ini seperti namanya yaitu mengobati encok atau rematik. Berikut caranya, Anda cukup menyiapkan segenggam Daun encok yang masih segar. Kemudian, cuci dan tumbuklah sampai halus. Lalu, tambahkan air hangat secukupnya dan aduklah sampai adonan terlihat seperti bubur.

“Bubur” Daun encok tersebut bisa langsung Anda gunakan sebanyak 2 kali sehari untuk membalur bagian tubuh yang terkena serangan rematik.

Cara yang kedua, yakni dengan menyiapkan Daun encok segar sebanyak 15 gram. Cucilah Daun encok sampai bersih. Lalu, tambahkan 1 sendok makan kapur sirih dan tumbuklah sampai halus. Balurkan hasil tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang diserang rematik.

Khasiat lainnya yaitu melancarkan buang air kecil yang tersendat-sendat. Caranya yaitu Anda ambil daun encok secukupnya, dan adas pulasari secukupnya. Daun encok dan adas pulasari digiling sampai halus. Gosokkan di perut bagian bawah, tepat pada posisi kandung kencing paling lama 30 menit.

Patut diingat bahwa zat plumbagin dalam Daun encok bersifat toksik untuk pemakaian lokal, dan dapat menyebabkan melepuhnya kulit jika baluran ramuan Daun encok didiamkan lebih dari 30 menit. Perempuan hamil dianjurkan untuk tidak menggunakan ramuan tanaman ini.

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...