"BEGAL RAMADAN ala Sudan".----Negara Sudan merupakan negara Arab-Afrika yang memang terkenal dengan kefasihan dan kedermawanan mereka walaupun mereka bukan orang-orang berada.Seperti sejarah kakek mereka Bilal bin Rabbah seorang Muazin Rasulullah yang suara terompahnya didengar Rasulullah di surga walau pun kulitnya hitam dalam pandangan Manusia biasa. Rakyat sudan sudah terbiasa melakukan "pembegalan" mobil atau bus supaya orang-orang yang melewati kampungnya Ikut berbuka puasa bersama keluarga mereka.Beginilah akhlak Islam..kita gemar menolong, memberi makan-minum, memuliakan tamu, menghormati Muslim, dan tersenyum kepada sesama merupakan Sunnah dan ajaran Islam yang Hanif.---Admin Suara MadinahAl Jazeraa

Posted by Suara Madinah on 12 Juli 2015
Home / Religi / Begal Ramadhan Ala Masyarakat Sudan,Perlu dicontoh

Begal Ramadhan Ala Masyarakat Sudan,Perlu dicontoh

Negara Sudan merupakan negara Arab-Afrika yang memang terkenal dengan kefasihan dan kedermawanan mereka walaupun mereka bukan orang-orang berada.

Seperti sejarah kakek mereka Bilal bin Rabbah seorang Muazin Rasulullah yang suara terompahnya didengar Rasulullah di surga walau pun kulitnya hitam dalam pandangan Manusia biasa.

Rakyat sudan sudah terbiasa melakukan “pembegalan” mobil atau bus supaya orang-orang yang melewati kampungnya Ikut berbuka puasa bersama keluarga mereka.

Beginilah akhlak Islam..kita gemar menolong, memberi makan-minum, memuliakan tamu, menghormati Muslim, dan tersenyum kepada sesama merupakan Sunnah dan ajaran Islam yang Hanif.
Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” HR. Tirmidzi no. 807

Berikut ini adalah Hadist keutamaan bagi orang yang memberi makan berbuka adalah keutamaan yang diraih dari do’a orang yang menyantap makanan berbuka. Jika orang yang menyantap makanan mendoakan si pemberi makanan, maka sungguh itu adalah do’a yang terkabulkan. Karena memang do’a orang yang berbuka puasa adalah do’a yang mustajab. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.” HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396.

Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7/194 )
Begitu besarnya Pahala dan keutamaan memberi makan orang Berbuka Puasa Bulan Ramadhan ini benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika itu agar menuai ganjaran yang luar biasa. Dengan memberi sesuap nasi, secangkir teh, secuil kurma atau snack yang menggiurkan, itu pun bisa menjadi ladang pahala. Maka sudah sepantasnya kesempatan tersebut tidak terlewatkan.

Mari bersama sama kita lakukan…ayo.

sumber : Fans page FB  Suara Madinah

Check Also

Sunnah Menutup Tempat Minum Ternyata Mencegah Wabah Penyakit Menular

Islam agama yang mencakup segala aspek kehidupan termasuk urusan makan dan minum. Tidak dipungkiri bahwa ...

...