Home / Apotik Hidup / Kersen Pohon Biasa Dengan Manfaat Luar Biasa

Kersen Pohon Biasa Dengan Manfaat Luar Biasa

Beberapa pohon Kersen yang tumbuh di pinggir jalan di lingkungan perumahan tempat saya tinggal, ditebang oleh pemiliknya. Alasannya pohon ini mempunyai akar yang merusakkonstruksi jalan dan pagar rumah. Yang paling sedih anak-anak yang biasa mengumpulkan buah Kersen atau juga disebut buah talok yang sudah masak dari pohonnya. Mereka tidak bisa lagi bermain sambil menikmati manisnya buah talik atau kersen ini.

Mungkin mereka yang menebang pohon ini tidak tahu bahwa pohon kersen memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah kersen yang dianggap sepele ini memiliki nilai gizi yang bagus, dalam 100 gr kersen mengandung :

1.     Air (77,8 g)

2.     Protein (0,324 g)

3.     Lemak (1,56 g)

4.     Serat (4,6 g)

5.     Kalsium (124,6 mg)

6.     Fosfor (84,0 mg)

7.     Zat besi (1,18 mg)

8.     Karotin (0,019 mg)

9.     Vitamin B1 (Tiamin) (0,065 mg)

10.  Riboflavin (0,037 mg)

11.  Niacin (0,554 mg)

12.  Vitamin C (Ascorbic Acid atau antioksidan) (80,5 mg)

Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah: datiles, aratiles, manzanitas (Filipina), mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).
Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, Singapore cherry (Inggris) dan nama yang tidak tepat, Japanse kers (Belanda), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Muntingia calabura L.

Berikut khasiat buah Kersen :

– Mengkonsumsi buah kersen atau meminum rebusan daun buah kersen dapat berkhasiat dalam membunuh microba yang berbahaya serta dapat digunakan sebagai antiseptic untuk membunuh bakteri berbahaya seperti C. Diptheriea, S. Aureus, P, Vulgaris, S. Epidemidis dan K. Rizhophil.

– Buah kersen juga sangat berkhasiat dalam mencegah peradangan serta dapat membantu dalam menurunkan demam, hal ini di karenakan buah kersen dapat berfungsi sebagai antiinflamasi.

– Buah kersen juga dapat berfungsi sebagai anti tumor yang sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

– Mengkonsumsi buah kersen secara rutin setiap hari dapat bermanfaat dalam mengobati asam urat, karena kandungan buah kersen dapat menormalkan asam urat di dalam tubuh sehingga asam urat kembali nomal.

– Dengan mengkonsumsi buah kersen atau meminum air rebusan daun kersen secara rutin setiap hari, dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes.

– Menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah kersen secara rutin setiap hari sampai tekanan darah kembali normal, karena buah kersen mengandung kalium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah tinggi. Selain itu, dengan kembali normalnya tekanan darah maka dapat menurunkan resiko terkena stroke akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Caranya : Daun Kersen di jemur dulu sampai kering, seperti kita membuat teh. Setelah Daun kering seduh dengan air putih panas Daun kersen secukupnya untuk satu gelas kecil. Tunggu beberapa saat hingga air putih berubah seperti air teh. Lalu silahkan minum, lakukan hal ini 2 kali sehari.

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...