Home / Tehnik Pengobatan / Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

Bukan sulap atau sihir: penyakit Anda bisa dideteksi dari telapak tangan. Bagaimana mungkin? Ketahuilah bahwa telapak tangan merupakan bagian saraf paling ujung tubuh manusia. Makanya, apapun peristiwa yang terjadi di dalam tubuh bisa dilihat dari telapak tangan.

Melalui telapak tangan, sebetulnya kita sudah bisa melakukan deteksi awal terkait kelainan pada tubuh kita atau penyakit yang ada.

Di telapak tangan manusia itu tersimpan sekitar 1000 rahasia kesehatan. Analisis pada telapak tangan telah lama dipraktekkan oleh bangsa Yunani.

Analisis telapak tangan merupakan salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang berprofesi di bidang pengobatan ketika hendak merawat atau mengobati pasien yang datang berobat kala itu.

Di antara bagian telapak tangan, yang bisa menunjukkan keadaan suatu penyakit dalam tubuh manusia adalah telapak tangan bagian atas, telapak tangan bagian belakang, semua jari (dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari bagian atas, dan kuku. Dan dibawah ini merupakan beberapa gangguan kesehatan dari penyakit ringan maupun parah yang bisa dideteksi oleh bagian telapak tangan.
Kanker Payudara

Telapak tangan wanita bisa dijadikan instrumen untuk melihat resiko terjadinya kanker payudara dengan cara membandingkan kesamaan pada kedua jarinya. Jika telunjuk lebih panjang dari jari manis, itu artinya mereka lebih memilki tingkat estrogen yang lebih tinggi, suatu hormon yang membantu pertumbuhan kanker. Bagaimana dengan kondisi perbandingan telunjuk dengan jari manis Anda?
Jantung

Para ilmuwan Finlandia meneliti 8000 orang dengan melihat ujung jari kelingking yang bengkok ke dalam, ditemukan 46 persen pria lebih beresiko meninggal di usia muda akibat serangan jantung dibandingkan pria tanpa osteoarthritis.

Alasan hubungan ini belum jelas namun para ahli memprediksikan hal ini sebagai akibat tingkat lemak yang tinggi dalam darah yang dapat menutupi arteri atau dapat juga osteoarthritis menunjukan rendahnya tingkat hormon testosteron yang melindungi pria terhadap penyakit jantung.
Autisme

Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

Dalam sebuah penelitian di tahun 2001 ditemukan bahwa anak autis memiliki jari manis yang sangat panjang. Hal ini menunjukkan bahwa mereka nampaknya memiliki jumlah testosteron yang tidak biasa dalam rahimnya yang mengakibatkan bentuk perilaku pria yang sangat berlebihan seperti kesulitan komunikasi dan kurang kesadaran terhadap kondisi emosional orang lain
Masalah Paru-paru

Ketika dokter melihat gejala masalah pernapasan, mereka seringkali memeriksa kuku tangan. Ini karena warna kulit dibawah kuku berubah menjadi corak biru ketika terjadi komplikasi pernapasan.

Darah yang mengandung oksigen memiliki warna merah terang tetapi darah yang kehilangan oksigen berwarna merah gelap. Ini salah satu gejala yang muncul pada bayi yang mengidap bronkitis akut.
Stres

Ketika dalam keadaan tertekan, tubuh akan mengeluarkan hormon streoid yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tanda-tanda di telapak tangan orang yang mengalami stres adalah terdapat urat-urat biru atau hijau di pergelangan tangan, telapak tangan, dan di sepanjang jari-jari serta terlihat jelas di betis kaki.
Kekurangan Vitamin

Noda putih di ujung jari menunjukan kekurangan zat seng. Seng penting untuk menjaga sistem kekebalan. Sumber makanan yang mengandung seng antara lain susu, tiram, ayam, biri-biri, semua jenis biji-bijian, kacang, dan sayuran berdaun hijau.

Sebenarnya, masih banyak penyakit lainnya yang bisa dideteksi melalui telapak tangan seseorang. Dengan adanya teknik pendeteksian penyakit yang kemungkinan diderita seseorang melalui telapak tangannya, kita bisa mengetahui ada gangguan atau gejala penyakit apa di dalam tubuh. Namun untuk lebih memastikan, Anda juga disarankan untuk tetap memeriksakan diri ke dokter supaya lebih yakin dan valid.

lebih lengkap tentang Diagnosa tangan

DIAGNOSA PENYAKIT MELALUI ANALISA TELAPAK TANGAN
( DIAGNOSE OF HAND )

3.1 Pendahuluan
Manusia adalah makhluk unik yang diciptakan Allah swt dalam bentuk yang benar-benar sangat sempurna. Seluruh organ yang ada dalam tubuh manusia terhubung dengan saraf yang sangat kompleks dan lengkap. Ketika terjadi gangguan atau kelemahan pada satu organ maka organ – organ lain akan memberikan sinyal adanya kelemahan tersebut. Muka dan telapak tangan merupakan dua organ tubuh yang dari keduanya dapat diketahui kelemahan atau gangguan – gangguan yang terjadi pada organ – organ tertentu dalam tubuh.
Maha suci Allah swt yang telah menetapkan muka dan telapak tangan sebagai dua bagian tubuh yang boleh dinampakkan (dilihat) oleh wanita, sementara bagian-bagian tubuh yang lain diharamkan. Dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 31 Allah swt berfirman :
“Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak daripadanya…..” (QS. An-Nuur (24):31)1

Dalam ayat tersebut Allah swt melarang para wanita mukmin untuk menampakkan perhiasan (bagian tubuh)-nya kecuali perhiasan (bagian tubuh) yang biasa tampak. Ada dua bagian tubuh yang boleh ditampakkan oleh seorang wanita yaitu wajah dan telapak tangan.2
Sesungguhnya jika kita cermati secara lebih mendalam, ayat tersebut mengandung rahasia yang sangat besar dan sangat berguna bagi kehidupan manusia, terutama dalam bidang kesehatan (pengobatan). Wajah dan telapak tangan adalah dua bagian tubuh, dimana kita bisa mengetahui kondisi kesehatan serta penyakit yang diderita oleh orang yang bersangkutan.
Melalui raut wajah kita dapat mengetahui apakah orang yang bersangkutan dalam keadaan sakit atau sehat. Raut wajah juga bisa mengekspresikan karakter seseorang, apakah ia dalam keadaan senang, sedih, gembira atau bahkan stress.
Demikian halnya dengan telapak tangan, ia bisa menggambarkan kondisi serta kelainan-kelainan yang terdapat pada organ-organ tubuh lainnya. Melalui telapak tangan pasien, seorang Herbalis (perawat) dapat mengetahui berbagai penyakit serta kelainan yang terjadi dalam organ tubuh seseorang. Bahkan dalam ilmu refleksologi3 telapak tangan merupakan organ tubuh utama dalam pengobatan (selain telapak kaki). Pada telapak tangan terkumpul saraf-saraf yang terhubung dengan organ – organ dalam tubuh. Dengan melakukan pemijatan (massage) atau pengurutan pada telapak tangan seorang refleksologis (aahli reflekksi) meyakini dapat merangsang organ – organ tubuh tertentu sehingga gangguan atau penyakit yang terdapat pada organ yang bersangkutan dapat disembuhkan.
Masyarakat Yunani telah lama menggunakan diagnosa telapak tangan (diagnosa of hand) sebagai salah satu cara mendekteksi suatu penyakit. Karena itulah seorang herbalis (ahli pengobatan herba) sangat ditekankan untuk melakukan diagnosa ini sebelum merawat atau mengobati pasien. Hanya saja kebenaran dan ketepatan diagnosa tersebut tidaklah mutlak. Ketelitian dan pengalaman herbalis di lapangan sangat menentukan ketepatan diagnosa yang dilakukan. Selain itu perlu disinergikan atau dipadukan dengan diagnosa yang lain baik melalui nadi, iris mata (iridology), pengamatan lidah (diagnose of tongue) dan kaedah diagnosa lainnya.

3.2 Kaedah Diagnosa Telapak Tangan
Tangan merupakan bagian saraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apa saja yang berlaku pada organ tubuh manusia akan terlihat pada tangan. Diantara bagian-bagian tangan yang dapat menunjukkan keadaan suatu penyakit yang berlaku pada tubuh manusia adalah; telapak tangan, punggung tangan, semua jari (mulai dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari hingga kuku. Pengamatan pada telapak tangan menyangkut perubahan warna dan perubahan fisik (biasanya bengkok ke kiri, ke kanan, ke depan atau ke belakang).
Pembahasan kaedah diagnosa telapak tangan dalam modul ini tidak dilakukan secara berurutan dari satu jari ke jari yang lan, tetapi lebih dititik-beratkan pada penyakit tertentu yang selanjutnya dianalisa melalui tanda – tanda yang nampak pada telapak tangan. Setelah itu barulah dikenalkan terapi herba (fitoterapi) yang tepat untuk penyakit yang bersangkutan.
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

Ada beberapa penyakit yang dapat dianalisa tanda-tandanya melalui telapak tangan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Masalah Kolon (Sembelit)
Kolon (colon) atau usus besar adalah salah satu organ pencernaan yang merupakan tempat berlalunya sisa – sisa makanan – hasil metabolisme tubuh – sebelum selanjutnya dibuang melalui anus. Tidak semua sisa – sisa makanan tersebut dapat dikeluarkan. Sebagianya masih menempel pada dinding – dinding usus besar. Kondisi inilah yang biasa dikenal dengan sembelit.4 Sebagian besar penyakit – baik penyakit kronis maupun degenaratif – berasal dari masalah kolon (sembelit).
Bagaimana cara untuk mengetahui seseorang yang terkena sembelit (mengalami gangguan kolon) melalui telapak tangan? Pasien yang mengalami masalah sembelit biasanya pada telapak tangannya terdapat tanda – tanda sebagai berikut5 :
a) Garis ruas jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap. Semakin gelap warnanya, mengindikasikan sembelit yang diderita semakin parah.
b) Garis-garis pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan gangguan yang diderita semakin parah.
c) Terdapat bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, menandakan lebih kronik dari garis-garis berwarna gelap pada ruas jari.
d) Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit.
e) Ibu jari (jempol) bengkok. Biasanya bengkok ke arah belakang.
f) Jari telunjuk bengkok (ke samping kiri, kanan atau ke belakang) juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar.
Pada tingkat serangan awal atau keadaan yang belum parah, sembelit tidak menunjukkan kelainan atau gangguan yang berarti bagi penderitanya. Karena itulah banyak orang yang tidak menyadari bila dirinya telah mengalami sembelit. Berdasarkan pengalaman di lapangan sering dijumpai orang yang pada telapak tangannya terdapat tanda – tanda sebagaimana di atas tetapi tidak mau mengakui bahwa dirinya terkena sembelit. Untuk megecek kebenarannya kita bisa melihat gejala-gejala (symptom) dari sembelit sebagai berikut6:
a) Tinja (sisa – sisa makanan) dikeluarkan lebih dari 14 jam ( > 14jam).
b) Tinja dikeluarkan seperti odol (pasta gigi).
c) Buang air besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak cukup kadarnya.
d) Buang air besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak keluar habis.
e) Terjadi kekurangan air dalam badan atau dehidrasi, biasanya orang yang bersangkutan kurang minum air.
f) Selalu mengantuk.
g) Buang air besar selang satu hari atau bahkan selang dua hari.
h) Diare (mencret). Kondisi ini menunjukkan bahwa serangan sembelit yang sudah parah.
Sembelit bila dibiarkan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit – penyakit degeneratif seperti kencing manis (diabetes mellitus)7, darah tinggi (hipertensi)8, asam urat (uric acid)9, dan sebagainya.

2. Masalah Angin
Masalah angin dalam pembahasan ini maksudnya adalah di dalam tubuh terdapat banyak penumpukan angin terutama gas karsinogen11 yang berlebihan. Apabila gas tersebut dibiarkan lama berada dalam tubuh dapat bersifat racun yang berbahaya, bahkan dapat menjadi pemicu terjadinya kanker. Dalam pandangan Perubatan Jawi ketidak seimbangan angin ini merupakan salah satu punca (sumber utama) penyakit, selain toksin dan ketidakseimbangan suhu.
Biasanya masalah angin diakibatkan oleh kebiasaan hidup yang tidak baik (bad habit) seperti12;
8 kebiasaan menggunakan kipas angin (fan)
9 kebiasaan menggunakan AC (Air Conditional)
10 kebiasaan tidur tidak memakai baju
11 kebiasaan tidur di lantai (tanpa alas tidur)
12 kebiasaan begadang (tidur hingga larut malam)
13 sering keluar pada malam hari
14 sering mengendarai kendaraan bermotor terutama pada malam hari.

Masalah angin erat kaitannya dengan masalah pencernaan bahkan dapat dikaitkan dengan sembelit. Seseorang yang mengalami masalah angin biasanya pada telapak tangannya nampak tanda bintik – bintik berwarna putih atau merah. Apabila dasar telapak tangan berwarna merah maka bintik-bintik tersebut berwarna putih. Sebaliknya jika dasar telapak tangan putih, maka bintik-bintik tersebut berwarna merah.
Sympton (gejala) yang sering ditimbulkan akibat gangguan masalah angin antara lain ; cepat marah (emosi), nada suaranya tinggi (seperti orang marah – ed) dan bila dibekam darah yang keluar lebih kental. Selain itu pada saat dibekam angin akan keluar dan menempel pada dinding – dinding mangkok (cuping), sehingga nampak seperti uap (ed).

3. Masalah Stress
Faktor pikiran sangat erat kaitannya dengan kesehatan manusia. Apabila seseorang dalam keadaan stress (mengalami tekanan pikiran) tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat melemahkan sistem imuniti. Hormon – hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan mengacaukan metabolisme. Bila stress berlangsung cukup lama, dapat menjadi toksin hormonal yang membahayakan tubuh.14
Bagi Ibu hamil, tekanan pikiran (stress) dapat mempengaruhi reaksi dan perkembangan janin yang dikandungnya. Sebuah penelitian mencatat bahwa gerakan tubuh janin meningkat beberapa ratus persen sewaktu ibu mengalami stress. Bayi yang lahir dari ibu yang selalu gundah dan tidak bahagia lebih memungkinkan terjadi premature (lahir sebelum waktunya) atau memiliki berat badan rendah saat lahir, cenderung hiperaktif, rewel, sering menggeliat dan memanifestasikan kesulitan seperti makan tidak teratur, buang air besar secara berlebihan, kembung, mengalami gangguan tidur, cengeng dan ingin selalu mendapat belaian atau dipeluk.15
Seseorang yang mengalami tekanan pikiran (stress) biasanya pada telapak tangannya terdapat tanda – tanda sebagai berikut :
a. Terdapat urat – urat berwarna biru atau kehijauan di permukaan telapak tangan ; sepanjang jari dan pergelangan tangan
b. Terdapat urat – urat warna biru atau kehijauan yang nampak jelas di betis kaki.
Simptom (gejala) yang biasa muncul pada penderita tekanan pikiran (stress) antara lain ; nampak terlalu sedih, gangguan emosi/cepat marah, tidur tidak nyenyak dan kadang – kadang mengalami sakit kepala sebelah (migren). Stress yang berkepanjangan dapat mengakibatkan terjadinya penyakit kronis dan degeneratif seperti gangguan jantung, paru – paru dan lain – lain.

4. Masalah Jantung
Yang dimaksud masalah jantung dalam pembahasan ini tidak indentik dengan sakit jantung, tetapi lebih mengarah pada gangguan atau kelemahan pada organ tersebut. Misalnya, jantung lemah sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

 

– Telapak tangan selalu berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada jantung , paru-paru dan sesak nafas

Tanda – tanda yang nampak pada telapak tangan seseorang yang mengalami masalah jantung antara lain sebagai berikut:
a) Jari kelingking bengkok. Keadaan ini biasanya mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam jantung.
b) Jari tengah bengkok. Keadaan ini biasanya mengindikasikan adanya permasalahan pada organ pembungkus jantung.
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan
c) Telapak tangan berpeluh/berkeringat. Keadaan ini menandakan gangguan pada jantung, paru-paru, sesak nafas dan stress.
d) Kuku bergelombang.
Simptom (gejala) yang muncul pada penderita masalah jantung antara lain; dada kiri terasa sakit, kesemutan pada jari-jari, nyeri seperti ditusuk, mudah terperanjat, berdebar-debar, sukar tidur. Masalah ini ada hubungannya dengan kolesterol atau tingginya kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh dan bila berkepanjangan dapat mengakibatkan serangan tumor

5. Masalah Kolesterol
Masalah kolesterol16 hampir menimpa kebanyakan masyarakat modern, diakibatkan oleh pola makan yang kurang memperhatikan kaedah – kaedah kesehatan. Makanan yang banyak mengandung minyak (seperti gorengan), santan kelapa, daging (terutama daging binatang yang diternak menggunakan makanan buatan, seperti ayam potong) merupakan contoh makanan yang banyak mengandung kolesterol.
Masalah kolesterol sangat erat kaitannya dengan masalah jantung dan kardiovaskuler. Jika dibiarkan Kolesterol dapat mengakibatkan munculnya masalah – masalah kesehatan lain yang lebih serius seperti obesitas (kegemukan), migren17, hipertensi (tekanan darah tinggi), stroke18 dan lain – lain.
Tanda-tanda di telapak tangan seseorang yang mengalami permasalahan kolesterol adalah sebagai berikut:
a. Ruas ujung jari berwarna lebih merah / lebih gelap dibanding ruas jari di sekitarnya. Semakin gelap warnanya menandakan kadar kolesterol di tubuh semakin tinggi.
b. Telapak tangan berwarna merah, terlihat bengkak dan terdapat urat berwarna biru.
a) Simptom (gejala) dari masalah kolesterol adalah gangguan emosi atau cepat marah
6. Masalah Pernafasan (Alergi, Resdung, Sinusitis)
Alergi19, resdung, sinusitis20 hampir menimpa kebanyakan penduduk Asia. Masalah ini biasanya dikaitkan dengan masalah paru-paru (pernafasan) atau asma. Tanda-tanda pada telapak tangan seseorang yang mengalami permasalah ini adalah :
a. terdapat urat-urat berwarna biru/kehijau-hijauan pada perut telapak tangan di bagian bawah ibu jari.
b. ibu jari bagian atas kempot. Keadaan ini menandakan berlakunya masalah sinusitis.
a) Simptom (gejala) dari masalah alergi, resdung, sinusitis adalah bersin-bersin terutama di waktu pagi, rambut rontok, mata sering terasa gatal, kaki pegal-pegal, cepat lelah dan asma. Jika kondisi ini berkepanjangan akan menimbulkan masalah keputihan bagi perempuan, atau ambeien (gangguan prostat) bagi laki-laki.

7. Masalah Hormon Tidak Seimbang (Imbalance Hormone)
Masalah ketidakseimbangan hormon (imbalance hormone) dapat menyebabkan berkurangnya gaerah seksual (tetapi tidak identik dengan impotensi), dan masalah rahim (reproduksi). Masalah ini biasanya berlanjut pada masalah tiroid22, ovary23, prostat24, uterus25, fibroid26, endrometritis27, dan kanker rahim.
Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ketidak seimbangan hormon adalah28:
a) Telapak tangan berwarna merah pucat, terdapat urat berwarna biru dan terlihat sangat mencolok.
b) Telapak tangan licin/kesat dan kulit telapak tangan kering.
c) Terdapat tanda seperti bulan sabit terbalik hanya di kuku ibu jari, menandakan hormon dalam keadaan seimbang. Sebaliknya apabila tanda bulan sabit terbalik tersebut ada di semua kuku, atau ada di kuku-kuku lain selain ibu jari, menandakan terdapat masalah ketidakseimbangan hormon.
d) Jari kelingking kempot menandakan berkurangnya kemampuan seks (lemah syahwat).
e) Jari kelingking bengkok29 (pada wanita) menandakan masalah kesuburan yang rendah.
a) Simptom (gejala) dari masalah ketidakseimbangan hormon adalah berkurangnya keinginan (gairah) seks, perasaan rendah diri, kemurungan yang mendalam, bahkan depresi.

8. Masalah Kewanitaan (Rahim dan Uterus)
Masalah kewanitaan yang banyak dialami oleh para wanita dewasa ini adalah rahim jatuh (prolapsus31), keputihan, senggugut, fibroid, dan endometrosis. Masalah wanita ini apabila berkepanjangan akan menyebabkan terjadinya kanker rahim.
Selain faktor-faktor tersebut ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mudah terserang kanker32:
b) Datang bulan (haid) pada usia di bawah 10 tahun.
c) Berhenti haid (menstruasi) pada usia di atas 50 tahun.
d) Tidak melahirkan anak.
e) Melahirkan anak pertama pada usia 35 tahun.
f) Tidak menyusukan anak.
g) Pernah menderita tumor jinak.
h) Memiliki garis keturunan yang terserang kanker.
i) Pengguna pil kesuburan (hormon) ataupun KB.
Seseorang yang mengalami masalah kewanitaan biasanya pada telapak tangannya terdapat tanda – tanda sebagai berikut :
a) Jari kelingking meruncing/menirus menandakan masalah rahim/peranakan.
b) Jari kelingking bengkok bagian atasnya saja menandakan rahim jatuh (prolapsus), jika berkelanjutan akan mengarah pada permasalahan tumor.
c) Jari kelingking bengkok, menandakan rendahnya kesuburan (kurang subur).
a) Simptom (gejala) dari masalah kewanitaan antara lain adalah; keputihan, nyeri waktu haid, stress dalam jangka waktu lama, cepat lelah.

9. Masalah Ginjal32
Masalah ginjal (buah pinggang) yang banyak dialami adalah masalah pegal-pegal di pinggang, kencing tidak lancar, menahan kencing, batu ginjal, kencing tidak keluar (edena), kencing darah, dan lain-lain. Masalah ginjal ada kaitannya dengan masalah hati dan jantung. Biasanya apabila kondisi kerusakan ginjal masih di bawah 25% belum memberikan kesan rasa sakit pada diri pasien.
Berdasarkan sebuah penelitian, orang tua yang menderita masalah ginjal, sekitar 60% anak yang dilahirkan akan mewarisi masalah ginjal tersebut.
Seseorang yang menderita masalah ginjal biasanya pada telapak tangannya terdapat tanda – tanda sebagai berikut :
a) Ruas pertama seluruh jari terlihat kembung/bengkak air.
b) Ruas pertama jari telunjuk keriput, menandakan kurang air atau sering menahan air kencing, biasanya juga terlihat kelopak mata berwarna hitam.
c) Terasa sakit di tiga jari (ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah).
d) Ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.
e) Mata kaki bengkak atau mata berkantong, menandakan ada masalah ginjal dan jantung.
f) Ruas ujung – ujung jari bengkok ke dalam, menandakan adanya masalah batu ginjal atau asam urat.
Simptom (gejala) yang biasa timbul pada penderita masalah ginjal antara lain : terasa sakit di pinggang, obesitas (kegemukan), kesemutan pada ujung jari, dan pernah terjatuh dalam keadaan duduk (kecelakaan).
10. Masalah Lainnya34
Selain tanda-tanda seperti yang diuraikan di atas, masih terdapat tanda-tanda lain yang bisa dilihat pada telapak tangan, diantaranya adalah:
a) Apabila kuku bergelombang, strik (bergaris-garis) dan telapak tangan keras/terdapat benjolan, menandakan keracunan / toksin heavy metal (logam berat).
b) Bagian bawah mata dan telapak tangan terlihat pucat, banyak bintik-bintik putih dan urat biru tersebar merata menandakan seseorang mengalami masalah tekanan darah rendah atau anemia. Kondisi ini juga dapat dilihat jika kuku ditekan beberapa saat sampai berwarna putih, dan perlu waktu yang lama untuk kembali ke keadaan normal..
c) Adanya garis di tepi perut ibu jari, terlihat bergetar berwarna biru/kehijauan, ini menandakan masalah tiroid atau masalah maag (gastric). Gejalanya adalah jika letih/lapar terasa sakit di ulu hati.
d) Mata minus atau pernah mengalami kecelakaan, dapat dilihat juga pada ujung jari kelingking yang bengkok.
e) Tanda kadar gula yang tinggi dapat dilihat di punggung jari-jari tepat di bawah kuku, semakin gelap warnanya maka semakin tinggi kadar gulanya.
f) Kuku berwarna agak kemerah-merahan (pink) menunjukkan seseorang mudah bingung.
g) Kuku bergelombang menunjukkan kelainan (gangguan) pada hati.
h) Kuku bergaris menunjukkan kelainan (gangguan) pada ginjal.

11. Masalah Daya Tahan Tubuh (Sistem Imunitas Tubuh)35
Dari keseluruhan tanda-tanda yang dijelaskan di atas, baru sebatas indikasi adanya permasalahan pada organ yang bersangkutan. Biasanya permasalahan tersebut akan muncul pada pasien apabila sistem imunitas tubuhnya dalam keadaan menurun/rendah. Tanda-tanda sistem imunitas tubuh menurun/rendah adalah:
1) Ujung jari manis terlihat bengkok. Selain itu juga terdapat masalah pada usus kecil dan usus 12 jari (masalah pencernaan). Ini ada kaitannya juga dengan masalah empedu, ulu hati, dan maag.
2) Telapak tangan berwarna hitam legam, menandakan kondisi daya tahan tubuh lemah dan jelek.
3) Telapak tangan cekung, menandakan sistem imunitas tubuh yang rendah, juga menandakan adanya gangguan pada saraf dalam. Jika diiringi rasa sakit di pundak/belikat, apabila terjadi pada wanita ada kaitannya dengan rahim. Jika pria ada kaitannya dengan kemampuan seks.

Tambahan Admin
AUTISME
jari manis yang sangat panjang , menunjukkan hormon testosteron berlebih , mengakibatkan bentuk perilaku pria yang sangat berlebihan seperti kesulitan komunikasi dan kurang tanggap . Lihat gambarnya
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan
SEMBELIT
Apakah  jari telunjuk dan jari tengah anda jika  direntangkan terasa sakit ? besar kemungkinan anda mengalami masalah sembelit . Lihat gambarnya
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan
Garis-garis ruas jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap, mangkin gelap mangkin parah sembelitnya.
– Garis-garis yang ada pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, slogannya tetap sama yaitu  mangkin gelap mangkin parah sembelitnya .
– Terdapat bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, ini lebih gawat dibanding kondisi di atas . tentu saja mangkin gelap mangkin parah sembelitnya .
-Permasalahan usus besar lainnya dapat dilihat pada keadaan ibu jari (jempol) yang bengkokJari telunjuk     bengkok juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar.

JARI BENGKAK
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

Salah satu lokasi pertama pada tubuh  yang dapat dilihat / di deteksi  bahwa tubuh dalam keadaan berlebih kadar airnya  adalah JARI.
Hal itu terjadi karena :
– Menstruasi ketika cuaca sangat panas
– Kadar garam terlalu tinggi karena sering makan makanan asin
– Kekurangan hormon tyroid , ini disebut dengan hipotiroidisme , hormon tyroid bertugas menjaga keseimbangan hormon lain yang mengatur metabolisme dan fungsi tubuh , sehingga jika metabolisme terganggu ( melambat ) maka pengumpulan air akan terjadi dan pastinya berat badan bertambah Gemuk

KURANG VITAMIN
Di ujung jari muncul Noda putih ini indikasi kekurangan zat seng , artinya dia kekurangan vitamin . Seng adalah aktor utama dalam sistem kekebalan. Sumber makan yang banyak mengandung zat seng antara lain susu sapi dan kambing , jamur tiram, ayam kampung, kambing biri-biri, biji-bijian, kacang dan sayuran hijau. Lihat gambarnya
Membaca Penyakit tubuh lewat Telapak Tangan

berbicara dengan simbol-simbol yang akan anda temukan sewaktu menganalisis telapak tangan.ini juga perlu

TANDA-TANDA PADA JARI

KELINGKING
Bengkok
Pertanda :

Organ saraf dalam jantung mengalami permasalahan.
Menggambarkan masalah tulang punggung kita ada yang tidak pada tempatnya (kalau diraba menonjol) atau kendor karena kecelakaan, sehingga mengakibatkan terganggunya saraf tulang belakang, kalau terjadi pada bagian atas akan berpengaruh pada otak dan jika terletak pada bagian bawah akan mengganggu alat reproduksi, sehingga pada wanita biasanya punya masalah pada rahim.
Kelingking bengkok juga dapat menandakan pada wanita sering melahirkan, pernah operasi.
Menggambarkan tingkat stress seseorang.
Pernah mengalami panas tinggi sehingga menyebabkan mata minus.
Kalau yang bengkok atasnya saja pada perempuan rahimnya jatuh (turun), kesan yang timbul adalah sakit pinggang.

Runcing
Pertanda : amati jari kelingking runcing. Ini menggambarkan ketidaksuburan pada wanita.

JARI MANIS
Bengkok
Pertanda : mempunyai permasalahan pada saraf sistem imunitas tubuh, dan mempunyai permasalahan pada usus halus.

JARI TENGAH
Bengkok
Pertanda : mempunyai permasalahan pada organ selaput jantung, biasanya sering kaget.

JARI TELUNJUK
Bengkok
Pertanda : mempunyai permasalahan pada saraf usus.

IBU JARI
Tipis
-Pertanda : mempunyai sinusitis atau punya masalah alergi.
Gurat-gurat biru atau hijau pada pangkal ibu jari
-Pertanda : mempunyai masalah pada paru-paru. Jika guratan tersebut sampai pada kuku ibu jari maka orang tersebut terkena-sinusitis. Menggambarkan pula adanya alergi. Tanda-tanda alergi adalah : Rambut rontok, jerawat dimuka, bersin pada waktu pagi, salesma atau flu, sembelit, wasir yang serius. Pada punggung terdapat bintik-bintik merah, sering sakit gigi, kuku rusak , mata merah dan gatal, telinga berair dan timbul bisul, mulut baud an asma.

Ada Benjolan
Pertanda : Menandakan adanya penyakit amandel. Gangguan pada kelenjar Thyroid.

Gurat biru melingkar
Pertanda : mempunyai penyakit mag/ gastric, migrant, pertanda pula menunjukan wasir.

SEMUA JARI
Semua jari menipis
Pertanda : mempunyai sakit diabetes militus dan pinggang menjadi mengecil

TANDA-TANDA LAIN PADA JARI

Pembengkakan
Pertanda : gangguan pada fungsi ginjal karena yang mengolah air dalam tubuh adalah ginjal. Biasanya ditandai adanya kantong air dibawah mata.

Penciutan
Pertanda : menandakan organ ginjal kekurangan cairan sehingga mengganggu fungsi ginjal. Ginjal memerlukan air untuk perawatannya. ( sebaiknya minimal 2,5 liter/hari.

Kerutan-kerutan
Pertanda : jika ada kerutan-kerutan memanjang dari pangkal jari sampai buku jari kedua ini menunjukan adanya gangguan pada fungsi ginjal yang sudah sampai pada masalah buang air kecil.

Ujung jari merah
Pertanda : kandungan kolestrolnya tinggi. Semakin merah semakin tinggi kadar kolestrolnya.

Ruas Jari Hitam
Pertanda : terlalu banyak karbon atau tokosid pada usus sehingga biasanya mengganggu pada buang air besar yang menyebabkan sembelit atau terlalu sering. Biasanya ini juga pertanda angin sudah menyebar kebagian sendi sehingga mudah sakit dipersendian.

Gurat-Gurat Biru
Pertanda : jika pada jari ada gurat-gurat biru atau hijau pada telapak tangan berwarna putih (pucat) atau binti-bintik merah menandakan dalam keadaan stress.


3.3 Penutup
Diagnosa penyakit dengan menggunakan analisa telapak tangan sebagaimana dijelaskan di atas, sifatnya hanya untuk memperkirakan masalah (karena adanya faktor fisiologis) sehingga perlu dipadukan dengan analisa penyakit dengan cara yang lain untuk mendapatkan tingkat akurasi (ketepatan) 100%. Untuk mendapatkan ketrampilan dalam menganalisis penyakit melalui telapak tangan ini diperlukan banyak mempraktekannya pada pasien (disarankan sampai 1000 pasien). Di samping itu belajar pada si pasien sangat membantu dalam meningkatkan ketrampilan ini, yaitu melalui counter cek pertanyaan kepada pasien.
1 Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemhannya, Edisi Baru Revisi, (Semarang, 1989)
2 Lihat, Tn. Hj. Ismail bin Ahmad, Buku Panduan Intibah Seri II, (Malaysia, 2003), hal. 35
3 Reflexology adalah suatu bentuk terapi komplementer dengan melakukan massage (pemijatan) telapak kaki. Setiap daerah kaki dianggap bersesuaian dengan bagian tubuh tertentu. Lihat, Cristine Brooker, Kamus Saku Keperawatan, edisi 31(Jakarta, 2001), hal. 335. Dalam prakteknya di lapangan sebagian refleksologis (ahli refleksi) selain melakukan massage pada telapak kaki juga melakukan massage pada telapak tangan sebagai terapi pengobatannya (ed).
4 Pengertian sembelit dalam Perubatan Jawi berbeda dengan sembelit dalam terminologi medis. Menurut pandangan Perubatan Jawi ketika seseorang tidak buang air besar lebih dari 14 jam sudah termasuk sembelit, sedangkan dalam terminologi medis seseorang baru dikatakan sembelit jika tidak buang air besar lebih dari 24 jam. (ed)
5 Tn. Haji Ismail bin Ahmad, Op.Cit., hal. 42
6 Ibid.
7 Diabetes mellitus adalah penyakit yang sering dijumpai sebagai akibat dari defisiensi insulin atau penurunan efektifitas kerja insulin. Brooker, Op.Cit. hal. 127
8 Hypertension atau hipertensi adalah tekanan darah tinggi di atas angka normal yang diperbolehkan berdasarkan usia. Ibid., hal. 205
9 Asam urat (uric acid) adalah senyawa yang berasal dari metabolisme purin, yang merupakan unsur pembentuk asam nukleat (nucleic acid) dan sebagian makanan serta minuman. Asam urat diekresikan oleh ginjal dan dapat membentuk batu ginjal. Asam urat sering disebut juga gout yaitu kelompok kelainan metabolik dimana terjadi peningkatan kadar asam urat. Ibid., hal 184 dan 442.
11 Karsinogen (carcinogen) adalah unsur yang menyebabkan atau yang merupakan faktor predisposisi terjadinya kanker, misalnya zat kimia tertentu atau virus. Brooker, Op.Cit., hal. 75
12 Hal ini didasarkan pada hasil pengamatan terhadap pasien dan pengalaman yang diperoleh di lapangan.
14 A. Setiono Mangoenprasodjo, Detoksifikasi Terapi Puasa Menuju Sehat, (Yogyakarta, 2004), hal 1
15 Didik Hermawan, Bahagianya Menjadi Ibu (Surakarta, 2004), hal. 75-76
16 Kolesterol (cholesterol) adalah suatu senyawa sterol yang ditemukan dalam banyak jaringan hewan. Merupakan unsur penting yang membentuk membran sel dan sebagai precursor banyak molekul biologis seperti steroid, garam empedu serta vitamin D. Tetapi bila kadarnya tinggi dalam darah dapat mengakibatkan peningkatan insidensi penyakit arteri dan batu empedu. Brooker, Op.Cit. hal. 89
17 Migren (migraine) adalah suatu keadaan yang ditandai dengan nyeri kepala periodik yang berat, mual, gangguan visual dan manivestasi neurologis lainnya. Migraine dapat disebabkan oleh perubahan pada pembuluh darah ekstrakarnial dan dipicu oleh pelbagai faktor seperti cahaya yang terang, makanan tertentu,stress dll. Ibid. hal. 265
18 Stroke adalah istilah popular untuk kejadian mendadak (pendarahan, embolus atau trombosis) yang mengenai pasokan darah serebral. Ibid., hal 403
19 Alergi adalah reaksi hipersensitivitas terhadap suatu alergen (bahan penyebab alergi) tertentu yang biasanya berupa protein dalam pollen, makanan, obat, debu rumah dan bulu binatang. Ibid., hal. 16
20 Sinusitis adalah inflamasi sinus, khususnya membran mukosa yang melapisi sinus paranasal. Ibid., hal. 385
22 Tiroid (thyroid), berkaitan dengan kelenjar tiroid (thyroid gland) yaitu kelenjar endoktrin yang terdiri atas dua lobus dan terletak pada masing – masing sisi trakea. Ibid., hal. 421
23 Ovary (ovaries) adalah kelenjar gonat wanita. Dua struktur kecil yang terletak pada kedua sisi uterus. Ibid., hal. 299
24 Prostat (prostate) adalah kelenjar sebesar kenari yang mengelilingi erutra dan leher kandung kemih laki – laki. Ibid., hal. 339
25 Uterus adalah organ muskuler berbentuk buah per dan berongga yang terletak di dalam pelvis. Ibid., hal 444
26 Fibroid adalah suatu tumor yang tersusun dari jaringan fibrosa dan otot. Ibid., hal. 163
27 Endometritis adalah inflamasi (peradangan) endometrium yaitu membran yang melapisi bagian dalam uterus. Ibid., hal. 147
28 Tn. Hj. Ismail bin Ahmad, Op.Cit., hal. 47
29 Biasanya bengkok ke arah kiri atau kanan. Pada orang laki – laki jari kelingking bengkok mengindikasikan adanya masalah di tulang belakang. Biasanya orang yang bersangkutan pernah mengalami kecelakaan ata terjatuh di masa lampau (ed).
31 Prolapsus (prolapse), keadaan merosot atau turun, misalnya uterus, rectum dan umbikulum. Brooker, Op.Cit., hal. 338
32 Tn. Hj. Ismail bin Ahmad, Nota Kuliah Intibah, 2004
32 Tn. Hj. Ismail bin Ahmad, Buku Panduan Intibah Seri II, Op.Cit., hal. 49
34 Tn. Hj. Ismail bin Ahmad, Ibid., hal. 50 -51
35 Ibid., hal. 53

sumber:
http://hakimuddinhumam.blogspot.com/2013/04/diagnosa-penyakit-melalui-analisa.html
https://www.deherba.com/deteksi-gangguan-kesehatan-hanya-dari-telapak-tangan.html
https://pijatmantapbandung.wordpress.com/2015/04/28/deteksi-lewat-jari-tangan-dan-telapak-tangan/

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...