Home / Religi / Setan Dan 9 Caranya Dalam menyesatkan Manusia

Setan Dan 9 Caranya Dalam menyesatkan Manusia

Setiap manusia harus waspada kepada godaan setan yang selalu menyesatkannya. Di dalam Al-Qur’an disebutkan ada sembilan cara yang dilakukan setan dalam menyesatkan manusia, yaitu sebagai berikut,

1. MEMBISIKKAN KEJAHATAN

Merusak hati merupakan sasaran antara dalam menyesatkan manusia, karena setan membisikkan kejahatan ke dalam hati manusia. Allah swt. berfirman:
“Katakanlah,’ Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikkan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (ejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (An-Naas: 1-6)

2. MEMBUAT LUPA LARANGAN

Membuat lupa manusia terhadap apa yang dilarang Allah menjadi penting bagi setan, karenanya ia tempuh cara ini. Allah swt. berfirman:
“Apabila engkau (Muhammad) melihat orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka hingga mereka beralih kepada pembicaraan lain. Dan jika setan benar-benar menjadikan engkau lupa (akan larangan ini), setelah ingat kembali janganlah engkau duduk bersama orang-orang yang zalim.” (Al-An’aam: 68)
3. MENUMBUHKAN ANGAN-ANGAN KOSONG

Angan-angan kosong akan membuat manusia lalai dan lengah sehingga mau masuk surga tanpa usaha yang sungguh-sungguh, karenanya setan tanamkan ke dalam hati dan pikiran manusia. Allah swt. berfirman;
“Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka….” (An-Nisaa’: 119)

4. MEMANDANG BAIK PERBUATAN YANG BURUK

Memandang baik perbuatan yang buruk akan membuat manusia semakin banyak melakukan kemaksiatan, inilah yang ditanamkan suatu ke dalam hati dan pikiran manusia. Allah berfirman:
“Maka apakah pantas orang yang dijadikan tersa indah perbuatan buruknya, lalu menganggap baik perbuatan itu.” (Faathir: 8)

5. MENYAMPAIKAN JANJI-JANJI PALSU

Aar manusia sesat, setan mengiming-imingi dengan janji palsu yang membuat manusia menyesal dalam kehidupan akhirat. Allah swt. berfirman:
“Dan setan berkata ketika perkara (hisab) telah diselesaikan. Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu kamu lalu kamu mematuhi suaraku, oleh sebab itu jangnlah kamu menerca aku, tetapi cercalah dirimu sendiri.” (Ibrahim: 22)

6. MELAKUKAN TIPU DAYA

Meskipun tipu daya setan lemah, ternyata banyak manusia yang berhasil disesatkan setan. Allah berfirman:
“Orang-orang yang beriman, mereka berpegang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berpegang di jalan Thagut, maka perangilah kawan-kawan setan itu, (karena) sesungguhnya tipu day setan itu lemah.” (An-Nisaa’: 76)

7. MEMALINGKAN MANUSIA DARI JALAN ALLAH

Memindahkan manusia dari jalan hidup yang yang benar ke jalan hidupa yang batil merupakan sesuatu yang diinginkan setan. Allah swt berfirman:
“Dan janganlah sekali-kali kamu dipalingkan oleh setan; sungguh, setan itu musuh yang nyata baginu.” (Az-Zukhruf: 62)

8. MENANAMKAN PERMUSUHAN

Permusuhan antar manusia akibat godaan setan, sehiingga terjadi sesuatu yang sangat tragis di antara sesamanya. Allah swt. berfirman:
“Mereka tidak akan berhenti memerangi kau sampai kamu murtad (keluar) dar agamamu, jika kamu sanggup.” (Al-Baqarah: 217)

9. MENIMBULKAN PERSELISIHAN

Perselisihan yang menyebabkan perpecahan dan permusuhan merupakan hal harus diwaspadai. ALlah swt. berfirman:
“Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku,’ Hendaklah mereka mengucapakan perkataan yang lebih baik (benar). Sungguh, setan itu (selalu) menimbulkan perselisihan diantara mereka. Sungguh, setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (Al-Israa’: 53)

Check Also

Kisah Menakjubkan Layla Halwa Sembuh Dari Kanker Kulit Dengan Air Zam Zam

Manfaat Air Zam zam Air perigi yang paling baik adalah air zam zam, ia adalah ...

...