Home / Artikel Kesehatan / Trik Aneh mengusir lalat ini ternyata ampuh dan Ilmiah

Trik Aneh mengusir lalat ini ternyata ampuh dan Ilmiah

Ini adalah trik yang patut dicoba meski kelihatan aneh tapi di Indonesia sudah banyak dipakai di warung-warung makan,ingat ini bukan Klenik dan ritual nyeleneh tapi ilmiah kok.
Nyamuk, lalat adalah serangga musim panas yang paling membosankan. Selain sangat berani dengan berdengung terus-menerus di sekitar kita, terutama di sekitar makanan, sampah dan yang menjijikkan adalah karena mereka bisa menjadi pembawa berbagai infeksi.

Sebuah trik yang benar-benar membantu dan mungkin yang Anda butuhkan untuk menyingkirkan lalat cepat tanpa membunuhnya adalah
salah satu tas plastik bening , sedikit air, tali dan beberapa koin (opsional)

Kombinasi bahan diatas tampaknya aneh, tapi setiap item cukup signifikan.videonya

Setengah dari tas plastik bening harus diisi dengan air, masukkan koin ke dalamnya dan mengikatnya. Kemudian meletakkannya di depan dan balkon pintu, jendela atau di mana Anda suka.

Cahaya yang akan tercermin melalui air akan menolak lalat dan koin akan terlihat sebagai ancaman besar bagi lalat.

bagaimana bisa terjadi?

ini penjelasan ilmiahnya
kenapa ya lalat bisa takut sama kantung plastik berisi air?
Trik Aneh mengusir lalat ini ternyata ampuh dan Ilmiah

Lalat memiliki konstruksi mata yang unik. Hewan ini memiliki mata majemuk yang menempati sebagian besar kepalanya dan juga tiga mata di antara dua mata majemuk. Karena mata majemuknya ini, lalat juga memiliki kesadaran sensorik yang sangat baik dan kemampuan manuver udara yang cekatan. Inilah penyebab mengapa lalat sangat sulit dipukul. Mata lalat terdiri dari sepasang mata besar kompleks. Setiap mata kompleks tersebut terdiri dari 3000 sampai 6000 mata sederhana. Lalat tidak dapat memusatkan perhatian pada sebuah objek tertentu di lingkungan sekitarnya, tapi lalat justru memiliki pandangan hampir menuju ke segala arah.

Selain itu, lalat juga memiliki tiga mata tambahan sederhana yang disebut ocelli. Ocelli ini terletak diantara dua mata majemuk. Fungsi kerjanya mirip kompas, dengan mata ini lalat dapat mengetahui arah terbangnya. Ocelli dapat bekerja maksimal di daerah yang diterangi sinar matahari.

Ketika kantung plastik berisi air digantung, air akan membiaskan cahaya. Cahaya yang datang akan dibelokkan saat cahaya tersebut melewati air. Dengan demikian bayangan yang muncul juga akan bergeser dari letak objek sebenarnya. Pembiasan ini yang mendasari penggunaan kantong plastik air. Pembiasan terjadi ketika objek yang jelas atau buram, seperti sepotong kaca atau kantong air mengubah arah dan kecepatan cahaya. Ilusi optik ini yang diharapkan dapat membuat bingung lalat sehingga terbang menjauh.

nah kuncinya kantung air tadi berguna ada efek jika terkena sinar matahar/cahaya ,terjadinya pembiasan cahaya membuat lalat bingung dan tidak nyaman, ini juga dibuktikan oleh seorang peneliti Prof Mike Stringham ahli serangga dari Notingharm ,North Carolina State University Di Amerika telah menguji mengusir lalat dengan memakai kantung air di dua peternakan yang minim cahaya selama 12 pekan dan hasilnya malah kantung air plastik yg tidak terkena cahaya tadi ,menjadi lokasi favorit lalat.

Mengusir lalat dengan cara ini memang cukup efektif karena tidak membutuhkan banyak biaya dan tenaga, juga tidak perlu membunuh lalat. Tahukah kamu, bahwa ternyata lalat pun memiliki fungsi dan peran penting dalam mengurangi sampah di sekitar kita. Larva lalat ternyata bermanfaat untuk mengurangi jumlah limbah biologis di muka bumi.

sumber : http://sains.me/1843/alasan-lalat-takut-pada-kantong-plastik-berisi-air.html/

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...