Home / Artikel Kesehatan / Sakit Kepalamu,Tanda Sakit Apa ya?

Sakit Kepalamu,Tanda Sakit Apa ya?

Kebanyakan dari kita menyadari bahwa rasa sakit dikepala yang tanpa berhenti rasa sakitnya bak sengatan petir di dalam tulang tengkorak kita , beban berat terasa di belakang mata, dan kadang suara bergema di sepanjang telinga kita adalah alarm tubuh bahwa kita sedang sakit. Menakjubkan 90% dari orang- orang melaporkan mengalami sakit kepala sesekali saja,dimana rasa sakit dikepala itu datang dalam bentuk rasa sakit yang tajam atau sensasi berdenyut ringan. Tapi sebenarnya sakit kepala cukup panjang bahasannya dalam ilmu kedokteran, mari sedikit kita memahami tentang sakit kepala

Etiologi sakit kepala

Sakit kepala dapat disebabkan berbagai penyebab kedua yang jinak dan lebih serius. G.Peritz (.. 3ied Klin, ik, 5 Agustus 1927, p 1169)
mengklasifikasikan sakit kepala sebagai:

1. Gangguan organik, yang disebabkan oleh otak tumor, meningitis, hidrosefalus dan sifilis
2. Gangguan fungsional, yang disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan, kelelahan, anemia, asam urat, penyimpangan endokrin, obesitas, intoksikasi, dan tercermin dari nyeri.

Sakit kepala itu sendiri adalah salah satu keluhan fisik paling utama manusia. Sakit kepala pada kenyataannya adalah gejala bukan penyakit dan dapat menunjukkan penyakit organik ( neurologi atau penyakit lain), respon stress, vasodilatasi (migren), tegangan otot rangka (sakit kepala tegang) atau kombinasi respon tersebut (Brunner & Suddan ).

sebelum lebih lanjut sebaiknya kita pahami dulu istilah dan maksud

Apa itu Intrakranial ?
Istilah suatu ruang dalam tulang tengkorak manusia
Bangunan-bangunan intrakranial yang peka nyeri terdiri dari meninges, terutama dura basalis dan meninges yang mendindingi sinus venosus serta arteri-arteri besar pada basis otak. Sebagian besar dari jaringan otak sendiri tidak peka nyeri.

Ruang intracranial adalah suatu ruangan kaku yang terisi penuh sesuai kapasitasnya dengan unsure yang tidak dapat ditekan: otak (1400 g), cairan serebrospinal (sekitar 75 ml), dan darah (sekitar 75 ml). Peningkatan volume pada salah satu dari ketiga unsur utama ini mengakibatkan desakan ruang yang ditempati oleh unsure lainnya dan menaikan tekanan intracranial

Sakit Kepalamu,Tanda Sakit Apa ya?

Tekanan intracranial ialah tekanan dalam ruang tengkorak, berdasarkan hipotesis Monro-Kellie : merupakan jumlah volume darah intracranial, jaringan otak, cairan otak yang bersifat tetap, karena berada dalam ruang tengkorak yang bersifat kaku, tekanan tersebut menjalar ke setiap sisi ruangan di dalam tengkorak.

Sakit Kepalamu,Tanda Sakit Apa ya?

Tekanan intra cranial normal, tergantung usia. Pada bayi tekanan berkisar 1,5 – 6 mmHg, anak-anak 3-7 mmHg, dan dewasa tekanan berkisar < 10-15 mmHg. TIK tidak dalam kondisi statis, tetapi dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain tekanan sistolik jantung dan perubahan tekanan dalam pernafasan.
Tekanan intracranial dihasilkan oleh volume otak sekitar 1400 ml pada orang dewasa, cairan serebrospinal 75 cc, sirkulasi darah otak sekitar 75 cc. Berat otak sekitar 2 % dari total berat tubuh, pada kondisi istirahat menerima darah sekitar 15 % dari cardiac output dan 20 % pada kondisi akitivitas.
PENGERTIAN
Peningkatan tekanan intracranial atau TIK (intracranial pressure, ICP) didefinisikan sebagai peningkatan tekanan dalam rongga kranialis.
Peninggian tekanan intrakranial merupakan penyebab kematian tersering pasien bedah saraf.
kembali ke Sakit kepala
Pada kelompok pertama rasa sakit tidak lokal, tapi didistribusikan melalui kepala, kadang-kadang sakit kepala datang tiba-tiba-dengan tingkat keparahan yang intens. Hal ini tergantung pada peningkatan mendadak atau bertahap (dalam kasus tumor) dari tekanan intrakranial. Cepat atau lambat tanda-tanda penyakit intrakranial menjadi nyata dan didiagnosis. Bentuk sakit kepala sering lega dengan pungsi lumbal dilakukan untuk membantu dalam diagnosis dokter.

Sakit kepala asal sifilis adalah 2 jenis: yang nyata lokal di tulang dan periosteum, dan sering hasil dari iritasi saraf meninges; bentuk lainnya tidak dapat dibedakan dari sakit kepala fungsional, dan mungkin juga timbul dari tingkat sedikit meningitis.

Sakit kepala fungsional myalgic, bukan dari otak atau meningeal asal. Mialgia adalah kontraksi otot parsial, dan tingkat rasa sakit adalah berbanding terbalik dengan resistensi dari sistem saraf. Kontraksi otot menyebabkan produksi asam laktat, yang, jika suplai oksigen tidak mencukupi untuk mengubahnya menjadi glikogen dan karbonat

asam, tidak dihapus dari otot dan hasil mialgia.
Kelelahan setelah berjalan ini disebabkan oleh kelebihan asam laktat yang dihasilkan pada otot. Sakit kepala kelelahan dan terlalu banyak pekerjaan adalah hasil produksi berlebihan asam laktat pada orang dengan perkembangan otot yang buruk.

Pada orang dengan anemia isi hemoglobin berkurang dari darah menyebabkan kekurangan pasokan oksigen ke otot, dan akumulasi asam laktat. Demikian pula, pada orang gout mialgia yang disebabkan oleh asam urat, penghapusan normal yang mengganggu, menghasut kontraksi jaringan otot dan mialgia.

dalam dunia farmasi Obat modern mengakui ada 200 jenis sakit kepala tergantung pada asal mereka

Sakit kepala sakit, tapi mereka tidak menyebabkan rasa sakit ke otak itu sendiri. Jaringan otak itu sendiri tidak sensitif terhadap rasa sakit karena tidak memiliki reseptor rasa sakit. Sebaliknya, rasa sakit disebabkan oleh gangguan struktur nyeri-sensitif di sekitar otak.

Sembilan daerah kepala dan leher memiliki struktur yang sakit-sensitif, yang merupakan tengkorak (periosteum tengkorak), otot, saraf, pembuluh darah (yang arteri dan vena), jaringan subkutan, mata, telinga, sinus dan mukosa membran.

Ada sejumlah sistem klasifikasi yang berbeda untuk sakit kepala. Sumur-diakui adalah bahwa dari International Headache Society. Saraf memberitahu otak bahwa itu mengalami pembengkakan, pengetatan, dan tekanan mengagitasi lainnya, dan otak berkomunikasi ini melalui rasa sakit.

Apa yang bisa memicu sakit kepala?

Ada beberapa jenis pemicu yang dapat menyebabkan serangan nyeri. Beberapa orang menderita sakit kepala akut selama aktivitas seksual, biasanya dalam hitungan detik orgasme, sementara yang lain mengalami sakit secara bertahap sebagai rangsangan seksual membangun dalam tubuh.

Berikut adalah daftar alasan paling umum mengapa orang mengalami sakit kepala dan penggolongan dari jenis nyeri:

1. Stres hampir selalu memicu sakit kepala ketegangan – jenis yang paling umum dari sakit kepala orang dewasa menderita.

2. Kafein dan kecanduan alkohol keduanya terkait dengan berbagai jenis sakit kepala, juga. Sementara alkohol memperluas pembuluh darah dan meningkatkan tekanan di sekitar tengkorak, kafein, atau kurangnya agak, menyebabkan sakit kepala karakteristik gejala penarikan.

3. Kabar buruk bagi orang-orang dengan alergi: mereka 14 kali lebih mungkin mengalami migrain – jenis yang lebih kronis dan menyakitkan sakit kepala. antihistamin yang penumpukan dalam tubuh sebagai reaksi terhadap alergen menyebabkan pembuluh darah mengerut dan menciptakan tekanan. Perubahan cuaca yang mempengaruhi suhu, bau, cahaya dan elevasi juga menyebabkan sakit kepala.

4. Makanan tertentu memiliki efek yang sama, seperti cokelat, keripik kentang, produk susu, dan pemanis aspartam buatan.

5. Terakhir, Anda tidak harus membungkuk, duduk terlalu lama di posisi yang sama atau mengepalkan rahang Anda. Tidak hanya itu buruk bagi otot, tulang, dan sistem peredaran darah Anda, tetapi juga dapat menyebabkan jangka panjang nyeri kepala!

Ringkasan:

Sakit kepala adalah gejala non-spesifik, yang berarti bahwa ia memiliki banyak kemungkinan penyebab, termasuk kelelahan dan kurang tidur, stres, efek dari obat-obatan dan narkoba, infeksi virus dan masuk angin, cedera kepala, menelan cepat dari makanan yang sangat dingin atau minuman, masalah gigi atau sinus, dan banyak lagi.

Pengobatan sakit kepala tergantung pada penyebab yang mendasarinya, tetapi umumnya diobati dengan obat pembunuh rasa sakit.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...