Home / Artikel Kesehatan / Kenali 20 Gejala dini Kanker yang Mematikan tapi diabaikan para wanita

Kenali 20 Gejala dini Kanker yang Mematikan tapi diabaikan para wanita

Jangan mengandalkan tes laborat rutin saja untuk melindungi Anda dari kanker. Ini sama pentingnya untuk mendengarkan  alarm pada tubuh Anda dan melihat sesuatu yang berbeda, aneh, atau sukar dijelaskan.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang sering diabaikan:
1. Mengi atau sesak napas
Salah satu tanda-tanda pertama banyak pasien kanker paru-paru ingat memerhatikan adalah ketidakmampuan untuk menangkap nafas mereka.

2. kronis batuk atau nyeri dada
Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia dan tumor paru-paru, dapat menyebabkan gejala yang menyerupai batuk buruk atau bronkitis. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan sakit dada yang meluas sampai ke bahu atau bawah lengan.

3. Sering demam atau infeksi
Ini dapat menjadi tanda leukemia, kanker sel darah yang dimulai di sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum memproduksi sel darah putih yang abnormal, melemahnya kemampuan melawan infeksi tubuh Anda.

4. Kesulitan menelan
Menelan kesulitan yang paling sering dikaitkan dengan esofagus atau kanker tenggorokan, dan kadang-kadang merupakan salah satu tanda-tanda pertama dari kanker paru-paru, juga.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening atau benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan
Kelenjar getah bening membesar menunjukkan perubahan dalam sistem limfatik, yang dapat menjadi tanda kanker.

6. memar yang berlebihan atau perdarahan yang tidak berhenti
Gejala ini biasanya menunjukkan sesuatu yang terjadi yang abnormal dengan platelet dan sel darah merah, yang dapat menjadi tanda leukemia. Seiring waktu, sel-sel leukemia mendesak sel-sel darah merah dan trombosit, mempengaruhi kemampuan darah untuk membawa oksigen dan menggumpal.

7. Kelemahan dan kelelahan
Pada umumnya kelelahan dan kelemahan adalah gejala dari begitu banyak jenis kanker yang Anda harus melihat dalam kombinasi dengan gejala lainnya. Tetapi setiap kali Anda merasa lelah tanpa penjelasan dan tidak menanggapi mendapatkan lebih banyak tidur,maka temuin dokter Anda.

8. Kembung atau berat badan perut
Wanita yang didiagnosis dengan kanker ovarium sangat melaporkan perut kembung dijelaskan bahwa datang cukup tiba-tiba dan terus on dan off selama periode waktu yang panjang.
9. Merasa penuh dan tidak bisa makan
Ini adalah satu lagi tip-off untuk kanker ovarium; wanita mengatakan mereka tidak memiliki nafsu makan dan tidak bisa makan, bahkan ketika mereka belum makan selama beberapa waktu.
10. panggul atau nyeri perut
Nyeri dan kram di panggul dan perut dapat berjalan beriringan dengan kembung yang sering sinyal kanker ovarium. Leukemia juga dapat menyebabkan sakit perut akibat pembesaran limpa.
11. rektal perdarahan atau darah dalam tinja
Ini adalah hasil umum dari mendiagnosa kanker kolorektal. Darah di toilet sendiri adalah alasan untuk memanggil dokter dan jadwal kolonoskopi.
12. berat badan Unexplained
Berat badan adalah tanda awal usus besar dan kanker pencernaan lainnya; itu juga merupakan tanda kanker yang menyebar ke hati, yang mempengaruhi nafsu makan dan kemampuan tubuh Anda untuk melepaskan diri dari limbah.
13. Sakit perut atau sakit perut
Kram perut atau sering sakit perut dapat menunjukkan kanker kolorektal.
14. Sebuah payudara merah, sakit, atau bengkak
Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan kanker payudara inflamasi. Hubungi dokter Anda tentang perubahan dijelaskan untuk payudara Anda.
15. Perubahan Nipple
Salah satu perubahan yang paling umum wanita ingat memperhatikan sebelum didiagnosa dengan kanker payudara adalah puting yang mulai muncul diratakan, terbalik, atau berbalik ke samping.
16. periode Luar biasa berat atau menyakitkan atau perdarahan antara periode
Banyak wanita melaporkan ini sebagai ujung-off untuk endometrium atau kanker rahim. Meminta USG transvaginal jika Anda mencurigai sesuatu yang lebih dari periode yang berat rutin.
17. Pembengkakan fitur wajah
Beberapa pasien dengan kanker paru-paru laporan memperhatikan bengkak, bengkak, atau kemerahan di wajah. Tumor paru sel kecil umumnya memblokir pembuluh darah di dada, mencegah darah mengalir dengan bebas dari kepala dan wajah.
18. Sebuah benjolan sakit atau kulit yang tidak sembuh-sembuh, menjadi berkerak, atau mudah berdarah
Membiasakan diri dengan berbagai jenis kanker kulit – melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa – dan waspada tentang memeriksa kulit di seluruh tubuh Anda untuk pertumbuhan atau bintik-bintik yang tampak aneh.
19. Perubahan kuku
Perubahan dijelaskan pada kuku bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker. Sebuah beruntun cokelat atau hitam atau dot di bawah kuku dapat mengindikasikan kanker kulit, sementara baru ditemukan “clubbing” – pembesaran ujung jari dengan kuku yang kurva ke bawah tips – bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Kuku pucat atau putih kadang-kadang bisa menjadi tanda kanker hati.
Nyeri 20. di belakang atau samping kanan bawah
Banyak pasien kanker mengatakan ini adalah tanda pertama dari kanker hati. Kanker payudara juga sering didiagnosis melalui sakit punggung, yang dapat terjadi ketika tumor payudara menekan mundur ke dada, atau ketika kanker menyebar ke tulang belakang atau tulang rusuk.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...