Home / Artikel Kesehatan / Mengapa Lidah Saya putih ? Gejala Aneh Lidah Dan Faktanya

Mengapa Lidah Saya putih ? Gejala Aneh Lidah Dan Faktanya

Lidah, sering disebut sebagai otot terkuat dalam tubuh, tidak banyak bagi kita. Tanpa itu kita tidak akan mampu berbicara atau makan, Mari sama Memeriksa empat hal aneh yang dapat terjadi pada lidah kita.
Lidah geografis (Peta Tongue)

 Mengapa Lidah Saya putih ? Gejala Aneh Lidah Dan Faktanya

Kabar baik tentang lidah geografis adalah bahwa itu sebenarnya tidak berbahaya – itu jinak dan tidak dikaitkan dengan jenis infeksi atau kanker. Kabar buruknya adalah bahwa hal itu membuat lidah Anda terlihat (kejutan) seperti peta. Lidah yang sehat ditutupi miniscule, benjolan merah muda-putih yang disebut papila. Dengan lidah peta, patch pada permukaan lidah yang hilang papila, sehingga mereka terlihat merah dan halus, dengan batas sedikit terangkat. Kadang-kadang patch ini akan sembuh dalam satu area, hanya untuk bermigrasi ke lain.

Sebagai menjengkelkan dan aneh yang tampak sebagai kondisi ini, itu tidak perlu khawatir. Hanya mempengaruhi 1 sampai 3 persen orang, tetapi bisa terjadi pada siapa saja pada usia berapa pun. Tidak ada yang benar-benar pasti apa yang menyebabkan lidah geografis, tetapi sebagian besar waktu itu hanya hilang sendiri. Jika kondisi menyebabkan setiap sensitivitas atau peradangan, yang dapat melakukan kadang-kadang, dokter gigi dapat meresepkan penghilang rasa sakit, anti-inflamasi, atau suplemen.

Hitam Lidah berbulu
 Mengapa Lidah Saya putih ? Gejala Aneh Lidah Dan Faktanya

Mungkin yang paling menarik dari semua kondisi lidah, lidah berbulu hitam membuat lidah seseorang tampak gelap dan berbulu. Sekali lagi, kondisi ini mengejutkan tidak berbahaya, dan itu untungnya sementara. Munculnya lidah berbulu hitam berasal dari terlalu banyak bakteri atau pertumbuhan jamur di mulut, yang menyebabkan penumpukan pada papila. Hal ini menyebabkan papila untuk tumbuh dan memperpanjang bukannya shedding cara mereka biasanya lakukan, yang menciptakan rambut seperti proyeksi yang dapat mencapai 15 kali panjang normal papilla a.

Lidah hitam berbulu memiliki cukup faktor risiko beberapa – kebersihan mulut yang buruk, merokok, minum banyak kopi, menjadi dehidrasi, dan menggunakan antibiotik, untuk beberapa nama. Untungnya, membersihkan kondisi ini dicapai dengan kebersihan mulut yang sederhana. Benar-benar menyikat gigi dan membersihkan lidah adalah cara terbaik untuk memerangi penampilan yang aneh, bersama dengan minum banyak air. Dan bersama dengan seluruh tubuh Anda, Anda akan terima lidah Anda jika Anda berhenti merokok.
Lidah pecah-pecah

 Mengapa Lidah Saya putih ? Gejala Aneh Lidah Dan Faktanya

Kondisi ini menggambarkan lidah dengan alur atau retak pada permukaan atas lidah. Celah ini bervariasi secara mendalam, meskipun sering ada celah yang menonjol di tengah lidah. Kondisi ini ditemukan pada sekitar 5 persen dari populasi, meskipun lebih sering terjadi pada laki-laki dan usia orang. Lidah pecah-pecah juga muncul dalam sebanyak 80 persen anak-anak dengan sindrom Down. Penyebab lidah pecah-pecah tidak diketahui, tetapi juga tidak berbahaya. Hal ini terkait dengan tidak ada gejala, sehingga tidak ada perawatan yang dianggap perlu.

Leukoplakia

 Mengapa Lidah Saya putih ? Gejala Aneh Lidah Dan Faktanya

Leukoplakia mengacu tebal, bercak putih yang terbentuk pada bagian dalam pipi, gusi, dan lidah. Patch tidak dapat dikerok. Dokter, seperti kebanyakan kondisi lidah lain, tidak tahu apa yang menyebabkan langsung leukoplakia, tapi mereka telah menunjuk tembakau sebagai penyebab utama dalam pengembangan kondisi ini. Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tetapi telah dikaitkan dengan kanker sebagai tanda awal. Banyak kanker terjadi di sebelah area leukoplakia terjadi pada, jadi yang terbaik untuk mengunjungi dokter gigi jika Anda melihat gejala apapun.

Check Also

Khasiat Buncis Untuk Mengobati Diabetes dan Anti Stroke

Buncis merupakan sayuran hijau menyerupai kacang panjang. Buncis memiliki tekstur renyah dan rasanya tawar agak ...

...