Home / Apotik Hidup / Ashitaba, Khasiatnya Melebihi Teh Hijau!

Ashitaba, Khasiatnya Melebihi Teh Hijau!

Pernah mendengar tanaman Ashitaba? Mendengar namanya saja pasti Anda menduga bahwa tanaman ini berasal dari Jepang. Yup, memang Anda benar. Ashitaba atau Angelica keskei adalah sayuran berwarna hijau daun yang memiliki nutrisi tinggi yang berasal dari Jepang. Khasiatnya telah terbukti terutama bagi kesehatan dan kecantikan.

Ashitaba memiliki kandungan zat antioksidan, betakaroten, klorofil, vitamin B complex, biotin, asam folik, dan vitamin C. Kandungan unsur hara dan alkaloida nya sangat kaya terutama pada daunnya. Yang luar biasa aktifitas antioksidan Ashitaba lebih kuat dibanding dengan Anggur Merah, kedelai bahkan teh hijau yang selama ini dipuja-puja sebagai sumber antioksidan terbaik.

Kandungan nutrisi pada tanaman Ashitaba sangat banyak dan beragam, membuat Ashitaba memiliki lhasiat kesehatan yang luas pula. Khasiat Ashitaba antara lain :

  1. Mengobati penyakit hati
  2. Mengobati penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker kulit
  3. Mengobati Glaukoma, mata minus plus, katarak
  4. Sumber antioksidan yang kaya
  5. Antihipertensi dan anti stroke karena ,mampu melancarkan peredaran darah
  6. Anti tumor, ini disebakan karena Ashitaba mengandung Chalcones yang bersifat antitumoregenic
  7. Melancarkan ASI, karena sifat lactogenic-nya
  8. Menyembuhkan diabetes, asam lambung, jantung koroner
  9. Menyembuhkan Asma
  10. Menurunkan kolesterol
  11. Osteoporosis
  12. Penghambat poliferasi HIV
  13. Antibakteri
  14. Anemia
  15. Memperkuat sistem imun tubuh
  16. Meningkatkan daya pikir

Cara menggunakan Ashitaba cukup mudah, daun Ashitaba dapat dikeringkan seperti daun teh untuk kemudian diseduh dengan air panas. Daun Ashitaba juga dapat digunakan dalam keadaan mentah atau direbus begitu saja, sedangkan untuk akar dan batang harus direbus terlebih dahulu, lalu sarinya diminum sebagai obat.

Untuk penggunaan dalam bentuk serbuk, satu sendok teh serbuk dicampur dengan air panas sebanyak 150 ml. Ashitaba juga dapat diolah sebagai sediaan simplisia  dalam bentuk serbuk yang dimasukkan kapsul maupun teh Ashitaba.

Di Indonesia tanaman Ashitaba tumbuh subur di daerah tertentu seperti di Dieng-Wonosobo, Sembalun-Kaki Gunung Rinjani-Lombok, dan di Trawas-Mojokerto Jawa Timur.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...