Home / Artikel Kesehatan / Bahaya kurang Tidur ,akan mempengaruhi seluruh tubuh anda

Bahaya kurang Tidur ,akan mempengaruhi seluruh tubuh anda

Kehilangan satu malam untuk dapat istirahat tidur dapat membuat Anda merasa grogi besok harinya, tapi kehilangan terlalu banyak istirahat tidur dan tentu ini membangun resiko penyakit di tubuh . Semakin banyak ilmuwan yang mempelajari manfaat tidur malam yang nyenyak, semakin mereka belajar bahwa ukuran istirahat delapan jam tidur meremajakan hampir setiap sistem dalam tubuh Anda. Dan juga, sebaliknya kehilangan waktu tidur itu dapat menghasilkan beberapa konsekuensi yang menghancurkan tubuh.

Meskipun, atau mungkin karena, etos kerja Amerika, orang yang tak kenal lelah banyak orang yang sangat sedikit waktu tidur setiap malam. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah disebut kurang tidur sebuah “epidemi kesehatan masyarakat,” diperkirakan 50-70 juta orang dewasa di AS menderita gangguan tidur dan terjaga. Dalam ukuran yang terpisah, hampir 40 persen orang melaporkan tidak sengaja tertidur setidaknya sekali dalam satu bulan terakhir.

Untuk menambahkan bahwa kurang tidur , kehilangan tidur kebanyakan bisa diperbaiki. Anda tidak dapat membayar kembali jam Anda terjawab selama seminggu dengan tidur kemudian pada akhir pekan, setidaknya sampai titik tertentu.

Efek kurang tidur lebih rentan terserang penyakit kanker.

Namun, faktanya orang yang memiliki aktifitas fisik cukup dan mampu mengatur jam tidur yang baik (antara 6-7 jam) berhubungan dengan performa kesehatan yang baik.

Sebuah Lembaga bernama US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa kekurangan tidur yang bisa menyebabkan masalah kesehatan seseorang merupakan hal yang cenderung diabaikan oleh masyarakat AS.

Lantas, sebenarnya seberapa besar kebutuhan tidur disesuaikan dengan kelompok umur seseorang? Dalam sebuah jurnal penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 silam, disebutkan bahwa ketika kelompok usia muda dan tua diminta berada di tempat tidur selam 16 jam dalam keadaan gelap setiap hari dalam beberapa hari, diketahui hasilnya bahwa peserta tua membutuhkan waktu 7,5 jam untuk tidur.

Sedangkan peserta muda relatif membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tidur yakni selama 9 jam. Dari data penelitian tersebut terungkap bahwa kebutuhan tidur kalangan muda lebih banyak karena aktifitas kesehariannya yang lebih padat dibandingkan dengan kelompok tua.

Sedangkan untuk usia dibawah kelompok muda, anak-anak pra-sekolah membutuhkan waktu tidur 11 jam dalam setiap hari, anak usia sekolah membutuhkan waktu 10 jam, remaja 9 jam, dan dewasa antara 7-8 jam. Bagi Anda yang ingin menjaga kondisi kesehatan tetap berada dalam keadaan prima tidak ada salahnya untuk mengikuti anjuran di atas.
Menyebabkan Alzheimer

Bahaya kurang tidur ternyata tidak hanya rentan menyebabkan penyakit kanker pada seseorang. Namun, ada bahaya lain yang mengintai yakni resiko terserang Alzheimer. Direktur Unit Penelitian Kesehatan Tidur Loughborough University, Profesor Kevin Morgan, mengatakan bahwa orang yang mengalami sedikit tidur akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Sementara Profesor Neurology Washington University Dr Yo-El Ju menyatakan bahwa orang yang lebih banyak memiliki waktu terjaga di tempat tidur memiliki resiko mengalami plak yang tinggi. Plak ini disebabkan oleh adanya penumpukan protein di otak yang diduga bisa menyebabkan kerusakan sel otak, bentuk yang ada pada Alzheimer, yang biasanya tertimbun selama 10-15 tahun. Dr Yo-El Ju menyatakan bahwa semua orang harus menjaga kualitas tidurnya untuk meminimalisir terkena penyakit Alzheimer ini.

Tidur yang berkualitas bukanlah terletak pada seberapa lama seseorang tidur melainkan tidur dan bangun dalam jam yang sama setiap harinya. Tidur yang terbaik terjadi ketika seseorang menunjukkan sinyal mengantuk yang besar.
Memperparah Penyakit Diabetes

Selain resiko tinggi terserang kanker dan Alzheimer, kurangnya tidur juga berpotensi dalam memperparah diabetes. Mengapa demikian? Karena ternyata kurang tidur akan menggangu kerja kelenjar adrenal untuk memproduksi DHEA atau dehidro-epiandrosteron yang merupakan senyawa untuk merangsang tidur nyenyak

 

Bahaya kurang Tidur ,akan mempengaruhi seluruh tubuh anda

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...