Home / Resep Ramuan Herbal / Panduan Takaran, Dosis Dan Cara Pakai 6 Herbal Terbaik dan Terpopuler

Panduan Takaran, Dosis Dan Cara Pakai 6 Herbal Terbaik dan Terpopuler

Mungkin Anda biasa meminum teh hijau hanya dengan menyeduhnya sebagai minuman ringan di akhir sore Anda, hanya untuk melepas stress dan tentu saja mendapatkan manfaat kesehatannya yang baik. Tapi adakala ketika herbal diperlukan sebagai obat maka herbal-herbal tersebut lebih efektif bila diminum atau dikonsumsi dalam bentuk, takaran dan dosis tertentu. Berikut panduan takaran, dosis, dan cara konsumsi 6 herbal paling populer dalam pengobatan tradisional dan alami.

  • Bawang putih (Allium sativum)

Bawang putih populer karena manfaat kesehatannya, terutama jantung. Dalam beberapa penelitian, pasien dengan aterosklerosis yang memilih pengobatan dengan bawang putih secara signifikan mengurangi plak di arteri mereka, kata Mark Blumenthal, pendiri dan direktur eksekutif dari Austin, Texas, berdasarkan Amerika Botanical Council. “Bawang putih mampu menurunkan LDL, atau kolesterol jahat, dan meningkatkan HDL, jenis yang baik,” ia menjelaskan. “Ini juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi potensi stroke, karena mengurangi plak berarti ada kemungkinan memperbaiki kondisi arteri, sehingga suplai darah ke otak dari jantung lebih baik”

Bentuk terbaik dan dosis: Untuk kesehatan arteri atau pembuluh darah, konsumsi 200 sampai 300 miligram bubuk bawang putih standar tiga kali sehari.

Peringatan: Jika Anda secara teratur mengkonsumsi obat aspirin atau warfarin (Coumadin), jangan tambahkan bawang putih ekstra,  karena kemungkinan aliran darah Anda terlalu deras. “Untuk alasan yang sama, berhenti mengonsumsi bawang putih satu hingga dua minggu sebelum operasi,” kata James Salju, ketua divisi herbal dari program penyembuhan botani di Tai Sophia Institute di Laurel, Maryland.

  • Jahe (Zingiber officinale)

Jahe berkhasiat sebagai anti mual alami.  Sebagian besar penelitian menunjukkan efektifitasnya dalam melawan mual pada kehamilan dan mual pasca-kemoterapi, dan dalam beberapa studi jahe lebih baik daripada Dramamine dalam mencegah mabuk perjalanan.

Bentuk terbaik dan dosis: Untuk gangguan mabuk perjalanan, minum kira kira 500 mg bubuk ekstrak jahe dalam kapsul, 30 menit sebelum bepergian. Dan setiap empat jam sampai akhir perjalanan Anda. Atau siapkan water infus (dengan menyeduh seruas jahe segar dalam air panas selama sepuluh sampai 15 menit) minum sampai tiga kali sehari.

Peringatan: Jangan melebihi 2 gram jahe per hari jika Anda sedang hamil, dan jika Anda memiliki kecenderungan sakit maag, bawa dengan makanan.

  • Oregano (Origanum vulgare)

Studi menunjukkan bahwa minyak oregano bekerja untuk melawan infeksi, berkat kandungan dua senyawa kuat , thymol dan carvacrol dari Oregano. “Oregano dapat membantu untuk sakit  diare dan giardiasisis,” kata David Bunting, direktur botanical and regulatory di Herb Pharm di Williams, Oregon, “tapi itu digunakan terutama untuk infeksi saluran pernapasan atas. Itu merupakam solusi terbaik untuk jangka pendek, masalah sakit ringan seperti batuk dan pilek, tetapi jika Anda tidak merasa lebih baik setelah beberapa hari, atau Anda mengalami demam tinggi, Anda pasti akan ke  dokter, yang mungkin perlu meresepkan antibiotik. ”

Bentuk terbaik dan dosis: minyak esensial Oregano begitu kuat itu dapat membakar mulut Anda jika diambil dalam takaran tidak tepat, kata Glen Nagel, seorang naturopath dan profesor kedokteran ical botan- di Bastyr University, di Seattle. Jadi Anda lebih baik memilih produk seperti Herb Pharm ini Oregano Spirits, yang menggabungkan minyak esensial dengan ekstrak cair dari oregano. Tergantung pada berat badan dan tingkat keparahan gejala Anda, dosis berkisar dari 20 tetes dua kali sehari untuk 30 tetes empat kali sehari, diencerkan dalam 4 ons air.

Peringatan: Tidak ada, selain potensi mulut yang terbakar akibat minyak esensial murni yang kuat.

  • Sage (Salvia officinalis)

Sage telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai penguat otak. Banyaknya penelitian terhadap herbal ini menambahkan kredibilitasnya sebagai pengobatan cara kuno. Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris orang dewasa yang sehat, peserta yang mengonsumsi kapsul minyak sage Spanyol secara konsisten lebih baik pada tes mengingat kata dibandingkan kelompok kontrol. Sebuah senyawa dalam tanaman tampaknya menghambat enzim yang sama yang ditargetkan oleh obat yang digunakan penderita Alzheimer (meskipun tidak ada data yang belum mempelajari efek dari ramuan Sage terhadap  pasien Alzheimer). Sage juga merupakan obat klasik untuk sakit tenggorokan karena efek antiseptiknya, kata Bunting.

Bentuk terbaik dan dosis: pasien Alzheimer harus mengonsumsi 30 tetes ekstrak cair dua sampai tiga kali sehari. Untuk sakit tenggorokan, coba  teh Sage  atau berkumur dengan larutan Sage yang sangat encer dari cairan (10 sampai 20 tetes) dilarutkan dalam secangkir air hangat.

Peringatan: Dalam dosis normal dan dalam makanan, tidak ada risiko. Tetapi jika Anda menggunakannya dalam jangka panjang dan dalam jumlah jauh lebih tinggi dari dosis yang dianjurkan, dapat membuat kejang.

Peppermint (Mentha piperita )

Sulit rasanya untuk menemukan ramuan untuk menenangkan perut yang lebih baik dari peppermint “Mint benar-benar baik untuk setiap jenis gangguan pencernaan,” kata Bunting. Dan minyak peppermint, yang dikemas dalam kapsul berlapis enterik, merupakan salah satu perawatan alami yang paling efektif untuk sindrom iritasi usus (IBS). Karena kapsul yang dilapisi,  melewati lambung dan terbuka dalam usus, di mana mereka memiliki efek antispasmodik pada otot-otot yang rusak selama IBS, yang menyebabkan diare dan / atau sembelit, gejala utama kondisi ini.

Bentuk terbaik dan dosis: Untuk  sakit perut, teh peppermint dapat membantu. Untuk mengobati IBS, minum satu kapsul yang mengandung 0,2 mililiter minyak esensial peppermint untuk tiga kali sehari dengan air dan sebelum makan.

Peringatan: “Peppermint akan menyebabkan mulas dan memperburuk refluks asam pada beberapa orang. Jika Anda mengalami salah satu dari masalah-masalah ini, berhenti minum ramuan mint.

Kunyit (Curcuma longa)

ini  herbal pokok di India digunakan  memasak dan  merupakan anti-inflamasi kuat. Beberapa studi menunjukkan kunyit bekerja untuk meringankan rasa sakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Hal ini juga dapat membantu meringankan kondisi inflamasi lainnya, seperti tendinitis, dan bahkan mungkin melindungi jantung Anda, mengingat seperti yang kita tahu tentang peran peradangan pada penyakit jantung.

Bentuk terbaik dan dosis: Tidak seperti dengan banyak rempah lain, Anda bisa mendapatkan dosis terapi kunyit dari makanan. Sejumput Kunyit bubuk per porsi adalah mewkili semua yang Anda butuhkan, kata Reenita Malhotra, seorang dokter Ayurvedic di San Jose, California. Dalam bentuk suplemen, mengambil 4 gram kunyit setiap hari.

Peringatan: Karena bubuk kunyit adalah ramuan pembersih darah kuat, gunakanlah sewajarnya.

Check Also

Madu Dan Zaitun Untuk Detoksifikasi Dan Atasi Segala Keluhan Lambung Anda

Mengapa menggunakan Madu? Tak diragukan lagi, Madu memang sangat baik bagi kesehatan dan bermanfaat untuk ...

...