Home / Artikel Kesehatan / Selamat Tinggal Infeksi Telinga,sembuhkan infeksi telinga dalam 1 hari

Selamat Tinggal Infeksi Telinga,sembuhkan infeksi telinga dalam 1 hari

Sakit telinga ternyata banyak dialami anak-anak,Diantara penyebabnya Bakteri dan virus dibagian  telinga tengah adalah penyebab paling umum dari infeksi telinga. yang mana Anak-anak dari data dilapangan lebih banyak menderita infeksi telinga daripada orang dewasa. dan menjadi penyebab orang tua tergesa menemui dokter. Umumnya sakit diakibatkan adanya infeksi di bagian tengah telinga yang dikenal sebagai otitis media.

Gejala umum adalah sakit telinga, respon yang buruk terhadap suara, diare, sakit kepala, menarik-narik telinga, drainase cairan dari telinga, muntah, masalah dengan tidur, demam tinggi dll
Mengapa pada usia Anak-anak lebih rentan terkena otitis media dibanding orang yang berusia dewasa ?

karena sistem kekebalan tubuh mereka masih sulit untuk melawan infeksi. Itu sebabnya, anak-anak lebih banyak mengalami infeksi saluran pernafasan, seperti batuk pilek2. Saluran Eustachian anak yang lebih kecil lebih gampang tersumbat,

Telinga terdiri dari tiga bagian: bagian luar, tengah dan dalam.

Setiap bagian memiliki peran penting dalam proses pendengaran. Telinga luar menangkap gelombang suara perjalanan dan terlihat seperti daun. Gelombang suara masuk ke dalam saluran telinga melalui bagian telinga yang disebut pinna. Kemudian gelombang suara mencapai gendang telinga di telinga tengah
Telinga bagian tengah adalah ruang di belakang gendang telinga dan berfungsi untuk mengirim suara dari telinga bagian luar ke bagian dalam. Infeksi telinga bagian tengah dapat bersifat akut atau kronis.

Otitis Media Akut merujuk ke cairan dalam telinga di bagian tengah dengan tanda-tanda dan gejala infeksi, seperti rasa nyeri, demam, gendang telinga menggembung dan gangguan pendengaran.

Setiap bagian rentan terhadap infeksi tapi yang paling serius muncul dalam telinga bagian dalam. Pengobatan yang tepat dapat mencegah beberapa komplikasi hingga bisa fatal sampai rusak dan diangkat gendang telinga. Jika Anda mengabaikan infeksi ini mka ia dapat menjadi kronis dan dapat menyebabkan  gangguan pendengaran. Untungnya ada solusi buatan sendiri yang dapat membantu melawan infeksi telinga dan sakit telinga juga

Garam

Obat yang paling sederhana dan tersedia adalah garam

Membubuhkan garam dalam panci dan panas itu pada suhu rendah selama beberapa menit. Anda dapat menggunakan double-boiler atau microwave.

Masukan garam hangat di kain dan ujung kain terbuka

Sementara itu dalam keadaan masih hangat letakkan kain di telinga selama 5 sampai 10 menit.

Ulangi sebanyak yang Anda butuhkan sepanjang hari. Panas akan membantu cairan untuk keluar dari telinga dan untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakan.

Beras dapat menggantikan garam

Bawang putih

Bawang putih digunakan untuk melawan rasa sakit dan infeksi telinga juga.

Masaklah dua siung bawang putih dgn minyak wijen sampai menjadi kecoklatan untuk mendapatkan minyak bawang putih.

Ketika tidak terlalu panas lakukan sebanyak  empat tetes minyak ini di telinga yang sakit.

Anda juga dapat mengambil 2-3 siung bawang putih segar dan didihkan selama 5 menit setelah itu Anda harus menghancurkan mereka dan tambahkan garam. Kemudian pasang campuran kain bersih dan letakkan di telinga yang terinfeksi.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, harap juga mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih setiap hari.

Kemangi

Ini mencegah rasa sakit dan mengurangi infeksi.

Siapkan jus dari 5 daun kemangi dan mengoleskannya  di sekitar telinga harap untuk hati-hati tidak menempatkan jus kemagi tadi dimasukkan dalam telinga.

Cara lain adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak kemangi asli dengan minyak kelapa. Lap bagian dalam telinga, di sekitar tepi luar dan di belakang telinga . Ulangi perawatan dua kali sehari.

Cuka sari apel

Jika infeksi telinga disebabkan oleh jamur,maka cuka sari apel adalah pilihan yang tepat.

Siapkan campuran dari cuka sari apel dengan jumlah yang sama dengan alkohol dan kemudian rendam dalam bola kapas dengan campuran tadi dan menempatkannya di telinga selama 5 menit.

Minyak zaitun

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan tabung Eustachian (organ dalam) telinga.

mengoles beberapa tetes minyak zaitun hangat di telinga yang terinfeksi.

Setelah menjadi lembut menghapusnya dari telinga yang sedikit menyakitkan

Minyak mustard dapat digunakan sebagai pengganti minyak zaitun.

 

Botol Air hangat

Panas meredakan nyeri dengan cepat dan juga menghentikan pertumbuhan mikro-organisme.

Tempatkan kain hangat atau air hangat dalam botol di dekat telinga.

Bawang

Bawang baik digunakan dalam memasak tetapi juga cukupternyata mempunyai manfaat  menguntungkan terhadap infeksi telinga.

Cincang bawang dan menempatkannya dalam microwave selama 1-2 menit. Setelah dingin buat jus bawang. Terapkan 2-3 tetes dari jus di telinga yang sakit; tunggu sebentar dan kemudian menempatkan kepala pada posisi yang tepat sehingga jus bisa keluar dari telinga.

Penggunaan lain adalah untuk memanggang bawang selama setengah jam dan setelah Anda memotongnya dalam dua bagian yang sama menempatkan satu setengah dalam kain katun tebal. Jauhkan kain di telinga selama 5 menit. Kemudian membuat istirahat 10 menit dan ulangi prosedur.

Minyak pohon teh

Jika Anda memiliki sakit telinga Minyak  pohon teh dapat segera membantu karena memiliki sifat antibakteri ringan.

Membuat campuran dari 3 tetes Tea Tree Oil, dua sendok makan minyak zaitun, satu sendok teh koloid perak dan satu sendok teh cuka sari apel. lalu sedikit Menghangatkan campurannya.

Oleskan campuran tersebut di telinga dan harap menunggu selama 5 menit. Kemudian berbaring di sisi lain sehingga seluruh campuran bisa keluar dari telinga.

lakukan  pengobatan 2-3 kali sehari selama dua hari.

Susu ASI

Karena mengandung antibodi alami, ASI cukup efisien terhadap infeksi telinga. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dan dapat mengalahkan infeksi telinga dalam 2 atau 3 hari. Obat ini sangat bagus untuk anak-anak dan orang dewasa juga.

Dengan pipet memasukkan beberapa tetes di telinga yang sakit.

Setiap beberapa jam ulangi pengobatan.

Luka bakar ringan, infeksi mata dan luka kecil dapat diobati dengan ASI.

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...