Home / Apotik Hidup / Sosor Bebek yang Unik Namun Kaya Khasiat

Sosor Bebek yang Unik Namun Kaya Khasiat

Jika sedang bersantai di rumah, coba sesekali sahabat Infoherbalis perhatikan tanaman hias yang tumbuh di pekarangan rumah Anda. Mungkin salah satu diantaranya adalah tanaman Sosor Bebek. Banyak pecinta tanaman hias yang kurang tahu bahwa selain tanaman-tanaman yang mereka koleksi itu memiliki wujud yang indah juga memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Seperti Sosor Bebek ini.

Tanaman dengan nama latin Kalanchoe pinnata  memang memiliki bentuk daun yang unik, menyerupai mulut Bebek. Sosor Bebek merupakan terna tahunan  yang berasal dari Madagaskar. Namun dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti negara kita ini. Sosor Bebek di beberapa daerah dikenal dengan nama Suru Bebek, Ceker Itik, Didingin Beueu dan masih banyak sebutan yang lain.

Khasiat Sosor Bebek bagi kesehatan sungguh mencengangkan. Deretan penyakit yang dapat disembuhkan Sosor Bebek antara lain, mastitis (pembengkakan payudara), memar, patah tulang, rheumatik, wasir, amndel, radang telinga tengah, luka bakar dan menyembuhkan peradangan.

Infoherbalis akan berbagi resep penggunaan Sosor bebek untuk pengobatan, yuk sahabat Infoherbalis simak berikut resepnya :

1. Disentri, diare dan menurunkan demam

Tapalkan daun Sosor Bebek yang sudah dilumatkan di perut, sehari diganti 2 kali

2. Bisul, koreng, mastitis, memar

30-60 gr daun Sosor Bebek dilumatkan kemudian di perut dan diambil airnya. Air perasan ditambah madu kemudian diminum. Ampas perasan daun ditempelkan pada tempat yang sakit.

3. Radang Amandel

5-10 lembar daun Sosor Bebek segar dilumatkan kemudian diperas dan diambil airnya, gunakan untuk kumur-kumur.

4. Radang telinga

5 lembar daun Sosor Bebek dilumatkan, peras. Gunakan airnya sebagai obat tetes telinga.

5. Nyeri lambung

Air perasan dari 5 lembar daun Sosor Bebek ditambah sedikit garam, kemudian diminum.

6. Wasir

Daun Sosor Bebek cuci bersih, lalu keringkan, kemudian tumbuk halus hingga menjadi serbuk. Ambil 1 sdm serbuknya seduh dengan air panas 3/4 cangkir, tambahkan 1 sdm madu, diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...