Home / Artikel Kesehatan / Ternyata Hidung Anda tahu akan Bau Ancaman dijemput Kematian

Ternyata Hidung Anda tahu akan Bau Ancaman dijemput Kematian

Ketika hewan mati mereka melepaskan bau yang tidak menyenangkan yang diciptakan sebagian oleh zat bernama putresin, suatu senyawa kimia yang dihasilkan dari pemecahan asam lemak dalam jaringan mayat yang membusuk. Penelitian baru menunjukkan bahwa kita manusia, seperti binatang, memahami dan menanggapi aroma ini sebagai ancaman.

“Ini adalah hasil pertama yang menunjukkan bahwa senyawa kimia tertentu (putresin) dapat diproses sebagai sinyal ancaman,” tulis Dr Arnaud Wisman, co-penulis dan psikolog di University of Kent, dan Dr. Ilan Shrira, co -author dan mengunjungi asisten profesor psikologi di Arkansas Tech University. “Sejauh ini, hampir semua bukti chemosignals ancaman datang dari orang-orang yang ditularkan oleh keringat tubuh.”

“Kami tidak tahu mengapa kita suka (atau tidak suka) bau seseorang, dan kami biasanya tidak menyadari bagaimana aroma mempengaruhi emosi kita, preferensi, dan sikap kita,” kata Wisman dan Shrira Medis Harian di email,

Namun, dalam dunia hewan, aroma merupakan hal mendasar untuk kelangsungan hidup dan berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa putresin bertindak sebagai sinyal chemosensory kuat yang memicu hewan untuk meninggalkan atau menghindari daerah.

Demikian juga Manusia sama menanggapi ancaman yang jelas, yang umumnya meningkatkan kewaspadaan kita dan mempertajam reaksi kita, mempersiapkan kita untuk “melawan-,” jelas para peneliti. Meskipun kepercayaan populer bahwa “pertarungan” adalah reaksi yang lebih umum untuk ancaman, .

Mengingat berbagai penelitian terakhir pada aroma dan perilaku, Wisman dan Shrira bertanya-tanya, akan putresin perilaku respon ancaman cepat pada manusia?

Dan sehingga mereka melakukan serangkaian empat percobaan di mana peserta yang terkena, sadar atau tidak sadar, untuk putresin. Mengamati perilaku peserta, para peneliti membandingkan mereka untuk peserta yang telah terkena aroma lainnya. Sebagai contoh, dalam percobaan keempat, peserta prima dengan salah satu dari tiga aroma – putresin, amonia, atau air (netral). Berikutnya, peserta membaca tentang seorang mahasiswa asing yang mengkritik sistem nilai mereka sendiri dan kemudian mereka diminta untuk mengevaluasi mahasiswa ini.

Mengingat berbagai penelitian terakhir pada aroma dan perilaku, Wisman dan Shrira bertanya-tanya, akan fungsi zat putresin terhadap perilaku respon ancaman cepat pada manusia?

Dan sehingga mereka melakukan serangkaian empat percobaan di mana peserta yang terkena, sadar atau tidak sadar, oleh zat  putresin. Mengamati perilaku peserta, para peneliti membandingkan mereka dengan  peserta yang telah terkena aroma lainnya. Sebagai contoh, dalam percobaan keempat, peserta diberi dengan salah satu dari tiga aroma – putresin, amonia, atau air (netral). Berikutnya, peserta membaca tentang seorang mahasiswa asing yang mengkritik sistem nilai mereka sendiri dan kemudian mereka diminta untuk mengevaluasi mahasiswa ini.

Putresin menyebabkan permusuhan yang lebih besar dibandingkan dengan dua aroma lainnya, para peneliti menemukan setelah menganalisis hasil. Menariknya, kelompok amonia dan peserta kelompok netral menanggapi lebih atau kurang identik. Demikian pula, tiga lainnya percobaan mengungkapkan bagaimana bahkan paparan singkat putresin meningkatkan kewaspadaan, pada gilirannya menyebabkan fight-or-flight kesiapan.

“Peserta dalam penelitian kami yang paling mungkin tidak menyadari efek putresin pada perilaku mereka karena orang tidak akrab dengan putrsescine dan tidak sadar mengasosiasikannya dengan kematian atau takut,” kata Wisman dan Shrira, dan penelitian mereka mendukung klaim ini: Tidak ada peserta dalam percobaan keempat melaporkan menyadari aroma apapun.

Ketika ditanya apakah putresin mungkin dianggap semacam “berlawanan” aroma feromon, para peneliti mengatakan, “Putresin sinyal berbagai jenis pesan dari feromon, tapi respon orang terhadap putresin (penghindaran dan permusuhan) tampaknya memang menjadi kebalikan dari tanggapan banyak feromon seksual. “Dalam kedua kasus, baik putresin dan feromon menimbulkan reaksi yang sangat manusiawi. Rupanya, kadang-kadang hidung kita tahu lebih dari yang kita lakukan.

Sumber: Wisman A, Shrira I. Bau kematian:

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...