Home / Artikel Kesehatan / 10 Herbal Dengan Efek Menenangkan Stres dan Kecemasan

10 Herbal Dengan Efek Menenangkan Stres dan Kecemasan

Stres sepertinya begitu akrab dengan masyarakat modern saat ini. Kesibukan, tingginya persaingan, kesulitan ekonomi, dan polusi membuat orang menjadi mudah stres.

Kecemasan dianggap reaksi normal dari hormon stres, dan dalam dosis kecil dapat membantu seseorang untuk berurusan dengan manajemen situasi stres dan memotivasi dia untuk melakukan yang terbaik di dalam situasi tertekan. Namun, ketika kecemasan menjadi luar biasa, hal itu mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari dan bahkan bisa menjadi gangguan yang serius. Terutama pada kesehatan jiwa yang berpengaruh pada kesehatan raga.

Berikut beberapa solusi alami untuk kecemasan dan stres yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan Anda dan membantu dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan stres. Selain melakukan relaksasi untuk meredakan stres Anda, ada beberapa

1. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang efektif  Untuk menghilangkan stres dan cemas. Salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsinya yaitu dengan  minum teh jahe dengan cara mengiris jahe hingga menjadi potongan tipis untuk diseduh dengan air panas. Jahe juga membantu sistem pencernaan, membantu membersihkan racun dan menenangkan perut.

2. Jojoba

Jojoba memiliki efek menenangkan pada tubuh kita, Karena Efeknya tersebut jangan heran jika  Anda dapat menemukan jojoba dalam produk kecantikan dan sabun mandi. Mandilah dengan sabun yang mengandung jojoba, untuk mendapatkan efek relaksasi menenangkan pikiran. Atau Anda dapat menggunakannya sebagai pelembab tubuh setelah mandi, oleskan beberapa tetes minyak jojoba pada tangan, kaki dan daerah kulit lainnya sehingga tubuh Anda tidak kering setelah mandi, ini sangat efektif menjaga kelembaban tubuh.

Minyak jojoba juga bagus untuk terapi pijat (dan Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial lainnya yang mempunyai efek menenangkan seperti lavender dan chamomile). Anda dapat menambahkan beberapa tetes untuk digunakan saat mandi.

3. Ginkgo Biloba

Ekstrak Ginkgo Biloba bekerja sebagai antioksidan dan obat penenang dan dapat dibeli di toko kesehatan. Ekstrak daun ginkgo mengandung glikosida flavonoid dan terpenoid yang dapat mengurangi kecemasan dan stres. Namun, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi itu, terutama jika Anda sedang meminum obat pengencer darah atau antidepresan.

4. Valerian akar

Akar valerian memiliki sejarah panjang dalam mengobati gangguan ketegangan, kecemasan dan gangguan tidur. Dalam akar valerian ini berisi sejumlah bahan aktif dan Anda bisa mendapatkannya di toko-toko kesehatan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi valerian karena dapat mengganggu jika dipakai bersama dengan konsumsi obat lain.

5. Minyak Esensial Bergamot

Minyak esensial Bergamot adalah minyak aromatik diekstraksi dari kulit jeruk bergamot. Pengobatan aromaterapi dengan minyak esensial bergamot sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin menghilangkan stres dan kecemasan dengan cara alami, karena membantu mengurangi kadar hormon stres Kortikosterone. Minyak esensial Bergamot dapat dihirup setelah menyemprotkan beberapa tetes minyak ke kain atau bagian tubuh, atau dengan menggunakan diffuser aromaterapi atau vaporizer, atau campurkan beberapa tetes ke dalam bak air mandi dengan satu sendok makan minyak pembawa (seperti minyak jojoba, minyak almond manis, aprikot kernel oil dll).

6. Kamomil

Kamomil adalah obat kuno yang digunakan untuk relaksasi, tetapi penelitian ilmiah juga telah menemukan bahwa Kamomil efektif untuk menghilangkan stres. Dianjurkan untuk minum teh Kamomil saat santai di pagi hari dan anda memulai hari dengan menyenangkan.

7. Lavender

Ramuan Lavender ini dapat bermanfaat untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Disarankan untuk menggunakan produk-produk yang mengandung lavender untuk mandi. Atau Anda dapat mempersiapkan teh lavender dari bunga (segar atau kering). Ramuan ini juga akan membantu Anda jika Anda menderita susah tidur. Dan memang lavender adalah salah satu yang terbaik dari 12 herbal untuk insomnia.

8. Kayu Putih

Menurut penelitian, bahan aktif dalam kayu putih memainkan peran kunci dalam mengurangi ketegangan dan stres. Anda dapat minum teh yang terbuat dari daun keringnya  atau menghirup minyak kayu putih dengan cara memercikan beberapa tetes minyak ke kain atau ke tubuh, atau dengan menggunakan diffuser aromaterapi atau vaporizer, atau campurkan ke dalam air mandi.

10. Teh Hijau

Teh Hijau adalah mengandung  asam amino theanine yang telah dipelajari memiliki kemampuan potensialnya untuk meningkatkan rasa relaksasi, mengurangi stres mental dan fisik dan meningkatkan mood.  Ia memiliki efek menenangkan, dan digunakan di Jepang untuk tujuan ini. Jadi jika Anda ingin bersantai, minum teh hijau mungkin hal yang tepat untuk Anda. Menurut penelitian, theanine membantu untuk menghasilkan gelombang otak alpha, yang berhubungan dengan relaksasi.

Herbal Alami atasi masalah stress dan kecemasan

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...