Home / Artikel Kesehatan / 10 Makanan Terbaik Berikan Kulit Cantik Sehat Alami

10 Makanan Terbaik Berikan Kulit Cantik Sehat Alami

Punya kulit indah, sehat  dan cantik seperti para artis dengan makanan-makanan sederhana dan murah meriah? Tentu saja itu dapat terwujud. Anda tidak perlu perawatan ini-itu atau kontrol ke dokter setiap bulan. Hanya dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan berikut Anda bisa mendapatkan kulit yang baik dan sehat.

1. Biji Rami

Biji rami kaya akan Omega 3 yang berperan penting dalam mengendalikan munculnya bintik usia dan garis-garis halus. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji rami setiap hari membantu meringankan kulit kemerahan dan iritasi dan membantu membuat kulit terlihat segar dan lembut. Jadi, tambahkan beberapa biji rami ke oatmeal, smoothies atau resep muffin favorit Anda mulai sekarang.

2. Buah berwarna ungu dan biru

Buah berwarna ungu dan biru adalah salah satu makanan terbaik untuk untuk mendapatkan manfaat kesehatan kulit yang besar. Seperti blueberry, blackberry dan plum, semua kaya akan  antioksidan, yang memerangi kerusakan radikal bebas. Radikal bebas berasal dari pola makan yang buruk atau bahan kimia di lingkungan. Buah berwarna ungu dan biru juga dapat membantu menjaga kulit Anda terlihat lebih muda lagi.

3. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari biasa dikenal sebagai kwaci. Siapa yang tidak mengenal kwaci? Biji bunga matahari atau kwaci ini kaya akan vitamin E, dan juga nutrisi penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari setiap hari. Biji bunga matahari sempurna untuk dijadikan camilan di mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat menambahkannya di oatmeal, salad, atau sereal. Pastikan tidak menambahkan terlalu banyak garam untuk salad, karena  garam tidak baik untuk kulit kamu.

4. Coklat

Kabar gembira untuk penggemar coklat! Faktanya, nih, cokelat baik untuk kulit kamu, meskipun ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa coklat dapat menyebabkan jerawat. Coklat tidak menyebabkan jerawat, asal Anda tahu. Coklat sebenarnya meningkatkan asupan flavonol yang menjadikan kulit lebih cantik. Tapi jangan berlebihan, sebab coklat mengandung beberapa kalori yang menyebabkan kegemukan.

5. Ubi Jalar atau Ketela Rambat

Tahu kah Anda Ubi jalar atau ketela rambat ternyata memiliki manfaat bagus untuk kulit. Selain rasanya yang enak dan bisa diolah jadi berbagai macam makanan lezat, mereka juga mengandung vitamin A dan C, yang keduanya penting untuk membuat kulit bersinar dan sehat. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lentur dan halus, dan vitamin A merupakan antioksidan kuat yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kanker kulit.

6. Tomat

Banyak orang mengatakan bahwa makan tomat dapat menyebabkan jerawat. Tapi tomat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yaitu lycopene, yang membantu meningkatkan kesehatan kulit serta melindungi pigmentasi. Tambahkan tomat ke salad atau menaruh beberapairisan tomat  pada sandwich Anda. Ketika Anda memasak tomat, Anda akan meningkatkan kandungan likopen-nya.

7. Yogurt

Salah satu makanan terbaik yang sebagian besar dari kita sukai adalah yogurt. Tahukah Anda bahwa yogurt bagus untuk kulit? Yogurt mengandung protein yang membuat kulit kencang dan membantu melawan munculnya keriput dan garis-garis halus di kulit. Tinggalkan jauh yogurt versi buah,sebab mereka dikemas dengan gula yang bisa membuat Anda gemuk. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan ke dalam yogurt murni.

8. Salmon

Salmon mengandung vitamin D yang bertanggung jawab untuk menjaga otak, jantung, tulang dan usus besar yang sehat. Ini membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan mencegah kanker usus besar, penyakit tulang dan penyakit jantung. Salmon mengandung asam lemak Omega 3 yang membantu melembabkan kulit dari dalam ke luar serta membantu melawan peradangan, jerawat, dan keriput. Plus, mengkonsumsi salmon secara teratur membuat kulit kepala terhidrasi dan akan membuat rambut jadi sehat dan kuat.

9. Bayam

Bayam adalah makanan kaya gizi. Bayam ini adalah sumber yang sangat baik dari vitamin E, zat besi, klorofil, asam folat, magnesium, serat, vitamin A, vitamin C dan protein nabati, yang semuanya bagus untuk kulit. Bayam juga dikemas dengan antioksidan yang membantu mencegah berbagai jenis masalah kulit. Anda dapat menggunakan bayam dalam smoothie hijau atau menambahkannya ke salad. Makan bayam secara teratur akan membantu membersihkan kulit luar dalam.

10. Paprika Merah

Mentah ataupun masak, paprika merah juga dapat memberikan kulit yang bagus. Satu buah paprika merah memiliki lebih dari 100% dari kebutuhan vitamin C sehari-hari Anda. Paprika merah kaya akan vitamin B6, serat makanan, dan karotenoid yang membantu melawan keriput dan meningkatkan aliran darah ke kulit kamu sekaligus membantu Anda terlihat lebih awet muda. Makan paprika merah juga bisa membantu memerangi jerawat. Paprika merah hanya memiliki 30 kalori. Sebuah paprika mengandung serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, jadi kalau Anda sedang diet dan ingin memiliki kulit yang sempurna, tambahkan paprika merah untuk konsumsi diet sehari-hari Anda.

Itu tadi adalah 10 makanan yang bisa membuat kulit Anda jadi lebih indah. Tunggu apa lagi? Mulai sekarang, konsumsi makanan-makanan di atas secara rutin dan teratur, ya. Semoga bermanfaat!

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...