Home / Artikel Kesehatan / 10 Manfaat Garam Epsom untuk Perawatn Kesehatan dn Kecantikan

10 Manfaat Garam Epsom untuk Perawatn Kesehatan dn Kecantikan

Garam epsom sering ditemui sebagai mineral epsomite heptahidrat sulfat (MgSO4 • 7H2O), merupakan garam anorganik yang mengandung magnesium, belerang dan oksigen. Epsom salt bath atau garam Epsom  memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.10 Manfaat Garam Epsom untuk Perawatn Kesehatan dn Kecantikan

1. Pedikur

Campurkan 1/2 cangkir garam Epsom ke dalam bak yang berisi air sabun yang hangat secukupnya, kemudian rendam kaki Anda dalam campuran tadi selama 5 menit tujuannya untuk melembutkan kulit kaki. Setelah itu hapuslah cat kuku Anda dan potong kuku kaki, kemudian rendam kembali kaki Anda dalam bak berisi campuran tadi selama 5 menit untuk mendapatkan kulit kaki yang sangat lembut.

2. Perawatan Rambut

Campur garam Epsom dengan conditioner dengan jumlah yang sama.Gunakan conditioner tadi seperti biasa, biarkan untuk beberapa menit, lalu bilas rambut Anda, hasilnya rambut akan terasa lembut dan lebih mengembang.

3. Scrub Wajah

Campurkan 1/2 sdt garam Epsom dengan produk pembersih wajah Anda, lalu pijat membentuk lingkaran kecil kulit wajah dengan campuran tadi, campuran ini akan membersihka kulit Anda hingga ke pori-pori kulit, sehingga kulit bersih maksimal. Lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Anda akan mendapati kulit wajah akan terasa bersih dan segar.

4. Garam Mandi untuk relaksasi

Campurkan 2 cangkir garam Epsom ke dalam air hangat di dalam bak mandi Anda, lalu gunakan untuk berendam selama 15 menit, Anda bisa menambahkan aroma essensial seperti lavender atau mawar agar mendapatkan sensasi mandi yang sangat rileks dan menenangkan.

5. Nyeri otot dan arthritis

Jika otot atau sendi terasa sakit, mandi garam Epsom adalah cara yang bagus untuk mengatasinya. Tambahkan 2 cangkir garam Epsom dalam air mandi yang sangat hangat,aduk hingga tercampur rata kemudian berendam selama 15 menit.

6. Sakit Kepala

Bukti-bukti menunjukkan bahwa berendam dalam garam mandi Epsom dapat meredakan gejala sakit kepala.

7. Obat jerawat

Garam Epsom memiliki sifat antivirus,antibakteri, dan antijamur yang membuatnya menjadi obat alami yang fantastis untuk jerawat

8. Sembelit

Tuang 8 ons air minum ke dalam gelas, campur dengan 1-2 sendok teh garam Epsom dan minum campuran untuk mengatsi sembelit. Petunjuk penggunaan garam Epsom juga biasanya tercantum pada kemasannya. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencobanya.

9.Luka bakar ringan

Larutkan dua sendok makan garam Epsom dalam 1 cangkir air dan percikkan pada luka bakar di kulit.

10. Meringankan sakit pilek dan flu

Apakah Anda tahu bahwa mandi dengan garam epsom bisa mempercepat penyembuhan, karena garam Epsom dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dan meningkatkan sel darah putih. Coba mandi garam Epsom pada saat Anda merasa gejala-gejala pertama dari pilek dan flu.

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...