Home / Artikel Kesehatan / 5 Tips Sederhana Lawan Insomnia
5 Tips Sederhana Lawan Insomnia

5 Tips Sederhana Lawan Insomnia

Pernahkah pada suatu malam Anda naik ke tempat tidur di jam istirahat Anda, “berusaha tidur”  namun yang terjadi Anda hanya menatap langit-langit kamar dengan mata yang terbuka lebar, pikiran Anda seolah tak mau berhenti, dan harapan untuk tidur nyenyak semakin jauh tiap detiknya. Anda tidak sendirian. Setidaknya setiap tahun sebanyak 40 persen orang dewasa mengalami Insomnia. Dan 10-15 persennya menderita Insomnia kronis, yaitu sulit mendapatkan tidur nyenyak  setidaknya beberapa malam dalam seminggu.

Dari ke waktu, kurang tidur dapat mengurangi kekebalan, sampai risiko diabetes dan penyakit jantung dan bahkan membuat obesitas. Berikut adalah hal-hal yan perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan Tidur nyenyak yang Anda dambakan.

1. Mengatasi kecemasan dan depresi yang Anda alami adalah lebih penting, karena biasanya ini adalah akal permasalah Insomnia Anda. Konsultasikan pada dokter ahli. Anda juga bisa berbagi beban dengan orang-orang yang perduli dan Anda percaya.

2. Lihatlah kembali gaya hidup Anda. Berhentilah mengkonsumsi alkohol, merokok, dan minum kafein secara berlebihan. Semua itu hanya akan memperburuk masalah Insomnia Anda.

3. Perbaiki pola makan Anda, karena diet yang buruk mempengaruhi system tubuh Anda, termasuk kualitas tidur Anda. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan alami.

4. Berolahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Lakukan olah raga yang ringan seperti berjalan kaki, lari kecil, yoga, dsb.

5. Yang tak kalah penting berdoalah agar Tuhan menganugerahi Anda Tidur yang nyenyak, karena itu termasuk salah satu nikmat dari Tuhan.

Ada beberapa hal yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, diantaranya:

  • Mandi atau berendam dengan air hangat sebelum tidur.

Mandi atau berendam dengan air hangat akan membuat tubuh Anda relax, apalagi jika Anda menambahkan beberapa tetes minyak aroma terapi,  minyak lavender misalnya. Tubuh yang bersih dan wangi akan membuat diri Anda nyaman sebelum berangkat tidur. Kenakan pakaian yang longgar dan lembut.

  • Buatlah kamar tidur bersih dan nyaman.

Jauhkan TV,buku-buku,dan laptop dari kamar Anda, rapikan dan bersihkan kamar tidur secara rutin agar kamar terasa menyenangkan.

  • Matikan lampu

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin, Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya. Sedangkan hormone ini berpengaruh pada perbaikan sel-sel tubuh, dan peningkatan daya tahan tubuh. Jika Anda tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap, Anda bisa menggunakan lampu tidur yang sangat kecil.

  • Atur Jadwal Tidur

Aturlah agar jadwal berangkat tidur  dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

  • Perlengkapan tidur

Gunakan bantal yang mampu menopang leher dan kepala dengan baik, agar posisi kepala dan leher nyaman. Anda bbisa menggunakan sumbat telinga bila merasa terganggu dengan bunyi yang halus sekalipun.

Semoga tidur Anda nyenyak malam  ini.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...