Home / Artikel Kesehatan / 6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Di Rumah

6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Di Rumah

Kaki bengkak atau Edema adalah penumpukan cairan yang berlebihan di dalam jaringan tubuh. Ini merupakan gejala atau tanda beberapa masalah kesehatan dan penyakit. Biasanya Kaki bengkak hingga ke pergelangan kaki.

Penyebab Edema/ pembengkakan kaki

  • Peradangan sel akibat dari kelebihan cairan biasanya menjadi penyebab Edema. Perhatikan juga adanya gejala lain seperti peningkatan rasa sakit pada kaki dan pergelangan kaki, ukuran kaki yang makin besar, perubahan warna kulit kaki, perubahan tekstur,kulit yang terasa hangat atau adanya ulserasi atau nanah. Perhatikan juga apakah edema terjadi pada kedua kaki atau hanya salah satu kaki saja.
  • Orang yang hidup dengan kelainan Lymphedema, menyebabkan cairan lifatik dalam jaringan dapat berkembang karena ketiadaan atau masalah pembuluh getah bening atau setelah pengangkatan kelenjar getah bening. Sehingga menimbulkan gejala kaki bengkak juga.
  • Kehamilan juga dapat menimbulkan keluhan kaki bengkak. Ini disebabkan oleh kelebihan protein dalam urin dan juga karena tekanan darah.
  • Cedera kaki dan pergelangan kaki seperti terkilir atau keseleo bisa menyebabkan kaki bengkak.
  • Kaki bengkak sering merupakan gejala awal dari insufisiensi vena, kondisi di mana darah tidak cukup kuat bergerak naik di pembuluh darah dari kaki kembali ke jantung.
  • Diabetes dapat membahayakan saraf Anda dan menimbulkan kerusakan yang disebut neuropati. Hal ini menyebabkan kaki, lutut atau kaki bengkak, dan gejala ini tampaknya berhubungan dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi dalam waktu yang terlalu lama.
  • Beberapa obat memberikan efek samping edema. Beberapa obat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh Anda karena itu dapat menyebakan bengkak pada kaki. Biasanya anti-depresi, steroid, anti-hipertensi, hormon dll menyebabkan penumpukan cairan pada jaringan. Jika Anda menduga pembengkakan mungkin berhubungan dengan obat yang Anda konsumsi, berbicaralah dengan dokter Anda.
  • Pembekuan darah hadir dalam pembuluh darah kaki dapat menghentikan transportasi darah dari kaki kembali ke jantung dan menyebabkan peradangan di pergelangan kaki dan kaki.
  • Penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung, ginjal atau masalah hati menyebabkan pembengkakan pada kaki Anda. Pergelangan kaki yang membengkak di malam hari bisa menjadi tanda penyakit di atas.

Cara Alami mengatasi Edema atau pembengkakan kaki

1. Mentimun/Timun

Mentimun merupakan bahan alami terbaik untuk mengobati kaki bengkak.Mentimun dapat mengurangi keluhan kaki bengkak caranya ambi beberapa potong mentimun dan letakkan di daerah yang terkena edema kemudian tutupi dengan sepotong kain katun. Setelah 1/2 jam bersihkan dan nikmati hasilnya.

2. Gula Batu

Gula batu memiliki sifat anti-inflamasi dan banyak membantu dalam mengurangi pembengkakan pada kaki. Ambil 2 gelas air dan tambahkan ½ sendok teh gula batu dan satu sendok teh biji adas. Rebus sampai air tersisa menjadi 1 gelas dan oleskan campuran ini pada kaki Anda. Biarkan selama 1 jam dan kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

3. Ketumbar

Ambil 3 gelas air dan tambahkan 3 sendok makan biji ketumbar di dalamnya. Rebus sampai air berkurang menjadi ½ gelas kemudian, tiriskan dan minum ½ gelas, 3 kali sehari.

4. Peterseli

Peterseli juga membantu dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dengan membantu tubuh Anda membuang kelebihan cairan. Sebuah studi 2002 yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa peterseli memiliki efek diuretik. Bahkan memblok penyerapan kembali natrium dan kalium. Tambahkan 1 sendok teh peterseli kering untuk 2 gelas air. Didihkan selama 10 menit, dan kemudian saring. Minum sekali sehari, pada pagi hari sebelum makan sarapan. Pilihan lain adalah untuk hancurkan daun peterseli sampai halus, dan menerapkannya pada daerah yang terkena edema. Biarkan selama 30 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi 2 kali sehari.

5. Pijatan dengan minyak

Pijatan dengan minyak kadang-kadang menjadi apa yang Anda butuhkan.Anda bisa menggunakan minyak Biji rami, minyak bawang putih, minyak jeruk, minyak pohon teh dan minyak mustard sebagai beberapa pilihan terbaik untuk memijat. Gosokkan sedikit minyak hangat pada daerah yang terkena dampak edema, pijat ringan ke arah ke atas. Berikan kaki Anda pijatan minyak hangat yang selama 15 menit. Kadang-kadang apa yang Anda butuhkan adalah beberapa waktu utnuk relaksasi.

6. Air putih

Jika Anda berkunjung ke  blog pengobatan, Anda akan melihat air dapat menyembuhkan banyak masalah kesehatan. Usahakan tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air putih. Retensi garam disebabkan oleh tubuh Anda mendapatkan asupan garam dalam jumlah tinggi yang merupakan penyebab umum dari pembengkakan. Meningkatkan asupan cairan Anda akan mencairkan garam dalam sistem tubuh Anda. Ini adalah agen anti-inflamasi alami sehingga banyak membantu dalam mengurangi pembengkakan.

Keep naturally, keep healthy!

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...