Home / Artikel Kesehatan / 7 Bahan Makanan Sehat Ini Bisa Menjadi Bencana Kesehatan Bagi Anda

7 Bahan Makanan Sehat Ini Bisa Menjadi Bencana Kesehatan Bagi Anda

Ada banyak makanan super sehat di luar sana. Namun, penting untuk diingat bahwa lebih mahal tidak selalu lebih baik. Beberapa makanan bisa baik bagi Anda dalam takaran tertentu , tapi juga dapat memberikan bahaya serius jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Berikut adalah makanan sangat sehat namun juga dapat membahayakan Anda jika Anda makan terlalu banyak :

1. Omega-3 dan Minyak ikan

Asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan kita. Ia mampu melawan peradangan dalam tubuh, memainkan peran penting dalam perkembangan otak dan mengurangi risiko penyakit jantung. Saat ini suplemen omega-3 demikian popular. Suplemen yang paling umum termasuk kapsul omega-3 yang dihasilkan dari ikan, hati ikan dan ganggang.

Namun, penting diketahui terlalu banyak omega-3 bisa berbahaya. Dosis yang normal berkisar 1-6 gram per hari, tetapi mengambil sebanyak 13-14 gram per hari mungkin berdampak efek pengencer darah pada orang sehat, terutama bagi orang-orang yang rentan terhadap perdarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah

Selanjutnya, mengkonsumsi minyak hati ikan dalam jumlah tinggi dapat mengakibatkan suplai vitamin yang berlebihan ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan keracunan vitamin A. Khusunya perlu diperhatikan bagi anak-anak dan wanita hamil

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang baik. Namun, kelebihan omega-3 memungkinkan memiliki efek pengencer darah. Minyak ikan juga sangat tinggi vitamin A, yang dapat berbahaya dalam jumlah besar.

2. Tuna (Kedua Segar dan Kalengan)

Tuna adalah ikan berlemak yang biasanya dianggap sangat sehat. Ia adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik dan juga sangat tinggi protein. Namun, tuna juga mengandung polutan lingkungan yang cukup tinggi yang disebut methylmercury. Pada tingkat yang lebih tinggi, methylmercury adalah racun saraf yang dapat menyebabkan banyak efek kesehatan yang merugikan. Ini termasuk keterlambatan perkembangan pada anak-anak, masalah penglihatan, kurangnya koordinasi dan gangguan pendengaran dan bicara

Ikan tuna besar mengandung mercury paling tinggi, karena menumpuk di jaringan tubuh mereka dari waktu ke waktu. Tuna besar biasanya disajikan kepada Anda sebagai steak ikan premium atau dimasak sebagai sushi.

Tuna kecil mengandung merkuri dalam jumlah yang lebih, dan biasa untuk jadikan ikan  kaleng. Ada dua jenis utama dari tuna kaleng dengan kandungan merkuri yang berbeda masing-masingnya.

Tuna Putih

Memiliki warna yang lebih terang dan biasanya berasal dari ikan albacore. Tuna putih mengandung 4-5 kali jumlah merkuri yang ditemukan dalam ikan tuna cahaya.

Tuna Cahaya

Tuna cahaya mengandung merkuri jauh lebih sedikit daripada tuna putih. Ikan ini berwarna lebih gelap dan biasanya tidak berasal dari ikan albacore.

Batas aman methylmercury bagi manusia adalah 0,1 mikrogram per kilogram berat badan. Ini berarti bahwa anak dengan BB 25 kg hanya bisa makan satu 75 g (2,6 oz) tuna kaleng, tuna putih setiap 19 hari sekali. Lebih dari ini akan melebihi batas aman yang direkomendasikan.

Wanita hamil dan anak-anak disarankan untuk membatasi asupan makanan laut yang mengandung merkuri tidak lebih dari dua kali per minggu. Ada beberapa jenis ikan lainnya yang juga kaya akan asam lemak omega-3, tetapi kemungkinan besar tidak akan terkontaminasi dengan merkuri. Ini termasuk salmon, makarel, sarden dan ikan trout.

Tuna mengandung banyak nutrisi penting. Namun, mungkin juga terkontaminasi methylmercury karena polusi dari lautan.

3. Cinnamon/ Kayumanis

Cinnamon adalah rempah lezat yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan yang juga  memiliki beberapa sifat obat. Kayumanis ini tinggi antioksidan dan telah terbukti dapat melawan peradangan dan menurunkan kadar gula darah. Makan kayu manis juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit neurodegenerative (16, 17, 18, 19, 20).

Namun, kayu manis mengandung jumlah tinggi senyawa yang disebut coumarin, yang mungkin berbahaya bila dipakai dalam dosis besar. Ada dua jenis utama dari kayu manis, dengan jumlah kandungan yang berbeda dari coumarin

Cassia:

Juga dikenal sebagai kayu manis biasa, Cassia kayu manis mengandung jumlah coumarin yang relatif tinggi.

Ceylon:

Dikenal sebagai kayu manis asli, Ceylon adalah kurang umum digunakan. Ia jauh mengandung lebih rendah di coumarin.

Asupan harian yang ditoleransi dari coumarin adalah 0,1 mg per kg berat badan. Mengkonsumsi lebih dari itu dapat menyebabkan toksisitas hati dan kanker. Berdasarkan asupan harian yang ditoleransi, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih dari 0,5-2 gram Cassia kayu manis setiap hari. Namun, Anda bisa makan sampai 5 gram (1 sendok teh) dari Ceylon cinnamon per hari.

Kadang-kadang makan lebih dari itu dapat baik-baik saja, seperti jika resep herbal tertentu menuntut untuk itu. Tetapi cinamon dalam jumlah besar tidak dapat dikonsumsi terlalu sering.

4. Pala

Pala merupakan rempah-rempah dengan rasa yang sangat unik. Ia sering digunakan dalam makanan timur tengah. Pala mengandung senyawa yang disebut miristisin, yang merupakan zat psikoaktif. Dalam dosis rendah, pala memberikan rasa untuk makanan tanpa mempengaruhi kesehatan. Tapi dalam dosis besar, pala dapat menyebabkan keracunan miristisin.

Efek keracunan miristisin termasuk kejang, aritmia jantung, mual, pusing, nyeri dan halusinasi. Makan lebih dari 10 gram pala dalam satu kali dosis tidak dianjurkan. Dosis yang lebih tinggi dari yang telah dianjurkan terbukti menyebabkan gejala keracunan.

5. Kopi

Kopi adalah minuman yang sarat dengan antioksidan dan senyawa aktif lainnya. Kopi telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit hati, diabetes tipe 2 dan penyakit neurodegenerative. Bahan aktif dalam kopi adalah kafein, dalam setiap cangkir mengandung rata-rata 80-120 mg. Asupan harian 400 mg umumnya dianggap aman.

Namun, mengkonsumsi lebih dari 500-600 mg per hari dapat dianggap berlebihan. Hal ini dapat membanjiri sistem saraf, menyebabkan insomnia, gugup, lekas marah, kram perut, jantung berdebar-debar dan tremor otot.

Jumlah kafein yang diperlukan untuk mengalami efek samping ini berbeda antara individu. Beberapa dapat minum kopi sebanyak yang mereka inginkan, sementara yang lain mengalami gejala dengan sejumlah kecil kafein.

6. Jerohan

Organ dalam adalah bagian paling bergizi dari hewan, dan hati adalah organ yang paling bergizi dari semuanya. Hati hewan sangat kaya akan banyak nutrisi penting, seperti zat besi, B12, vitamin A dan tembaga. Namun, 100 gram hati sapi mengandung lebih dari enam kali asupan yang disarankan diet (RDI) dari vitamin A, dan 7 kali RDI tembaga.

Vitamin A adalah vitamin larut lemak, yang berarti akan disimpan dalam tubuh kita. Oleh karena itu, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan gejala keracunan vitamin A. Gejala-gejala ini mungkin termasuk masalah penglihatan, nyeri tulang dan peningkatan risiko patah tulang, mual dan muntah.

Makan terlalu banyak tembaga dapat menyebabkan keracunan tembaga. Hal ini dapat menyebabkan stres oksidatif dan perubahan neurodegenerative, dan dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Meskipun hati ini sangat sehat dan bergizi, tidak harus dikonsumsi setiap hari. Makan hidangan hati sekali per minggu sudah cukup.

7. Sayuran

Sayuran adalah keluarga hijau yang meliputi brokoli, kubis Brussel, kale, kubis dan collard hijau. Sayuran ini telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko kanker dan penyakit jantung .

Senyawa dalam sayuran yang disebut tiosianat dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap yodium. Hal ini mungkin berkontribusi pada kondisi yang disebut hypothyroidism. Hypothyroidism ditandai oleh kelenjar tiroid kurang aktif. Gejala termasuk kelenjar tiroid membesar, berat badan, sembelit, kulit kering dan tingkat energi berkurang.

Meskipun sayuran seperti brokoli sangat sehat, menambahkan jumlah tinggi untuk smoothie atau jus hijau dapat berkontribusi pada asupan besar dari senyawa ini. Orang yang peka terhadap masalah tiroid harus menghindari mengkonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang sangat besar.

Makanan dalam daftar ini sesungguhnya semua sangat sehat. Namun, hanya karena sesuatu yang sehat dalam jumlah kecil, itu tidak berarti bahwa dalam jumlah besar bahkan lebih sehat.

 

Sumber:  authoritynutrition.com.

 

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...