Home / Artikel Kesehatan / 7 Kebiasaan yang dapat Merusak Rambut

7 Kebiasaan yang dapat Merusak Rambut

Kadang karena kebiasaan, kita tidak menyadari bahwa yang kita lakukan adalah salah bahkan merugikan, termasuk dalam merawat dan memperlakukan rambut. Ada hal-hal yang menjadi kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak rambut. Berikut kebiasaan-kebiasaan tersebut :

1. Menggaruk Kulit Kepala

Menggosok atau menggaruk kulit kepala dapat memicu timbulnya ketombe. Menggaruk kulit kepala bukannya mengurangi serpihan ketombe dan rasa gatal, namun justru memperparah. Ketombe adalah sel-sel kulit mati yang terangkat karena kulit kepala bermasalah, dan kebiasaan menggaruk kepala hanya akan membuat serpihan kulit mati terangkat dan semakin terlihat. Memalukan pastinya.

2. Keramas dengan Air Hangat atau Panas

Biasakan diri untuk keramas menggunakan air dingin. Air hangat dan panas membuat minyak pada rambut terkikis sehingga rambut menjadi kering dan mudah rontok. Air hangat yang digunakan untuk berkeramas, bisa membuka pori-pori rambut. Hal ini pun membuat rambut longgar di bagian akar. Air yang terlalu panas digunakan untuk berkeramas juga bisa membakar rambut. Rambut terdiri dari keratin yang merupakan protein, kalau kamu menyiram rambutmu dengan air yang terlalu panas, maka protein di rambut akan terdenaturasi atau terbakar.

3. Sering Menggunakan Hair-dryer atau Catokan

Memang, setelah menggunakan hari-dryer dan mencatok rambut, rambut jadi terlihat indah dan menarik. Namun, terlalu sering menggunakan hair-dryer dan catokan juga dapat merusak rambut. Hal tersebut disebabkan adanya kontak langsung antara rambut dengan suhu panas dari hair-dryer dan catokan yang lama kelamaan membuat rambut jadi kusut, kering, rapuh, kemerahan, bercabang, dan bahkan kerontokan.

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan ini juga ada dampak buruknya buat rambut. Kalau setiap hari rambut diikat, akan terjadi tegangan konstan yang akan merusak folikel rambut. Kondisi ini bisa memicu rambut di area tersebut menjadi rontok dan botak. Selain itu, mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Menggosok Rambut yang Basah dengan Handuk

Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai rambut kusut, patah, rusak pada kutikula dan ujung rambut menjadi terbelah. Rambut basah jauh lebih rentang dibanding rambut kering. Menggosok rambut kamu yang basah dengan handuk dapat dengan sukses membuat rambut menjadi patah dan rontok. Lapisan alami rambut juga terancam rusak karena sekaan yang terlalu kuat.  Akibatnya kilau alami rambut pun berkurang.  Sebaiknya cukup tekan handuk ke bagian rambut yang basah hingga airnya meresap.

6. Sering Terpapar Matahari Secara Langsung

Hal ini akan membuat protein dalam rambut menjadi rusak. Rambut yang sering terpapar matahari biasanya kering, kusam, tidak sehat, kemerahan, dan bercabang. Oleh karena itu, jangan biarkan rambut terkena paparan sinar matahari yang panas dan menyengat terlalu lama.

7. Jarang Keramas

Rambut yang jarang dikeramasi bisa menjadi bau dan gimbal sehingga susah untuk disisir. Selain itu, jarang keramas juga dapat memicu berkembangnya jamur di kepala dan datangnya bangsa kutu yang menyebalkan ke rambut. Keramaslah setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...