Home / Artikel Kesehatan / 8 Tanya-Jawab Tentang Kesehatan Liver

8 Tanya-Jawab Tentang Kesehatan Liver

Hati atau liver adalah organ penting dalam tubuh manusia, sehingga  sangat penting untuk perduli pada kesehatan Liver, palagi jika Anda mengalami beberapa masalah kesehatan atau telah terjadi masalah dengan hati  Anda. Hati atau liver adalah salah satu organ yang paling vital dalam tubuh, yang banyak melakukan fungsi penting, diantaranya adalah yang mengontrol sintesis berbagai nutrisi dalam tubuh. Organ ini adalah organ yang sangat kuat, karena kemampuan multitasking-nya untuk melakukan 500 fungsi yang berbeda.

Oleh karena tingkat polusi lingkungan yang terus memburuk, maka tubuh akan terkena dampak besar dari polutan. Dan, semua ini bisa disimpan dalam hati melalui aliran darah. Oleh karena itu, membersihkan organ hati menjadi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar benar dan tetap sehat.

Berikut adalah beberapa jawaban dari pertanyaan tentang organ tubuh ini:

1. Apa fungsi dari hati?

Hati melakukan banyak fungsi. Hati memproses apa pun yang Anda konsumsi dan dan memtuskan untuk menggunakan atau membuangnya.

2. Bagaimana menjaga hati sehat?

Makan makanan sehat adalah saran terbaik. Sebagian besar nutrisi disimpan oleh hati, sehingga mengkonsumsi makanan yang buruk dapat menyebabkan kerusakan hati.

3. Apa diet terbaik untuk hati?

Yang terbaik adalah memperkaya asupan protein dari sumber nabati, makanan alami, dan mengurangi konsumsi lemak dalam diet Anda. Anda bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan tapi juga bisa dari sumber hewani. Pokoknya, cobalah untuk menjaga konsumsi daging , dan makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang tidak diproses atau penuh dengan bahan kimia. Tubuh Anda membutuhkan lemak, namun hindari lemak trans dan lebih memilih lemak dari alpukat dan kacang-kacangan, lemak ikan, biji rami dan biji labu.

4. Apa lagi yang harus dilakukan untuk memiliki hati yang sehat?

Berhati-hati dengan berat badan Anda. Olahraga teratur adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Obesitas berhubungan dengan penyakit hati berlemak, yang mengarah ke jaringan parut atau sirosis hati, kanker hati atau gagal hati. Juga, batasi konsumsi alkohol, karena dapat menyebabkan sirosis. Selain itu,untuk menurunkan risiko kerusakan hati dari hepatitis C dan hepatitis B hindarilah tindik atau tato dengan jarum yang tidak steril, penyalahgunaan narkoba, dan memiliki banyak pasangan seksual.

5. Apa saja gejala dari hati yang tidak berfungsi dengan baik?

Gejala yang paling umum adalah kelelahan, tetapi juga Anda dapat mengalami mual, muntah, nafsu makan menurun, urin berwarna coklat, atau bahkan menguning di bagian putih mata Anda.

6. Apa jenis tes dapat diambil jika ada sesuatu yang salah?

Pertama Anda harus melakukan tes darah yang disebut tes fungsi hati yang akan menunjukkan jika hati mengalami kebocoran enzim.

7. Jika tes darah normal, artinya hati Anda sehat?

Tidak, itu tidak selalu benar. Tes ini tidak menunjukkan bahwa hati Anda pasti sehat. Dokter akan saran Anda apakah Anda harus melakukan tes lagi, tergantung pada riwayat dan gejala yang Anda alami.

8. Bagaimana jika Anda didiagnosis dengan beberapa jenis penyakit hati?

Virus Hepatitis, termasuk hepatitis C, penyakit genetik dan liver yang berlemak adalah tiga penyakit hati yang utama. Penyakit ini sembuh dengan baik jika ditangani dengan benar. Semua penyakit virus hepatitis dapat diobati, dan pengobatan untuk hepatitis C yang efektif. Ini berarti bahwa Anda dapat menghilangkan virus dari tubuh.

Peringatan bagi Anda yang mengonsumsi Alkohol, minuman keras sangat cepat merusak hati, Hati akan mengalami kerusakan sel saat berusaha memroses alkohol, bahkan alkohol hanya akan melumpuhkan daya regenerasi sel organ hati. Maka, Jauhi Minuman Keras!

 

Sumber : http://www.myilifestyle.com/8-essential-faver-is-healthy/

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...