Home / Apotik Hidup / Alpukat yang Lezat Kaya Manfaat Sehat

Alpukat yang Lezat Kaya Manfaat Sehat

Siapa yang tidak suka dengan buah ini. Buah yang jika masak rasanya gurih dan lembut ini cocok dijadikan bahan pelengkap pada minuman Es teler, Es campur, Es oyen, Es krim, puding ataupun dimakan menggunakan sendok begitu saja. Hmmm… jadi terbayang ya, daging buah alpukat yang hijau kekuningan dengan rasa gurih dan khas itu menari-nari di dalam mulut kita. Alah sudah lah….!

Selain nikmat disajikan untuk dimakan, Alpukat dengan nama latin Persea gratissima ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Hampir seluruh bagian tanaman asli Amerika Tengah ini bisa dimanfaatkan sebagai obat. Buah mentah Alpukat mengandung senyawa derivat alkohol yang aktif sebagai antibakteri. Beberapa senyawa derivat alkohol yang diisolasi dari ekstrak etil asetat buah alpukat mentah tersebut menghambat bakteri penyebab penyakit TBC, yaitu Mycobacterium tuberculosis secara in vitro dengan nilai MIC bervariasi pada 24 hingga 35,7 ug/ml.

Buah Alpukat berpotensi sebagai antiproliferasi sel kanker. Buah Alpukat mnengandung vitaminB6 dan asam folat yang membantu mengatur homocysteine yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Asam folatnya juga dapat melindungi dari serangan stroke dan berkorelasi dengan pencegahan cacat lahir.

Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya. Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.Buah Alpukat juga sangat baik untuk perawatan kulit.

Daun Alpukat memiliki aktivitas analgesik dan antiinflamasi, vasorelaksan, memiliki aktivitas antidiabetes menurunkan kadar kolesterol, antioksidan dan glikosida pada daun alpukat dapat menurunkan tekanan darah.

Ekstrak biji alpukat dapat berkhasiat aglutinasi dan secara empiris digunakan sebagai obat sakit gigi dan kencing manis.

Bagaimana memanfaatkan Alpukat sebagai Obat?

1. Obat sakit pinggang

10 helai daun alpukat direbus dengan 2 gelas air dan biarkan sampai mendidih dan sisa air tinggal setengah gelas. Minum air rebusal secara rutin setiap hari hingga sakit pinggang sembuh.

2. Sariawan

Haluskan daging buah alpukat campur dengan madu, lau oleskan pada daerah mulut yang sariawan.

3. Obat diabetes melitus

Iris tipis biji alpukat jemur hingga kering. Lalu sangrai biji alpukat tersebut, blender hingga halus. Serbuk biji alpukat dimasukkan dalam kapsul-kapsul. Lalu kapsul tersebut diminum 1 kapsul serbuk biji alpukat setiap hari.

4. Menurunkan kolesterol

Satu buah alpukat matang dimakan tanpa menambahkan apapun padanya. Lakukan setiap hari hingga kadar kolesterol normal kembali.

5. Menurunkan darah tinggi

3 helai daun alpulkat dicuci lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Dinginkan lalu diminum.

6. Mengobati kencing batu

4 lembar daun alpukat bersama 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji buah pinang, 1 buah pala dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air samapi mendidih. Beri sedikit gula enau untuk diminum 3 kali sehari.

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...