Home / Apotik Hidup / Aroma Bunga Rosemary Tingkatkan Daya Ingat

Aroma Bunga Rosemary Tingkatkan Daya Ingat

Bunga rosemary atau rosmari merupakan tanaman yang sering kita dengar sebagai tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit. Bunga rosemary sering digunakan untuk bahan pembuat teh dan bahan campuran pembuatan makanan. Bunga yang memiliki nama ilmiah Rosemarynus Officinalis ini menurut sejarah berasal dari Eropa. Makna bunga rosemary ini dalam hubungan percintaan memilki makna bahwa seseorang memilki memori yang begitu kuat dan tak akan terlupakan. Bentuk bunga rosemary berwarna ungu pucat hingga biru gelap. Tanaman famili lamiaceae ini perlu cukup air dan sinar matahari. Bentuk daunnya sangat sempit, oval kecil, berujung runcing, dengan warna hijau gelap di atasnya dan keabuan di bawah daun. Bunga ini dapat tumbuh 1,5-2 m. Habitat bunga rosemary ini daerah pengunungan yang berhawa sejuk dan kering.
Klasifikasi Bunga Rosemary :

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Rosmarinus
Spesies: Rosmarinus officinalis L.

Biasanya selama ini kita sering mengangapnya hanya sebagai hiasan saja. ya memang jenis ini sering dijadikan bunga hias didepan rumah tanpa kita sadari rupanya ini adalah obat yang kita buang percuma. Di daerah luar, Rosemary sejenis minyak Atsiri seringkali digunakan sebagai bahan bumbu masakan dalam bentuk kering maupun segar. Kini rosemary dikenal sebagai kesehatan bahan obat herbal dan kecantikan.

Ciri-ciri Rosemary yaitu merupakan tanaman batang dan berkhasiat sebagai ramuan untuk bahan pengharum. Warna daun ini hijau seperti Jarum, sedangkan untuk warna bunganya ada yang putih, merah muda, ungu, atau biru. Bunga Rosemary merupakan tanaman asli Mediterinea.Dalam Sebuah Studi Ilmiah telah ditemukan bahwa rosemary mengandung asam carnosic, yang berfungsi sebagai zat yang akan melawan kerusakan radikal bebas untuk otak. Rosemary mengandung asam alami yang membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dan DNA dari kerusakan radikal bebas. Senyawa dalam ramuan rosemary dikatakan untuk mencegah kerusakan asetilkolin, yang merupakan bahan kimia yang menginduksi sel-sel otak yang bertanggung jawab untuk memori dan penalaran untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

Dalam serangkaian tes lain,yakni rosemary dalam bentuk aroma terapi minyak esensial rosemary sebagai samplenya
ternyata dari ramuan itu disimpulkan bahwa telah terjadi efek peningkatan ” peluang mengingat” untuk melakukan hal-hal di masa depan, dengan 60-75 persen dibandingkan dengan orang yang tidak pernah terkena/terapi aroma minyak itu.

Sebuah studi yang diterbitkan Psychopharmacology menunjukkan bahwa senyawa kimia 1,8-cineole bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi memori. Menurut penelitian tersebut lagi bahwa, subyek dihirup ekstrak rosemary sebelum melakukan tugas-tugas tertentu sementara tingkat stres mereka, suasana hati, kecepatan dan ketepatan diuji. Semakin 1,8-cineole diserap ke dalam aliran darah, maka hasilnya tentu semakin positif!

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...